Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Contoh Lengkap Prakarya dari Kardus dan Cara Membuatnya

Kerajinan tangan menjadi sebuah mata pelajaran yang selalu ada sejak zaman saya SD hingga sekarang. Waktu saya sekolah, pelajaran ini disebut KTK (Kerajinan tangan dan kesenian). Kalau sekarang namanya prakarya. Intinya hampir sama, namun yang sekarang tentu lebih dikembangkan lagi.

Dalam mata pelajaran prakarya, kreatifitas murid dituntut harus selalu aktif, baik dari prosesnya hingga bahan yang digunakan. Tak jarang bahan-bahan bekas menjadi ide dalam pembuatan suatu prakarya seni.

Artikel ini akan membahas beberapa contoh kerajinan tangan atau prakarya yang dibuat dari barang bekas. Agar mudah dipraktekkan, saya juga menyertakan gambar cara membuatnya. Bahan bekas utama yang saya gunakan adalah kardus atau sering juga disebut dengan karton.

Padahal selama ini kardus bekas kerap disamakan dengan bahan limbah yang seringkali berakhir di tempat sampah. Apakah beneran bisa dibuat kerajinan tangan?

7 Contoh Prakarya dari kardus dan cara membuatnya

1. Tempat pensil dari kardus

Tempat pensil unik dari kardus bekas / gambar via Youtube 5-Minutes Craft KIDS
Agar pulpen, pensil, penghapus dan alat tulis lainnya berada dalam satu tempat dan rapi, kita perlu sebuah wadah yang bisa memuat seluruhnya. Jika biasanya tempat pensil berbentuk kotak, kali ini akan saya tunjukkan kreasi tempat pensil yang lebih menarik dan unik, tentunya dari kardus bekas.

Alat dan bahan membuat tempat pensil dari kardus :
- Lem tembak
- Kardus bekas
- Kertas asturo
- Cat poster/plakat
- Gunting
- Lem kertas
- Cutter
- Jangka
- Pensil
- Penggaris

Langkah-langkah membuat tempat pensil dari kardus :

Bentuk kardus seperti ini. Agar lebih menarik bisa diberi warna sesuka hati demgan cat poster

Satukan tiap belahan yang sudah dibuat tadi
Setelah disatukan akan jadi seperti ini


Potong bulat kardus lain dengan ukuran selebar alas permukaan bentuk pada langkah sebelumnya. Lalu beri lem tembak (lem lilin) secara melingkar pada sisinya
Beri tutup melingkar pada potongan kardus dengan potongan kertas asturo
Buat potongan kertas lain seperti ini. Beri lem kertas pada bagian atasnya
Satukan sisi kanan dan kiri lalu tekuk bentuk kerucut
Satukan permukaan dan bentuk yang dirangkai pertama kali
Pasangkan bentuk kerucut di atas bentuk yang telah dirangkaikan persis sebelum langkah ini

Maka hasil akhirnya seperti ini
Anda bisa memanfaatkan bermacam kardus bekas untuk membuat hasta karya dari kardus ini. Bisa menggunakan kardus susu, kardus sepatu, kardus pasta gigi, kardus mie instan, kardus peralatan elektronik dan kardus-kardus lainnya.

2. Bunga dari kardus

Contoh prakarya lain dari kardus yang akan saya bagikan cara membuatnya adalah bunga dari kardus. Seperti tempat pensil di atas, bunga dari kardus termasuk kerajinan tangan yang juga mudah dibuat. Dengan memanfaatkan barang bekas, kita bisa membuat kerajinan tangan yang bisa digunakan sebagai hiasan dinding kamar, ruang tamu bahkan menjualnya sebagai souvenir.
Bunga dari kardus / gambar via Youtube Natticha Anderson
Alat dan bahan untuk membuat bunga dari kardus :
- Kardus bekas
- Kertas bekas
- Lem tembak
- Cat poster/plakat
- Aksesoris (bros/manik-manik)
- Pensil
- Penggaris
- Gunting
- Hair dryer
- Sarung tangan lateks
- Kuas kecil
- Jangka

Langkah-langkah membuat bunga dari kardus :
Potong kertas bekas dan bentuklah seperti yang ditunjuk panah merah di atas
Jiplak bentuk kertas tadi pada kardus bekas

Potong kardus sesuai hasil jiplakan
Gunakan car poster untuk memberi warna dasar putih pada potongan kardus. Oleskan dengan kuas kecil. Setelah itu gunakan hair dryer untuk mengeringkannya.
Setelah kering, gunakan sarung tangan lateks untuk memberi warna kedua
Buat bulatan dari kardus
Beri lem tembak pada bulatan tadi, kemudian satukan potongan kardus bentuk bunga yang telah diwarnai pada bulatan tersebut
Setelah semua potongan kardus bunga disatukan pada bulatan, beri lagi lem tembak di tengahnya untuk menyatukan bros/manik-manik/aksesoris lain yang mendukung

Sehingga hasil akhirnya akan cantik seperti ini
Itulah cara membuat bunga dari kardus bekas. Sangat mudah bukan? Jika kesulitan, silakan lihat kembali tahapan demi tahapan pembuatannya :) Masih ada banyak contoh pembuatan prakarya dari kardus lainnya. Saya buat di postingan lain, karena kalau saya tulis di sini semuanya, postingan ini akan mengular dan membosankan. Beberapa prakarya tersebut adalah :

3. Robot mainan dari kardus

4. Rumah-rumahan dari kardus

5. Tempat tisu dari kardus

6. Pigura (bingkai) dari kardus

7. Tas dari kardus

Beberapa di antaranya merupakan kerajinan tangan 3 dimensi. Pasti lebih unik dan menarik. Untuk melihat cara membuat contoh lain prakarya dari kardus di atas, tinggal diklik saja judulnya. Semoga menginspirasi dan bermanfaat :)

0 Komentar untuk "Contoh Lengkap Prakarya dari Kardus dan Cara Membuatnya"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close