Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cara Mudah Impor Barang dari China Dengan Antara Logistic

Dalam dunia perdagangan terdapat istilah ekspor dan impor. Ekspor adalah perdagangan yang kegiatan utamanya menjual barang ke luar negeri. Sedangkan impor kebalikan dari ekspor, yaitu mendatangkan barang dari luar negeri.

Pihak yang melakukan perdagangan secara impor disebut importir. Sedangkan pihak yang melakukan perdagangan secara ekspor disebut eksportir. Kegiatan ekspor dan impor ini memberikan beberapa keuntungan bagi negara yang melakukannya, antara lain :

  1. Memperluas jangkauan pasar
  2. Meningkatkan keuntungan
  3. Menghindari persaingan lokal
  4. Menciptakan kerjasama antar negara
  5. Mengatasi kekurangan suatu negara
Usaha impor barang kini tengah bersinar terang, sebab keuntungan yang didapat para importir sangat menggiurkan. Keuntungan yang menggiurkan tersebut menjadi sisi positif dari perdagangan secara impor.
Impor barang dari China semakin mudah dengan Antara Logistic / gambar: antaralogistic.com

Namun di sisi lain, perdagangan secara impor juga memiliki sisi negatif. Masuknya produk impor ke dalam negeri akan menimbulkan persaingan dengan produk pedagang lokal. 

Untungnya pemerintah mempunyai aturan resmi terkait kebijakan impor barang, diantaranya seperti perizinan dan jumlah barang yang diimpor. Hal ini bisa mengendalikan jumlah produk impor di dalam negeri, sehingga produk lokal tetap bisa bersaing dengan baik. 

Salah satu bisnis impor yang tengah marak saat ini adalah impor barang dari China. Barang-barang dari China memiliki harga yang murah dan beragam, sehingga banyak orang mencarinya. Namun sebelum terjun menjadi importir barang dari China, ada beberapa hal yang perlu dipahami terlebih dulu.
  1. Info produk
    Sebelum mengimpor barang, anda harus mencari tau berbagai informasi tentang barang tersebut. Cocokkan dengan kebutuhan di dalam negeri, apakah tinggi peminat atau malah sebaliknya. Barang-barang elektronik menjadi salah satu barang yang banyak diimpor dari negeri tirai bambu tersebut.
  2. Cara mendapatkan barang
    Pastikan barang yang akan anda impor merupakan barang yang legal. Selain legal, barang impor juga harus memiliki perizinan yang sah. Maka dari itu, anda harus cermat dalam memilih supplier barang impor.
  3. Pajak
    Mendatangkan barang dari luar negeri (impor) tentu akan dikenai pajak masuk. Ketika bea cukai melakukan pengecekan barang, maka harus jelas jenis produknya, berat, jumlah, tanggal pengiriman, harga serta deskripsi produknya.
  4. Pengiriman barang
    Mendatangkan barang dari luar negeri tentunya melibatkan jasa pengiriman barang. Pengiriman barang bisa menggunakan pesawat maupun kapal. Dalam jasa pengiriman barang terdapat istilah door to door shipping. Door to door shipping merupakan jasa pengiriman barang dari luar negeri langsung ke alamat penerima barang. Layanan ini sangat memudahkan importir, karena tidak perlu repot mengurus segala hal tentang pengiriman barang. Layanan door to door shipping dimulai dari negara asal barang, pelayaran barang, pengecekan bea cukai hingga barang sampai ke alamat pemesan. 
Itulah empat poin tentang impor barang yang perlu dipahami, terlebih pada poin pengiriman barang. Door to door shipping menjadi solusi yang tepat bagi importir yang tak mau ribet dalam urusan pengiriman barang dari China. 

Di Indonesia terdapat perusahaan jasa door to door shipping yang sangat kompeten di bidangnya. Perusahaan tersebut adalah Antara Logistic. Dengan pengalamannya selama 8 tahun, antaralogistic memiliki banyak agen dan warehouse yang tersebar di berbagai negara, salah satunya China.

Antara Logistic menyediakan QQ import yang sangat berguna bagi importir, terutama yang belum memiliki izin impor barang. Dengan kata lain, importir yang belum memiliki izin, dapat menggunakan izin yang dimiliki Antara Logistic.

Antara logistic mendukung pembelian barang dari berbagai macam marketplace, antara lain : alibaba.com, 1688.com, taobao.com, dhgate.com, tmall.com hingga china.cn. Adanya dukungan dari berbagai marketplace tersebut menjadikan belanja alibaba mudah.

Tag : Advertorial
0 Komentar untuk "Cara Mudah Impor Barang dari China Dengan Antara Logistic "

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Sebelum itu, pastikan anda sudah membaca artikelnya terlebih dahulu.

Back To Top