Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Perhitungan Modal Usaha Jasa Eduwisata

Perhitungan modal usaha jasa eduwisata - Perhitungan usaha sebelum mendirikan bisnis sangatlah penting. Dari sini kita dapat mengetahui berapa jumlah modal yang dikeluarkan, untuk apa saja pengeluaran modal tersebut, biaya apa saja yang dikeluarkan dan berapa jumlahnya. Dan yang terpenting, dari perhitungan ini kita juga dapa melihat keuntungan yang akan didapat. Sehingga akan jelas berapa lama balik modalnya.

Jika dirasa cocok antara modal yang dikeluarkan, biaya yang harus ditanggung, keuntungan yang didapat serta lamanya balik modal, maka saatnya memutuskan, apakah usaha ini cocok saya jalankan? Atau bagaimana selanjutnya, mau kerja sama atau berdiri sendiri.
ilustrasi menghitung modal
Seperti usaha jasa eduwisata yang kemarin sudah saya posting banyak mengenai prospek bisnisnya, lika-liku usaha, tips dalam memulai, serta strategi pemasarannya. Kali ini saatnya bicara permodalan. Berapa sih modal yang dibutuhkan untuk mendirikan usaha eduwisata ini?

Perhitungan modal usaha jasa eduwisata :

Modal usaha                                                    Rp. 50.000.000
Modal ini digunakan untuk sewa tanah, renovasi tempat, peralatan serta perlengkapan usaha
=======================================================
Pengeluaran per bulan                                Rp. 26.000.000

Biaya pemeliharaan                Rp. 15.000.000
Gaji 5 orang karyawan           Rp. 10.000.000
Biaya operasional                    Rp.   1.000.000
=======================================================
Dari perhitungan di atas, modal awal yang dibutuhkan untuk merintis bisnis eduwisata adalah Rp. 76.000.000. Jika dalam sebulan mampu mendatangkan pengunjung sebanyak 400 anak, dengan tarif mengikuti berbagai wahana eduwisata sebesar Rp. 100.000 per anak, maka perolehan omsetnya adalah :
Omset                                                                    Rp. 40.000.000
Pengeluaran per bulan                                  Rp. 26.000.000
Keuntungan bersih (35%)                            Rp. 14.000.000

Dengan begitu, dapat diketahui jika balik modal (Return of Investment) akan terjadi setelah 6 bulan usaha berjalan.

Itulah gambaran perhitungan modal mendirikan usaha jasa eduwisata. Dengan modal di bawah Rp. 100 juta, anda sudah bisa memiliki bisnis eduwisata yang saat ini tengah booming dan digandrungi masyarakat, baik di perkotaan maupun daerah.

Mungkin ada yang mendirikan usaha ini dengan modal milyaran. Itu bisa saja terjadi jika tempat usaha dasarnya yang berupa lahan atau tanah tersebut dibeli, bukan disewa. Di sini kita mencoba meminimalisir modal, yaitu dengan cara menyewa lahan terlebih dulu. Jika nantinya berkembang bagus, kita bisa mulai berpikir untuk membelinya.

Semoga bermanfaat dan Selamat mencoba :)
Referensi Tabloid Peluang Usaha edisi 03 Th XI 20 Nov-3 Des 2015

0 Komentar untuk "Perhitungan Modal Usaha Jasa Eduwisata"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close