Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Strategi Pemasaran Usaha Kreatif Daur Ulang Limbah

Setiap usaha pasti membutuhkan marketing atau pemasaran. Meski peluang usahanya bagus, jika tidak dipasarkan dengan baik, darimana orang akan tahu produk kita? bagaimana orang akan beli produk kita? Bahkan ada yang bilang jika pemasaran itu merupakan ujung tombaknya suatu usaha.

Seringkali para pengusaha pemula dalam bidang produk kreatif daur ulang limbah ini mengalami kendala dalam memasarkan produk kerajinannya. Untuk itu, perlu adanya kiat-kiat khusus agar orang-orang cepat mengenal produk anda dan kemudian menjadi pelanggan loyal.
Pameran bisnis, salah satu cara pemasaran usaha kreatif / gambar via businessofbiodiversity.co.uk

Cara memasarkan usaha kreatif daur ulang sampah :

  1. Menciptakan berbagai produk yang unik dan memiliki ciri khas, sehingga tak mudah ditiru oleh perusahaan lain.
  2. Mendaftarkan produk hasil kerajinan tangan ke lembaha terkait sehingga produk anda akan mendapatkan hak paten. Dengan hak paten ini, orang tidak akan mudah meniru produk anda.
  3. Melakukan promosi dengan berbagai macam cara, mulai dari media sosial (fb, twitter, instagram), membuat brosur, kartu nama, atau bisa juga dengan memasang iklan di media massa.
  4. Pilih nama yang khas untuk produk anda, sehingga mampu menggambarkan bisnis yang anda jalankan. Hal ini nantinya juga akan mempermudah dalam branding produk.
  5. Mengikuti pameran kerajinan tangan baik yang diadakan dinas perdagangan, dinas pariwisata daerah, maupun pameran-pameran lain yang banyak dikunjungi konsumen baik dari dalam maupun luar negeri.
Nah, itulah beberapa strategi pemasaran produk kreatif berbahan daur ulang sampah. Jika anda memiliki ide-ide kreatif lainnya dalam pemasaran, tak ada salahnya untuk dicoba. Asalkan kreatif, sopan dan menarik, produk anda akan mudah dilirik calon pelanggan.
dikutip dari tabloid peluang usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

Tag : Pemasaran
0 Komentar untuk "Strategi Pemasaran Usaha Kreatif Daur Ulang Limbah"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top