Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Syarat Tumbuh Pohon Durian

Syarat tumbuh pohon durian - Usaha agribisnis di Indonesia memang menguntungkan, tanah yang subur serta cuaca yang mendukung adalah salah satu faktor penentu keberhasilan perkebunan agribisnis di negeri ini. Salah satu tanaman agribisnis yang cocok dan sangat berpotensi di Indonesia adalah durian.

Durian menjadi buah-buahan yang tak ada matinya di Indonesia. Pasar durian begitu luas dan penyuka durian pun banyak. Terlebih buah tropis ini memiliki beberapa varietas unggulan di Indonesia. Diantaranya jenis Musang king, Matahari dan Pelangi.

Intensitas cahaya matahari 40-50%, salah satu syarat tumbuh pohon durian
Sebelum membahas inti topik postingan ini yaitu mengenai syarat tumbuh pohon durian, ada baiknya kita mengenal jenis-jenis durian varietas unggulan yang ada di Indonesia terlebih dulu.

Jenis-jenis durian unggulan :

  1. Durian Matahari
    Disebut matahari karena warna durian ini bersinar bagaikan matahari. Bentuknya bulat panjang dengan warna kulit hijau kecokelatan. Memiliki duri besar-besar jarang dan runcing agak bengkok.
  2. Durian Musang king
    Awalnya durian ini berasal dari Kelantan, Malaysia. Durian jenis ini memiliki daging buah berwarna kuning seperti durian pada umumnya. Bentuk durian ini bulat dan ukurannya hampir menyamai durian matahari. Cita rasanya pahit. Daun bibitnya memanjang dan biji buahnya tidak terlalu besar.
  3. Durian PelangiTak seperti durian pada umumnya, daging buah durian ini tidak sama rata dengan warna kemerahan. Asal mula durian pelangi adalah Banyuwangi, Jawa Timur. Bentuk buahnya bulat kecil dengan warna kulit kuning. Cita rasanya manis serta berbiji kecil. Dan uniknya, ketika masak, aroma tidak terlalu tajam. Bagi orang yang tidak suka dengan durian karena aromanya yang bikin pusing, mungkin bisa mencoba mencicipi durian pelangi ini.

Syarat tumbuh pohon durian

  1. Tanaman durian akan tumbuh secara optimal pada daerah tropis
  2. Ketinggian lahan mulai dari 50-1000 mdpl
  3. Memiliki intensitas cahaya matahari 40-50%
  4. Curah hujan antara 1500-2500 mm per tahun
  5. Suhu rata-rata 25-32 derajat celcius
  6. Daerah kebun memiliki bulan basah selama 7-9 bulan
  7. Jenis tanah merah atau latosol serta memiliki kandungan bahan organik
  8. Hindari penggunaan tanah liat karena ketika musim hujan proses pengeringannya terlalu lama
  9. Kemiringan tanah tidak lebih dari 35 derajat. Jika tanahnya miring, perlu dibuatkan terasering untuk mencegah erosi
  10. Kedalaman air tanah sekitar 50-300 cm
  11. Memiliki pH tanah sekitar 6,0 - 7,0. Jika kurang dari itu, kapur dolomit dapat digunakan untuk menetralkannya
Untuk melengkapi tulisan ini, saya akan menambahkan ciri bibit sehat yang tentu saja sangat bermanfaat dalam pemilihan bibit sebelum menanam durian. Jangan lupa untuk selalu menggunakan bibit varietas unggul yang telah disahkan departemen pertanian. Selain itu juga pilihlah bibit sesuai dengan iklim.

Ciri-ciri bibit durian sehat  :

  1. Memiliki daun cukup banyak
  2. Barangnya kokoh dan percabangannya 2-4 arah
  3. Terlihat segar
  4. Daun tidak layu dan tidak terdapat bercak putih atau hitam pada daun
  5. Batangnya kokoh dan memiliki percabangan 2-4 arah
  6. Pada batang terlihat adanya perkembangan tunas baru
Nah, itulah beberapa syarat tumbuh pohon durian dan artikel pendukungnya mulai dari jenis-jenis bibit sampai ciri-ciri bibit durian yang sehat. Semoga bermanfaat dan menginspirasi :)
Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

Tag : Agribisnis
0 Komentar untuk "Syarat Tumbuh Pohon Durian"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top