Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Usaha Sampingan Menguntungkan Ibu Rumah Tangga di Desa (Lengkap)

Bagi wanita yang telah menikah, menjadi ibu rumah tangga merupakan pekerjaan yang akan diembannya sehari-hari. Mulai dari mengurus suami sekaligus anak, bersih-bersih, memasak, mencuci dan segudang tugas rumah tangga lainnya.

Meski memiliki tugas rumah tangga yang tak sedikit, para ibu rumah tangga masih berpeluang menjalankan usaha sampingan yang menguntungkan loh. Ada beberapa peluang usaha menjanjikan yang sangat cocok untuk ibu rumah tangga.
masak, mengiris sayur, memotong paprika
Memasak, salah satu tugas ibu rumah tangga
Karena dikerjakan oleh ibu rumah tangga, tentu usaha sampingan ini sifatnya rumahan, dengan kata lain dapat dikerjakan di rumah. Sehingga para ibu rumah tangga tak perlu terlalu khawatir dengan tugas rumah tangganya.

Sayangnya, kendala modal menjadi momok yang seringkali mengandaskan keinginan ibu rumah tangga dalam memiliki usaha sampingan. Padahal bisnis modal kecil atau bahkan tanpa modal pun banyak, beberapa sudah pernah saya tuliskan di blog ini, salah satunya : Peluang ide bisnis menguntungkan tanpa modal .

Khusus untuk artikel ini, saya akan mengupas lebih dalam tentang peluang usaha sampingan untuk ibu rumah tangga di desa. Karena saya juga tinggal di desa, tulisan ini akan lebih objektif dan bisa diterapkan di desa-desa pada umumnya.

1. Jual pulsa/kuota

Salah satu usaha yang perputarannya sangat cepat di era teknologi saat ini adalah jualan pulsa. Dari dulu usaha ini seperti tak ada matinya, terlebih sekarang kebutuhan akan internet sangatlah tinggi. Dimana kuota dan pulsa menjadi salah satu bahan untuk dapat mengakses internet.
Bebas bayar, salah satu kemudahan untuk jual pulsa dan transaksi sehari-hari lainnya
Usaha ini bisa dikerjakan oleh semua ibu rumah tangga, termasuk yang masih memiliki anak kecil sekalipun. Karena cara berjualan pulsa sangatlah mudah. Cukup menggunakan smartphone, anda sudah bisa berjualan pulsa. Salah satu aplikasi pengisi pulsa yang saya rekomendasikan adalah Bebas Bayar.

2. Berjualan nasi uduk

Sebenarnya peluang ini juga cocok untuk dikerjakan ibu rumah tangga di perkotaan. Mobilitas yang tinggi serta kehidupan warga kota yang dinamis, merupakan peluang menguntungkan untuk berjualan nasi uduk di pagi hari.
nasi uduk, nasi, rice bowl
ilustrasi nasi uduk
Bagi ibu rumah tangga di desa, peluang ini juga layak diambil untuk dijadikan usaha sampingan. Karena namanya makanan, tentu menjadi kebutuhan pokok yang harus dipenuhi semua manusia.

Hal ini terbukti di kampung tempat saya tinggal. Di sini ada penjual nasi yang larisnya minta ampun. Buka sekitar jam 5an pagi dan jam 7 kurang sudah habis! Saya juga sering beli di warung makan tersebut. Agar tak kehabisan, jam setangah 6 saya sudah harus stand by di sana.

3. Jasa jahit

Usaha jasa yang satu ini juga cocok dijadikan usaha sampingan ibu rumah tangga di desa. Memang perlu keterampilan dan keahlian khusus dalam menjahit.

Namun jangan khawatir, karena keahlian menjahit bisa anda pelajari di LPK (Lembaga Pendidikan dan Keterampilan) yang khusus mengasah keterampilan menjahit. Bahkan ada juga program dari desa yang memberikan berbagai macam keterampilan gratis untuk ibu rumah tangga, salah satunya adalah keterampilan menjahit.

