Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Inilah Cara Mudah Mengecek Saldo Jamsostek Terbaru!

Cara mengecek saldo jamsostek - Jamsostek atau jaminan sosial tenaga kerja merupakan asuransi yang diberikan perusahaan kepada para karyawannya. Namun kini jamsostek telah berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Lantas bagaimana dengan iuran para peserta jamsostek terdahulu? Bagaimana juga cara mengecek saldo jamsosteknya?

Transformasi jamsostek menjadi BPJS Ketenagakerjaan

UU No. 24 Tahun 2011 tentang BPJS memberi amanat pada Jamsostek dan Askes (Asuransi Kesehatan) untuk bertransformasi menjadi badan hukum publik BPJS yang langsung berada di bawah presiden. Jamsostek berubah nama menjadi BPJS Ketenagakerjaan, sedangkan Askes menjadi BPJS Kesehatan.

Secara otomatis peserta jamsostek akan berubah menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan. Iuran tiap bulan yang dibayarkan oleh para peserta jamsostek akan tetap utuh. Sehingga anda tak perlu khawatir dengan saldo yang telah terkumpul.

Dulunya jamsostek memiliki 4 program asuransi, yaitu : Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) dan Jaminan Pemeliharaan Kesehatan (JPK).

Setelah berubah menjadi BPJS Ketenagakerjaan, 3 program asuransi masih tetap dipegang BPJS Ketenagakerjaan, yaitu JHT, JKM dan JKK. Sedangkan JPK dialihkan ke BPJS Kesehatan.

Selain ketiga program tersebut, BPJS Ketenagakerjaan mendapatkan penambahan 1 program lagi mulai 1 Juli 2015, yaitu Jaminan Pensiun (JP).

Cara mengecek saldo jamsostek terbaru

Telah dijelaskan di atas bahwa jamsostek kini bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga untuk mengetahui saldo jamsostek ataupun saldo BPJS Ketenagakerjaan, caranya pun sama.

Sebagai karyawan, secara otomatis anda akan diberikan informasi mengenai saldo jamsostek yang rutin anda bayar iurannya tersebut. Pemberian informasi itu dilakukan setahun sekali.

Sebagai wujud pengawasan terhadap perusahaan tempat anda bekerja mengenai jaminan sosial nasional, sesekali tak ada salahnya mengecek sendiri saldo jamsostek yang anda miliki.

Disamping itu, dengan rutinnya mengecek saldo jamsostek, akan membuat anda lebih rajin membayar iuran dan memudahkan dalam membuat perencanaan pemanfaatan dana tersebut.

Cara paling umum yang bisa anda lakukan untuk mengecek saldo jamsostek adalah dengan datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan.

Namun cara ini kurang efisien, karena anda membutuhkan banyak tenaga, biaya dan waktu untuk ke sana, terlebih jika sampai di sana anda harus mengantri berjam-jam.

Lantas, bagaimana cara yang lebih efisien untuk mengecek saldo jamsostek?

  1. Cara mengecek saldo jamsostek melalui ATM

    Untuk saat ini, cara mengecek saldo jamsostek melalui ATM hanya bisa dilakukan oleh nasabah BNI saja. Jadi setelah sampai di ATM BNI terdekat, pilih menu cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Maka informasi saldo jamsostek akan muncul di layar ATM
    Gunakan ATM BNI untuk mengecek saldo jamsostek 
    Perlu diperhatikan, meski ATM sejatinya merupakan alat mengambil uang mandiri, namun anda tidak bisa melakukan pencairan atau klaim jamsostek di ATM BNI tersebut.Cara mengecek saldo jamsostek melalui sms 2757Cara pertama yang paling mudah dan efisien adalah melalui sms. Anda hanya membutuhkan hp (handphone) dan pulsa sms. Cara ini bisa digunakan untuk mengecek saldo JHT dan status kepesertaan.
  2. Cara mengecek saldo jamsostek melalui sms 2757

    Namun sebelumnya, pastikan dulu anda telah terdaftar. Bagi yang belum terdaftar dan ingin tau caranya, bisa komen di bawah.
    Mengecek saldo jamsostek melalui sms 2757
    Setelah terdaftar, anda bisa mengecek saldo jamsostek dengan format :
    SALDO(spasi)NO_PESERTA kirim ke 2757

    Sedangkan untuk mengecek status kepersetaan, formatnya sebagai berikut : SALDO(spasi)TK#NO_PESERTA kirim ke 2757
  3. Cara mengecek saldo jamsostek via online

    Sekarang ini jamannya online. Bayar tagihan listrik, tagihan air hingga beli sayuran pun bisa dilakukan secara online. Pun begitu dengan mengecek saldo jamsostek. Anda bisa melakukannya secara online melalui website resmi BPJS Ketenagakerjaan.
    Cara mengecek saldo jamsostek/BPJS Ketenagakerjaan online 
    Silakan buka web https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Kemudian login dengan email dan password yang sudah anda daftarkan sebelumnya. Jika belum terdaftar, silakan klik Daftar Pengguna.
  4. Cara mengecek saldo jamsostek melalui aplikasi

    Kecanggihan teknologi tak hanya memudahkan anda mengecek saldo jamsostek melalui website resminya, namun anda juga bisa mengeceknya melalui aplikasi khusus yang dibuat untuk mengecek saldo jamsostek.
    Mengecek saldo jamsostek via aplikasi BPJSTKU
    Aplikasi yang bernama BPJSTKU ini bisa didapatkan secara gratis baik oleh pengguna android ataupun ios. Untuk android bisa didapatkan melalui google play dan search BPJSTKU atau klik di sini. Sedangkan bagi pengguna ios bisa klik di sini.
Itulah 4 cara terbaru dalam mengecek saldo jamsostek. Anda bisa memilih sesuka hati, sesuai piranti yang anda miliki. Sekedar mengingatkan sekali lagi, bahwa jamsostek sama saja dengan BPJS Ketenagakerjaan. Sehingga jika anda ingin mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan, maka caranya pun sama dengan cara mengecek saldo jamsostek ini.

Jadi, cara mana yang menjadi favoritmu untuk mengecek saldo jamsostek? Yuk sharing di kotak komentar :)....

0 Komentar untuk "Inilah Cara Mudah Mengecek Saldo Jamsostek Terbaru!"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Sebelum itu, pastikan anda sudah membaca artikelnya terlebih dahulu.

Back To Top
close