Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Mau Bepergian Dengan Kereta Api? Pesan Tiketnya di Pegipegi

Pesatnya kemajuan teknologi menjadi andil ikut berkembangnya berbagai sektor lain, diantaranya transportasi. Memang, pesawat terbang masih menjadi alat transportasi tercepat saat ini, namun di sisi lain, kereta api juga mengalami banyak perkembangan dan menjadi pilihan alat angkut kedua setelah pesawat terbang.

Layaknya pesawat terbang, kereta api juga memberi banyak kenyamanan kepada para penumpangnya. Kereta api memiliki kepastian waktu, antara jam berangkat dengan jam tiba. Dengan begitu para penumpang bisa memiliki perkiraan yang lebih tepat mengenai agenda perjalananya.
Kereta api Indonesia / gambar via Pixabay

Kereta api dulu vs kereta api sekarang

Keadaan kereta api ketika saya kecil dulu memang kurang begitu menarik. Hal ini terlihat dari berbagai potret kereta api yang banyak saya temui di media online maupun televisi. Dimulai dari penumpang yang overload, karena banyaknya penjualan tiket tak resmi di luar stasiun. Saking overload nya, penumpang rela duduk di atas gerbong kereta api. Tentu ini sangat berbahaya, selain beresiko jatuh, juga bisa kesetrum, terlebih untuk KRL (Kereta Rel Listrik).

Tidak tertibnya penumpang tersebut juga diikuti dengan tidak teraturnya para pedagang di gerbong kereta. Dulu para pedagang asongan bisa naik ke gerbong kereta untuk menjajakan dagangannya. Salah satu yang terkenal adalah cangcimen (kacang, kuaci, permen). Hal ini cukup mengganggu kenyamanan bepergian dengan kereta api pada waktu itu. Sesaknya penumpang dan berseliwerannya para pedagang asongan, membuat kita harus esktra waspada menjaga barang bawaan.

Ketidaknyamanan terus berlanjut ketika para perokok dengan santainya menyulut rokok dan menikmatinya di dalam gerbong kereta. Memang sih, dulu belum ada larangan merokok di dalam kereta, namun hal ini tetap membuat gerah para penumpang lain. Selain udaranya menjadi tak sehat, kelamaan mencium asap rokok bisa membuat sebagian orang menjadi pusing, termasuk saya.

Untungnya cerita itu kini sudah tak berlaku lagi ketika naik kereta api. Sekarang yang ada hanya kenyamanan dan rasa aman ketika bepergian dengan kereta. Hal ini saya rasakan betul ketika menjajal kereta api tujuan Yogyakarta dari Semarang.

Saya ingat betul waktu itu adalah hari peringatan proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia. Yap, tepat tanggal 17 Agustus. Saya begitu ingat karena ketika naik kereta, saya mendapat banyak pesan singkat yang berisi ucapan selamat ulang tahun, karena tanggal ulang tahun saya sama dengan hari peringatan kemerdekaan negara kita tercinta, Indonesia.

Ketika itu ada diskon tiket kereta api tujuan Semarang - Yogyakarta dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Republik Indonesia. Tertariklah saya dan adik saya untuk mencoba transportasi darat yang memiliki jalur sendiri itu. 

Meski kami membeli tiket kelas ekonomi, namun saya pribadi sudah merasa nyaman dengan fasilitas di kereta tersebut. Gerbong keretanya kini ber-AC, dengan kata lain tak ada tempat bagi perokok di sini. Kalaupun ngotot merokok, petugas akan menurunkan perokok tersebut di stasiun berikutnya.

Tak ada lagi penumpang gelap yang membeli tiket melalui calo. Sebab sekarang sudah dibuat tiket dengan sistem satu nama satu tiket dengan mencantumkan nomor KTP. Pembelian tiket juga dilakukan secara online sebelum penumpang berangkat, minimal 90 hari sebelum keberangkatan dan maksimal 3 jam sebelum keberangkatan. Selain itu, sebelum memasuki gerbong kerata api, tiket penumpang akan divalidasi terlebih dulu oleh petugas, sehingga tak ada petugas yang membangunkan penumpang di kereta hanya untuk mengecek tiketnya.