Jika anda tekun dan serius, Insyaa Allah hanya dalam 3 bulan, anda sudah mahir menjadi penjahit profesional. Baca juga : Inilah teknik dasar menjahit seni quilting

4. Laundry

Biasanya usaha laundry banyak ditemui di perkotaan, terlebih yang berdekatan dengan kampus dan kawasan perkantoran. Namun tidak untuk era sekarang, dimana usaha laundry juga banyak bermunculan di desa.

Di tempat saya tinggal, sudah ada 2 usaha laundry yang sama-sama sukses. Yang satu tepat berada di samping rumah saya, sedangkan satunya lagi berjarak sekitar 200 m dari rumah saya. Kedua usaha laundry tersebut sama-sama dikerjakan oleh ibu rumah tangga. Baca juga : Inilah cara memulai usaha laundry kiloan

5. Membuat kue

Istri teman saya menjadi contoh sukses dalam usaha kue ini. Sebagai seorang ibu rumah tangga muda, ia tak lantas hanya mengandalkan gaji suaminya untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Sehingga iapun membuat usaha aneka kue di rumah.

Sepengetahuan saya, ada 2 jenis kue yang sudah berhasil dibuat dan dikembangkan oleh istri teman saya ini, yaitu kue donat dan kue ulang tahun. Usaha kuenya begitu laris manis, terbukti dengan banyaknya pesanan yang ia dapat. Promosi yang dilakukan cukup simpel, yaitu melalui media sosial dan getok tular (mulut ke mulut).
kue donat usaha rumahan, usaha donat ibu rumah tangga, macam-macam kue donat
aneka donat
Jika anda saat ini belum bisa membuat kue, anda bisa cari di google ataupun youtube tentang cara membuat kue. Silakan mencoba banyak resep yang anda temukan. Jangan lupa untuk memberikan variasi pada setiap resep yang anda coba, sehingga kue yang anda buat memiliki ciri khas tersendiri.

Jika sudah mahir membuat kue, langkah selanjutnya adalah melakukan promosi. Anda bisa melakukan promosi seperti yang dilakukan teman saya di atas. Dari promosi ini, tidak menutup kemungkinan anda akan mendapatkan order partai besar ataupun catering. Baca juga : Omset ratusan juta dari jualan kue lebaran

6. Bisnis online

Usaha lain yang tak kalah cocoknya bagi ibu rumah tangga di desa adalah bisnis online. Jangan pesimis jika anda merasa gaptek. Sebab teman saya sudah membuktikan sendiri bahwa emak-emak di desa juga bisa menghasilkan jutaan rupiah dari bisnis online.
usaha online, jualan online, fikri ali, 100 juta pertama dari internet, dikejar duit dari fp gratisan
ilustrasi bisnis online
Teman saya ini merupakan pengusaha online, penulis buku sekaligus trainer bisnis online. Banyak emak-emak yang sangat terbantu dan berhasil dengan metode bisnis online yang diajarkan beliau.

Fikri Ali, itulah nama facebook dari temanku ini. Beliau sudah menulis 2 buku tentang bisnis online. Buku pertama berjudul 100 Juta Pertama dari Facebook, sedangkan yang kedua dinamai Dijamin Dikejar Transferan Hanya Dari Fanspage Gratisan.

7. Bertani/berkebun

Lahan kosong / sawah di desa kebanyakan masih luas jika dibanding perkotaan. Lahan kosong ini bisa anda manfaatkan untuk bertani maupun berkebun. Kebanyakan sawah di desa saya dimanfaatkan untuk menanam padi. Jika siklus tanam padi usai, lahan ditanami tumbuhan palawija, sehingga lahan tetap produktif.
persawahan, petani, menanam padi
Sawah untuk bertani
Jika anda tak memiliki lahan, anda bisa menyewanya secara tahunan. Dalam bertani tentu membutuhkan keahlian khusus. Namun anda tak perlu bingung jika belum ahli, anda bisa belajar dari para petani di desa anda.

Anda juga bisa berkebun di rumah meski tak memiliki lahan yang luas. Untuk mengatasi hal sempitnya lahan dalam berkebun, anda bisa menggunakan teknik berkebun secara hidroponik.

