Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Macam-macam Alternatif Penghasilan Tambahan

Alternatif penghasilan tambahan - Orang hidup butuh penghasilan untuk memperlancar kehidupannya. Agar memperoleh penghasilan, seseorang harus bekerja atau berbisnis. Terkadang penghasilan yang mereka dapat belum cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, sehingga masih dibutuhkan penghasilan tambahan.

Ada beberapa cara mencari penghasilan atau uang tambahan. Karena kemarin-kemarin saya sering membahas tentang bisnis online, mungkin anda berfikir kalau postingan ini lagi-lagi membahas mengenai penghasilan tambahan dari internet :D
ilustrasi penghasilan tambahan
Sebaiknya simpan dulu praduga tersebut, karena pada artikel ini saya akan menuliskan tujuh alternatif penghasilan tambahan menurut Safir Senduk :cool: Siapakah Safir Senduk? Berdasarkan wikipedia, beliau adalah seorang perencana keuangan independen pertama di Indonesia.

Melalui Biro Perencanaan Keuangan Safir Senduk & Rekan yang didirikan tahun 1998, Safir Senduk memiliki misi memberikan edukasi tentang keuangan keluarga kepada masyarakat dan membantu mereka dalam membuat perencanaan keuangan.

Berikut ini beberapa buku tentang perencanaan keuangan yang telah ditulis oleh Safir Senduk :

  1. SKPPK : Karyawan Harus Nabung Biar Makmur (2008)
  2. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Mencari Penghasilan Tambahan (2004)
  3. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Mengantisipasi Resiko (2001)
  4. Seri Kiat Praktis Perencanaan Keuangan : 5 Kiat Praktis Mengelola Gaji Agar Bisa Kaya
  5. Seri Kiat Praktis Perencanaan Keuangan : "Buka Usaha Nggak Kaya? Percuma"
  6. 5 Kiat Praktis Mengelola Penghasilan sebagai Pengusaha
  7. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Mengatur Pengeluaran Secara Bijak
  8. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Mengelola Keuangan Keluarga
  9. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak
  10. Seri Perencanaan Keuangan Keluarga : Merancang Program Pensiun
Wow, keren yach, ada 10 buku. Saya berencana nulis 1 buku aja belum jadi-jadi, masih tetep rencana terus dari dulu :( Dari buku yang telah ditulis tersebut, terlihat jelas jika Safir Senduk adalah seorang praktisi perencanaan keuangan.

Maka dari itu, sayang sekali jika anda melewatkan ulasan mengenai 7 alternatif penghasilan tambahan ala Safir Senduk yang saya kutip dari Tabloid Peluang Usaha Edisi 23 Th X 25 September - 8 Oktober 2015 berikut ini.

7 Alternatif Penghasilan tambahan ala Safir Senduk :

  1. Menjual barang dan jasa

    Misalnya anda menjual baju kepada teman sekantor atau pada para tetangga. Penghasilan yang diperoleh adalah keuntungan dari jual beli. Selain itu, pekerjaan sebagai seorang perantara juga masuk dalam kategori ini.

    Beberapa contoh pekerjaan sebagai perantara atau makelar misalnya agen asuransi dan agen properti. Ketika menjadi makelar, penghasilan anda tentu saja berasal dari komisi jika terjadi transaksi.
  2. Menjual keahlian

    Ada banyak keahlian yang bisa anda karyakan. Tentu saja keahlian yang sifatnya positif. Misalnya mengajar, menjadi penyanyi band, servis komputer, dan lain-lain sesuai keahlian yang anda miliki.
  3. Membuka usaha

    Anda membuka usaha bersama tim atau partner anda. Penghasilan anda berasal dari pembagian laba usaha yang anda kelola bersama. Salah satu kelebihan dari memiliki usaha adalah, jika anda bepergian, maka usaha anda akan tetap berjalan karena sudah ada manajemen tim.

    Beda dengan menjual barang dan jasa atau menjual keahlian yang sangat membutuhkan kehadiran anda secara fisik.
  4. Gabung MLM

    Penghasilan anda berasal dari keuntungan jual beli barang yang anda lakukan, komisi dari jaringan penjualan yang anda bangun, dan royalti dari setiap jaringan yang mampu berdiri sendiri. Baca : Inilah peluang bisnis MLM terbaru
  5. Ikut investasi bagi hasil

    Anda memasukkan (menginvestasikan) uang anda ke sebuah usaha dan mendapatkan penghasilan setipa kali usaha tersebut untung, berupa pembagian laba.
  6. Investasi pendapatan tetap

    Salah satu contoh dari alternatif penghasilan tambahan model ini adalah mengontrakkan rumah, toko, bangunan atau tanah. Sehingga setiap tahun atau setiap bulan anda akan mendapatkan penghasilan tetap dari investasi tersebut.
  7. Jual beli investasi

    Anda melakukan jual beli produk investasi seperti jual beli saham.
Demikianlah beberapa contoh alternatif penghasilan tambahan oleh Safir Senduk. Semoga bermanfaat dan menginspirasi ;)

Tag : Tips
0 Komentar untuk "Macam-macam Alternatif Penghasilan Tambahan"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top