Pedagang asongan pun sudah dilarang masuk ke gerbong kereta. Boro-boro masuk gerbong, masuk ke stasiun pun sudah tidak boleh. Jika lapar dan ingin makan di kereta, pramugara dan pramugari kereta api siap melayanimu dengan sigap. Bahkan tiap beberapa jam sekali, para awak kereta ini selalu menawarkan menu makanan dan snack bagi para penumpang. 

Untuk menambah rasa aman, di dalam gerbong kereta api juga ada polisi khusus kerata api atau yang disingkat Polsuska. Tugas utama polsuska adalah menegakkan peraturan di kereta api. Polsuska inilah yang menindak tegas penumpang yang masih suka merokok di gerbong kereta api.

Berbagai kenyamanan tersebut membuat saya selalu terfikir untuk naik kereta api jika melakukan perjalanan darat. Salah satunya adalah ketika berlibur ke Malang. Berangkat dari Stasiun Ngrombo di Grobogan menuju Stasiun Malang.

Ketika itu waktu tempuhnya adalah 5 jam. Durasi tempuh yang cukup lama tersebut tentu membuat saya selalu ke toilet. Untungnya toilet di kereta api termasuk bersih. Sebab petugas kebersihan dengan cekatan selalu membersihkan toilet tepat waktu. Selain bersih, toiletnya pun wangi.

Di kereta api juga terdapat colokan listrik. Tentu ini sangat berguna untuk mengisi ulang daya gadget yang kita bawa. Segala kenyamanan tersebut membuat perjalanan saya dengan kereta api menjadi tak terasa sehingga capek pun ogah menghinggapi.

Beli tiket kereta api secara online di Pegipegi

Di awal sudah saya singgung jika tiket kereta api bisa dibeli secara online. Kamu bisa membelinya dengan mudah di Pegipegi.com. Beberapa kelebihan yang akan kamu dapatkan jika beli tiket di Pegipegi antara lain :
  1. Banyak diskon
    Pegipegi memberikan aneka diskon bagi para membernya. Diskon tersebut banyak didapat jika kamu menggunakan aplikasi PegiPegi untuk memesan tiket kereta api. Contoh diskon kereta api yang sedang berlangsung saat ini adalah potongan Rp. 25.000 dengan minimum pembelian Rp. 100.000 dan diskon Wip Wip Hura dengan potongan hingga 80%. Sebelum menggunakan aplikasi Pegipegi, kamu bisa mendapatkannya terlebih dulu secara gratis di google play maupun app store.
    Promo Wip Wip Hura / gambar via Pegipegi
  2. Pembayaran mudah
    Pegipegi sangat memanjakan pelanggannya dalam hal pembayaran. Bagaimana tidak, selain transfer bank dan kartu kredit, pelanggan bisa membayarnya melalui merchant seperti indomaret dan alfamart.
  3. Mudah memilih jadwal
    Hanya dari aplikasi Pegipegi yang sudah terinstal di smartphonemu, kamu dengan mudah bisa memilih jadwal kereta serta memilih mau duduk di kursi nomor berapa. Kalau saya sih suka pilih kursi di dekat jendela, hehe.
  4. Transaksi sangat nyaman
    Dengan membeli tiket di Pegipegi, bukti pembelian akan terkirim ke email kita. Sehingga nggak akan terjadi lagi tuh kehilangan bukti pembelian. Tiket yang dikirim ke email bisa dicetak sendiri atau dicatat kodenya untuk dicetak ketika tiba di stasiun sebagai syarat check in.
Itulah beberapa kenyamanan dan kemudahan yang akan kamu dapatkan jika bepergian dengan kereta api dengan membeli tiket melalui Pegipegi. Oiya, kalau udah di kereta api, usahakan pakai penutup mulut ya, soalnya bawaannya pengen tidur. Pasti nggak mau kan waktu enak-enaknya tidur, mulut kelihatan menganga dan dilihatin penumpang lain? hihi

0 Komentar untuk "Mau Bepergian Dengan Kereta Api? Pesan Tiketnya di Pegipegi"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Sebelum itu, pastikan anda sudah membaca artikelnya terlebih dahulu.

Back To Top
close