8. Toko kelontong

Menjual aneka barang kebutuhan sehari-hari via toko kelontong, juga menjadi pilihan yang tak kalah menguntungkan bagi usaha sampingan ibu rumah tangga. Jangan mengambil untung terlalu banyak. Untung dikit asal perputaran usaha sangat kencang, itu sudah menjadi poin plus.
toko sembako, kelontong, peralatan rumah tangga
toko kelontong
Berikan sistem yang jelas kepada orang-orang yang sering hutang di toko kelontong anda. Misal jika sudah hutang 3x dan belum bayar, maka harus dilunasi dulu hutangnya, baru boleh hutang lagi. Karena jika tidak disistem seperti ini, kelangsungan toko kelontong akan terancam.

Berikan diskon khusus pada pelanggan setia anda, kepada pelanggan yang tak pernah berhutang atau kepada pelanggan yang tepat janji dalam membayar hutangnya.

9. Ternak ayam

Permintaan daging ayam dan telur yang selalu ada setiap harinya, membuat usaha ternak ayam selalu stabil dan berjaya, apalagi ayam kampung. Selain itu, perawatan ayam kampung juga lebih mudah. Sangat cocok untuk usaha sampingan ibu rumah tangga di desa, terlebih yang memiliki lahan luas di belakang rumah.
ternak ayam negeri, ternak ayam di kampung, telur ayam kampung
ternak ayam

10. Jasa les privat

Bagi ibu rumah tangga yang suka mengajar dan memiliki keahlian, ilmu, serta pengetahuan yang bisa ditularkan, menjadi pengajar les privat merupakan pilihan tepat. Seperti yang dilakukan 2 teman saya, dimana ia membuka jasa les privat di rumah.
les privat di rumah, les privat untuk anak
ilustrasi les privat
Yang satunya membuka jasa les bahasa inggris, sedangkan teman yang lain membuka les matematika. Muridnya pun beragam, mulai dari anak SD hingga anak SMA.

11. Barbershop

Tak usah membayangkan barbershop/salon kelas wah seperti di perkotaan. Salon yang saya maksud di sini berupa tempat pangkas rambut sederhana yang cocok dijalankan di pedesaan.
cukur rambut, potong rambut, barbershop
pangkas rambut
Di tempat saya, pangkas rambut madura begitu ramai akan pelanggan. Saat ini memang kebanyakan para lelaki yang menjadi tukang pangkasnya, namun tak menutup kemungkinan ibu rumah tangga juga bisa menjadi tukang pangkas rambut. Misal tukang pangkas rambut khusus wanita.

12. Jualan nasi kucing

Nasi kucing di sini bukan berarti makanan untuk kucing, melainkan makanan untuk manusia. Disebut nasi kucing karena porsi nasinya yang sedikit, kemudian dikasih lauk, bisa berupa gorengan, oseng-oseng dan tak lupa sambalnya.
salah satu menu di angkringan (foto : surya/ahmad zaimul haq) / gambar via surabaya.tribunnews.com
Di Jogja, Semarang, Surakarta, nasi kucing biasa dijual di angkringan (tempat jualan keliling yang dipikul atau didorong). Namun sekarang lebih berkembang, ada yang menjual nasi kucing dengan konsep seperti cafe.

Intinya adalah menjual nasi kucing. Bagi ibu rumah tangga di desa yang ingin menjadikan usaha ini sebagai sampingan, bisa kok berjualan di depan rumah. Selain nasi kucing, jual juga aneka gorengan, lauk pauk, kopi, teh dan aneka wedang lainnya.

Jualan nasi kucing sangat cocok digelar di malam hari sehabis magrib. Sembari melepas lelah, para pengunjung bisa saling bercengkrama dan nongkrong menikmati suasana malam.

Itulah macam-macam usaha sampingan ibu rumah tangga di desa yang bisa anda praktekkan. Beberapa diantaranya berjenis usaha modal kecil untung besar. Cocok dikerjakan di tahun 2018 ini dan tahun-tahun berikutnya.

Jangan lupa untuk selalu berdoa kepada Allah Ta'ala sebelum praktek berjualan, agar untung anda melimpah dan senantiasa berkah.

0 Komentar untuk "Usaha Sampingan Menguntungkan Ibu Rumah Tangga di Desa (Lengkap)"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close