Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Pengertian Waralaba Serta Contoh Bisnis Waralaba yang Sukses

Bisnis waralaba menjadi salah satu bisnis yang diminati dari tahun ke tahun. Keuntungan bisnis waralaba menjadi daya tarik tersendiri untuk diminati. Selain menguntungkan, ada yang bilang bisnis waralaba lebih mudah dijalankan. 

Sebelum lebih jauh membahas waralaba, apa sih yang dimaksud dengan bisnis waralaba itu? Contoh waralaba seperti apa yang mudah dijalankan dan menguntungkan? Apa saja jenis-jenisnya?

Pengertian Waralaba

Dalam bahasa inggris, arti waralaba berasal dari kata franchising. Secara singkat, franchising berarti hak atau kebebasan. Dalam arti luas diartikan sebagai hak antara pemilik merk suatu produk dengan pemakai merk. Dalam bahasa yang lebih umum, waralaba juga dapat diartikan sebagai bisnis kemitraan.

ilustrasi pembuatan perjanjian waralaba

Hak ini berupa kebebasan memakai merknya, produknya, hingga sistem operasional dalam jangka waktu tertentu. Dengan kata lain, antara pemilik merk dan pengguna merk memiliki suatu hubungan bisnis tertentu.

Dalam waralaba, pemberi waralaba sering disebut dengan istilah franchisor. Sedangkan mitranya yang menerima waralaba disebut franchisee

Perjanjian Waralaba

Agar hak dan kewajiban antara pemilik merk/produk dengan pengguna merk/produk diketahui dengan baik, maka perlu dibuat perjanjian waralaba. Perjanjian waralaba juga penting untuk melindungi bisnis dan kerjasama yang akan dijalankan.

Sebelum lebih jauh memaparkan tentang hal apa saja yang perlu dituliskan dalam perjanjian waralaba, terlebih dulu saya paparkan syarat sah dari suatu perjanjian. Syarat sah perjanjian :

  1. Terdapat kata sepakat
  2. Tiap pihak memiliki kompetensi dalam membuat perjanjian
  3. Hal yang dibahas dalam perjanjian harus jelas
  4. Tidak boleh bertentangan dengan hukum & norma
Dalam perjanjian waralaba, setidaknya berisi hal-hal berikut :
  1. Nama serta alamat franchisor dan franchisee. Dalam hal ini harus dituliskan nama dan alamat yang lengkap.
  2. Hak kekayaan intelektual. Hak kekayaan intelektual apa saja yang diberikan franchisor kepada franchisee. Ada beberapa jenis hak kekayaan intelektual dari franchisor yang diberikan kepada franchisee. Hak kekayaan intelektual tersebut antara lain : merk, desain, logo, bumbu, sistem manajemen, desain outlet, dan sebagainya.
  3. Harga kemitraan yang ditawarkan franchisor kepada franchisee. Selain itu juga pemberian royalti kepada franchisor ke franchisee, lengkap beserta tata caranya. 
  4. Kegiatan usaha. Usaha waralaba apa yang dijalankan? Apakah jasa, kuliner, pendidikan atau lainnya.
  5. Fasilitas yang diberikan. Bisa berupa bimbingan, pelatihan, perawatan alat, dan sebagainya.
  6. Wilayah usaha. Apakah hanya boleh di Jawa saja misal. Atau boleh dikembangkan ke daerah-daerah di luar Jawa.
  7. Jangka waktu kerjasama. Termasuk di dalamnya berisi tentang tata cara perpanjangan usaha, hingga pemutusan perjanjian usaha.

Contoh usaha waralaba yang sukses di Indonesia

Usaha waralaba yang sudah terkonsep dengan baik dan berprofit semakin diminati. Di tahun 2019 waralaba minuman menjadi yang terlaris. Sebut saja 48 Ice Blend, Monster Ice Blend, Nyot-nyot Thai Tea dan sejenisnya. Lantas, waralaba apa saja yang prospeknya cerah untuk dijalankan di 2021 nanti?

Beberapa Waralaba yang menjanjikan di tahun 2021 :

  1. Toko online
    Berbisnis dengan toko online sangatlah menjanjikan, terlebih di masa pandemi. Orang-orang lebih banyak menghabiskan waktu di rumah untuk beraktifitas, tak terkecuali dalam memenuhi kebutuhan hariannya. Waralaba toko online yang menjadi pilihan adalah yang menjual kebutuhan sehari-hari, layaknya supermarket online.
  2. Jasa pengiriman
    Jasa ekspedisi atau pengiriman ikut meningkat seiring meningkatnya toko online. Hal ini sangatlah wajar. Sebab barang dari toko online yang dipesan pembeli, dapat sampai ke tangan pembeli berkat jasa ekspedisi. 
  3. Ramuan herbal
    Bahan-bahan alami dari ramuan herbal sangatlah bagus untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Hal ini tentu baik, terlebih di masa pandemi covid-19.
Demikianlah yang dapat saya berikan mengenai pengertian waralaba, perjanjian waralaba hingga usaha waralaba yang menjanjikan di tahun 2021. Semoga menambah wawasan anda mengenai waralaba.

Tag : Waralaba
0 Komentar untuk "Pengertian Waralaba Serta Contoh Bisnis Waralaba yang Sukses"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Sebelum itu, pastikan anda sudah membaca artikelnya terlebih dahulu.

Back To Top