Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Ternak Ayam Serama Raup Untung Jutaan Rupiah

Ternak ayam serama - Ayam serama adalah salah satu jenis ayam hias yang memiliki postur tubuh pendek, kecil, dan dadanya menggembung. Ayam disebut sebagai ayam kate terkecil di dunia (The Smallest Bantam Chicken). Bentuk ayam serama hampir mirip dengan ayam kate. Perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih kecil dan dadanya yang menggembung.

Ayam serama dewasa ukurannya hanya sekitar sekepalan tangan orang dewasa. Tinggi ayam serama pun hanya sekitar sejengkal jari tangan orang dewasa. Ayam serama jantan hanya memiliki bobot sekitar 350 gr, sedangkan yang betina sekitar 300 gr.
Ayam serama / gambar via en.wikipedia.org
Ternak ayam serama menjadi usaha yang menguntungkan di daerah Palu, Sulawesi Tengah. Hal itu karena jumlah peternaknya yang memang masih sedikit. Untuk beternak ayam serama juga tidak membutuhkan modal besar, namun keuntungan yang didapat cukup menggiurkan.

Awal mula usaha ternak ayam serama

Salah satu pelaku usaha ternak ayam serama adalah Cabu (45 tahun). Berawal dari hobi, kini ia telah sukses mengembangbiakkan ayam serama yang ia jadikan sebagai usaha sampingan di rumah.

Menurut Cabu, usaha ternak ayam serama ini cukup menguntungkan. Dengan hanya memelihara ayam serama selama kurang lebih 6 bulan, bisa dipastikan ia memperolah keuntungan jutaan rupiah dalam sekali jual.

Ayam serama dijual mulai harga Rp. 250 ribu hingga jutaan rupiah per ekor. Salah satu faktor yang mempengaruhi harga ayam serama adalah kualitas bulunya. Jika bulunya berwarna bagus dan ekornya dapat berdiri tegak, harganya sudah dipastikan mahal. Meskipun masih kecil, masih dalam proses ternak, ayam serama sudah bisa mulai dipesan.

Bagi pecinta ayam, ayam serama memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya karena keunikan penampilan ayam ini. Penampilan ayam serama disebut bagaikan model yang berjalan di catwalk. Ditambah lagi ketika berjalan sambil berkokok dengan dada yang menggembung, membuat ayam serama nampak seperti binaraga.

Perawatan ayam serama tergolong mudah. Seperti jenis ayam lainnya, setiap hari ayam serama juga harus diberi makan, vitamin, dimandikan hingga dijemur.

Selain di Indonesia, keberadaan ayam serama juga terkenal di beberapa negara tetangga, seperti Malaysia dan Thailand. Oia, ayam serama ini aslinya berasal dari Malaysia loh.

Demikianlah sedikit ulasan saya mengenai ternak ayam serama. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)

Tag : Peluang
0 Komentar untuk "Ternak Ayam Serama Raup Untung Jutaan Rupiah"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close