Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Pusat Furnitur Blora - Akar Jati Jepon

Pusat furnitur Blora - Jawa Tengah sepertinya tak cukup hanya Jepara dan Semarang saja yang menjadi pusat furnitur, karena Blora juga merupakan pusat furnitur di Jawa Tengah. Sangatlah masuk akal jika Blora juga menjadi pusat furnitur di Jawa Tengah, mengingat setengah dari wilayah Kabupaten Blora terdiri dari hutan jati.

Salah satu kerajinan mebel atau furnitur yang terkenal dari Blora adalah kerajinan akar jati. Pusat kerajinan akar jati ini terletak di desa Tempel Lemahbang Kecamatan Jepon Kabupaten Blora, sekitar 7 km dari kota Blora menuju ke arah Cepu.
Meja makan, salah satu produk furnitur dari Blora / gambar sekedar ilustrasi
Sentra akar jati di Blora ini sudah berdiri sejak ratusan tahun yang lalu, namun baru mulai berkembang pesat di tahun 2007. Sepanjang jalan Blora - Cepu, setidaknya ditemui sekitar 50 pengrajin akar jati dengan berbagai macam kreasi. Rata-rata pengrajin memproduksi setidaknya 80 produk tiap bulannya.

Hingga kini industri kerajinan akar jati di Blora sudah dapat menyerap lebih dari 2.000 tenaga kerja dengan rata-rata pendapatan tiap bulannya mulai dari Rp. 1,3 juta sampai Rp. 4 juta.

Produk Pusat Furnitur Blora

Kerajinan akar jati Blora memiliki ciri khas bentuk yang sangat menarik serta bernilai seni tinggi. Hingga tak heran jika kebanyakan konsumennya justru berasal dari luar negeri seperti Amerika, New Zealand, Perancis, Belanda, Jerman, Malaysia, Spanyol.

Selain diminati masyarakat luar negeri, produk furnitur Blora juga diminati masyarakat Indonesia. Tak hanya sebatas lokal di Blora saja, tapi mencakup berbagai daerah lain di Indonesia seperti Bali, Jakarta, Jawa, Kalimantan dan Sumatera.

Harga Produk Kerajinan Akar Jati Blora

Produk kerajinan akar jati yang ditawarkan antara lain screen table dengan harga Rp. 4 juta sampai Rp. 10 juta, meja daun Rp. 2,5 juta, display barang Rp. 1,5 juta -  Rp. 5 juta, meja makan Rp. 3 juta, meja mangkok Rp. 1,5 juta sampai Rp. 2,5 juta, kaligrafi Rp. 500rb, dan yang paling banyak diminati adalah lift daun jati dengan harga mulai dari Rp. 2 juta hingga Rp. 20 juta tergantung besar kecilnya serta tingkat kesulitan pembuatan.

Jika anda tertarik memiliki berbagai produk kerajinan akar jati Blora tersebut, bisa langsung menghubungi para pengrajin dengan membayar uang muka 50% dan sisa pembayaran dilunasi setelah barang siap dikirim. Tidak ada minimal order dalam pemesanan, namun semua ongkos kirim ditanggung pemesan.
Referensi : Tabloid Peluang Usaha edisi 02 Th XI 06-19 Nov 2015

0 Komentar untuk "Pusat Furnitur Blora - Akar Jati Jepon"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close