Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Apa itu SEO Onpage dan Checklist SEO 2019

Apa itu SEO onpage dan apa saja elemen yang termasuk didalamnya? Kali ini akan kita ulas dalam 10 point mengenai apa itu SEO onpage. Dan elemen-elemen yang perlu diperhatikan untuk
mengoptimalkan SEO dari sisi onpage.

SEO Onpage adalah segala tindakan yang dilakukan untuk mengoptimalkan website agar lebih mudah ditemukan di kolom pencarian. Pengoptimalan secara onpage ini merujuk pada pengoptimalan yang dilakukan langsung pada halaman website yang ingin dioptimalkan.

Sebagai contoh adalah memperbaiki meta description dan title tags. Dan untuk mengoptimalkan website dari sisi onpage, berikut ini adalah beberapa hal yang penting untuk dipahami ditahun 2019 ini.
Baca Juga : Tempat Beli domain Seo Friendly
SEO 2019

Mengoptimalkan Judul

Memulai SEO Onpage dengan Keyword pada Title Tag

Langkah pertama untuk mengoptimalkan SEO dari segi onpage adalah memulai judul di awal dengan memasukkan kata kunci pada bagian judul. Judul yang baik adalah judul yang tidak terlalu panjang dan menempatkan kata kunci utama pada bagian awal.

Menambahkan Keunikan Pada Title

Menambahkan keunikan pada judul disini misalnya menambahkan kata “2019” , “terbaru”, atau “update”. Kata-kata tersebut berlaku sebagai gimmick untuk menambahkan daya tarik bagi calon pembaca. Sebagai contoh pada artikel ini yang menampilkan kata 2019 pada judulnya.

Menggunakan <h1></h1> Sebagai Title Tag

Jika kamu adalah pengguna wordpress, atau blogger maka secara otomatis judul akan berlaku sebagai H1. Namun jika kamu bukan pengguna CMS tersebut maka harus dicari cara agar judul menggakan tag H1. Tag H1 ini berguna agar Google dapat mengenali tag yang merupakan judul sehingga lebih mudah teroptimasi.

Mengoptimalkan Paragraf

Menggunakan <h2></h2> Pada Bagian Subheader

Selanjutnya pada bagian subheader gunakan tag H2. Dan pada subheader (atau biasa kita sebut sub- bab) ini setidaknya dimasukkan satu kata kunci yang ingin dioptimasi. Cara mudah membuat H2 adalah dengan menggunakan panel yang sudah tersedia dibagian atas kolom paragraf (untuk wordpress). Sedangkan untuk CMS lain yang belum ada bisa diisikan secara manual dengan tag H2.

Memasukkan Kata Kunci Pada Awal Paragraf

Salah satu cara paling mudah untuk Google dan pembaca mengenali isi tulisan adalah bagian lead paragraf. Atau bagian awal sebuah artikel yang terletak dibagian paling awal artikel. Setidaknya buat sebuah deskripsi singkat mengenai artikel tersebut sepanjang 100 kata. Tentunya dengan menyertakan kata kunci dibagian awal paragraf ini.

Menggunakan Outbound Link

Outbound link atau link keluar adalah cara SEO onpage selanjutnya. Sebagai contoh misalnya kita mengutip atau mengambil referensi dari Detik atau Tribun. Maka ada baiknya kita menyertakan link website itu di artikel. Selain sebagai credit untuk penulis awalnya, juga sebagai salah satu parameter Google membaca konten kita yang relevan dengan situs yang kita jadikan referensi.

Menggunakan Internal Link

Selain outbound link ada istilah internal link. Internal link atau link (tautan) yang berasal dari halaman website kita sendiri. Link ini bisa digunakan untuk menunjukkan saling keterkaitan antara artikel satu dan lainnya. Untuk menampilkan internal link bisa dengan plugin related post, atau bisa dibuat secara manual.

Menyebar Keyword LSI

Kata kunci LSI adalah sinonim dari kata kunci yang berguna untuk membantu Google menemukan relevansi sebuah halaman dengan pencarian Google. Sebagai contoh misalnya kata kunci “manchester united” bisa menampilkan beberapa kata kunci turunan misalnya “red devils”, “old trafford” “david beckam” dan lain sebagainya. Kata kunci yang relevan dengan tim sepakbola Manchester United itu akan mempermudah Google untuk membaca artikel tersebut sebagai artikel mengenai Manchester United secara umum.

Mengoptimalkan Gambar

Salah satu pengoptimalan SEO onpage adalah mengoptimalkan gambar yang ada didalam halaman web tersebut. Cara mengoptimalkan gambar pada SEO onpage adalah memasukkan kata kunci pada Alt Text. Kamu bisa menemukan kolom Alt Text pada image setting yang tersedia di Wordpress.

Menggunakan Tombol Social Sharing

Tombol social share mungkin tidak membawa pengaruh langsung untuk mengoptimalkan ranking situs kamu di Google. Namun social shares dapat membuat mata-mata pembaca langsung tertuju kearahnya. Dan mendorong orang untuk membagikannya sehingga bisa menarik traffic dari hasil sharing yang dilakukan pembacanya.

Itulah sepuluh check list yang harus dilakukan untuk mengoptimalkan SEO onpage. (Adv)

Sumber Hosting Indonesia DomaiNesia

0 Komentar untuk "Apa itu SEO Onpage dan Checklist SEO 2019"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Sebelum itu, pastikan anda sudah membaca artikelnya terlebih dahulu.

Back To Top
close