Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Sentra Furnitur Gintung Ciputat, Tangerang

Masih ngebahas tentang sentra atau pusat-pusat produksi furnitur nih. Dua daerah penghasil furnitur di Jakarta kemarin sudah dibahas, namun ternyata masih kurang, karena di Ciputat Tangerang yang juga sangat dekat dengan ibukota memiliki banyak potensi usaha furnitur yang besar.

Tepatnya di Kampung Gintung Jl. Ir. H. Juanda, Tangerang, bisnis furnitur di sana memang cukup mendongkrak perekonomian warga. Kerajinan kayu tersebut sudah ada sejak tahun 80an dan terkenal sebagai pusat ekspor mebel ukir dan barang antik. Ragam produk furnitur di sini biasanya menggunakan jenis kayu jati, kayu mahoni, kayu salam, kayu cendana, kayu trembesi, kayu nangka.
Gambar sekedar ilustrasi furnitur kursi, bukan furnitur dari Gintung, Ciputat-Tangerang

Model furninitur Tangerang

Model furnitur yang banyak dipesan konsumen baik dari dalam dan luar negeri adalah model tradisional minimalis. Model ini cenderung lebih simpel dan memiliki tekstur kayu yang lebih tebal, sehingga menambah keawetan dan kekuatan furnitur.

Desain minimalis ini terlihat dalam produk seperti meja, kursi, lemari dan ranjang. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal daripada model yang biasa. Karena meskipun terlihat simpel, teknik pembuatannya ternyata cukup rumit, terlebih bila mengikuti tren dan desain yang telah berkembang. Harga furnitur di Sentra Furnitur Gintung Ciputat, Tangerang pun cukup beragam. Mulai dari Rp. 300rb untuk kursi tamu, sampai Rp. 7 jutaan untuk lemari kayu jati

Pemasaran

Selain dipasarkan di art shop sepanjang Jalan Juanda Tangerang, pengrajin furnitur di sentra ini juga menerima berbagai macam pesanan yang dibutuhkan klien. Pemesanan dapat dilakukan dengan mendatangi langsung art shop, selanjutnya pemesan bisa memilih model-model dari berbagai furnitur yang telah tersedia.

Pemesan juga bisa request, misal menginginkan model tertentu, ukuran dan jenis kayu, hingga aneka desain yang diinginkan. Pengrajin akan membuatnya sesuai permintaan konsumen.

Pembuatan furnitur dilakukan antara satu hingga dua minggu tergantung tingkat kesulitan dan jumlah pesanan. Selanjutnya apabila terjadi kesepakatan, pemesan akan dikenakan DP 50% dan sisanya dibayar setelah barang jadi.

Pengiriman Barang

Dalam proses pengiriman barang, pengirim tidak akan membebani ongkos kirim alias gratis untuk wilayah Jabodetabek. Namun untuk pengiriman di luar Jabodetabek, biaya pengiriman ditanggung pemesan. Sebagai daya tarik, pembeli juga akan mendapatkan diskon hingga 15% serta mendapatkan bonus berupa rak tempat koran, tempat minum, vas bunga dan tempat obat.
Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

0 Komentar untuk "Sentra Furnitur Gintung Ciputat, Tangerang"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close