Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

4 Macam Bisnis Kecil Terbaru Yang Menguntungkan

Bisnis kecil terbaru - Menurut anda, apa sih yang membedakan antara bisnis besar dengan bisnis kecil? Apakah bangunannya? tempat usahanya? pabriknya? omsetnya? bentuk usahanya? atau tulisannya? hehe :D

Kalau melihat dari lokasi usaha, banyak kok bisnis-bisnis yang beromset besar tapi lokasinya tidak strategis. Misalnya Bakmi Mbah Mo yang berada di sebuah desa di Bantul, Jogja. Meski tempatnya jauh dari pusat kota Jogja, pelanggan Bakmi Mbah Mo banyak juga yang berasal dari luar kota.

Selain tempatnya yang jauh dari pusat kota, yaitu di Desa Code Bantul-Jogjakarta, untuk bisa menikmati kelezatan Bakmi Mbah Mo dibutuhkan kesabaran yang ekstra. Karena meski datang di awal buka, yaitu jam 5 sore, antrian pelanggan sudah mulai memadati warung bakmi legend ini.

Dibutuhkan waktu sekitar satu jam lebih untuk bisa menikmati sajian bakmi jawa dari warung bakmi mbah mo. Hal ini dikarenakan masing-masing pesanan dimasak satu-satu, sehingga memang benar-benar pas sesuai pesanan pelanggan.
Saya pernah mengikuti seminar usaha dimana pemilik bakmi mbah mo ini menjadi pembicaranya. Menurut beliau, warung bakmi mbah mo miliknya ini dulu merupakan kandang sapi. Berdiri tahun 1986 dan mulai ramai di tahun 1990.

Warung bakmi mbah mo dipasarkan dengan cara kreatif, sehingga meski tempatnya tidak strategis, pelanggannya tetap membludak. Jadi menurut saya, tempat usaha bukanlah sebuah acuan untuk menilai bisnis tersebut termasuk bisnis kecil atau besar.

Mungkin ada juga yang menyebutkan kalau bangunan usaha besar, maka usaha juga dikatakan besar. Hmmm, kurang tepat juga menurut saya. Karena ketika dalam suatu perjalanan, saya sering melewati sebuah toko besar di pinggir jalan raya yang mirip minimarket.

Kebetulan saya sering lewat situ. Setiap saya lewat, tokonya selalu kelihatan sepi, walau bangunannya cukup luas. Dan akhirnya sekarang ketika saya lewat toko itu lagi, eh malah sudah tutup tokonya. Barang dagangannya juga sudah nggak ada.

Gimana, nggak terlalu ngaruh juga kan? Meski tokonya besar, usahanya bisa dibilang kecil, karena jarang ada pembeli. Untuk hal ini, anda juga bisa melihat toko online. Toko online itu tidak ada bentuk fisiknya, namun teman saya bisa dikatakan sukses juga membangun toko online. Usahanya semakin besar karena toko online.

Jadi, menurut saya, usaha dikatakan besar atau kecil itu dilihat dari keuntungannya. Nggak peduli tempat, kalau keuntungannya berlipat tentu usahanya besar dan maju. Nggak peduli ukuran toko, kalau untungnya gede maka usahanya bisa dikatakan bisnis besar.

Kemunculan bisnis besar tentu diawali dengan bisnis kecil terlebih dulu. Seperti dalam kisah sukses Bakmi Mbah Mo di atas, dimulai dari tahun 1986 (masih bisnis kecil), dan mulai ramai di tahun 1990 (berubah menjadi bisnis besar).

Mungkin anda ingin meniru kesuksesan Bakmi Mbah Mo, namun sayang, skill memasak tak ada. Kalau makan pasti semua suka kan? :D Tapi kalau memasak, belum tentu semua suka dan bisa. Untuk itulah tulisan ini dibuat.

Masih tentang bisnis kecil, jika anda benar-benar ingin memulai bisnis di tahun ini, berikut ini saya sajikan macam-macam bisnis kecil terbaru yang potensial untuk menjadi bisnis besar di kemudian hari.
jualan ebook, salah satu macam bisnis terbaru yang menguntungkan

4 Macam bisnis kecil terbaru

  1. Produk digital

    Zaman sekarang ini eranya internet. Kita bisa banyak belajar dari internet. Bahkan kita bisa membeli buku dari internet, dan kemudian menyimpan buku tersebut ke laptop kita. Tentu saja buku yang disimpan itu bukan berbentuk buku pada umumnya, dengan bentuk fisik yang bisa dipegang.

    Dengan kata lain, buku yang didapat dari internet dan kemudian disimpan di laptop itu merupakan buku digital, atau lazim juga disebut ebook (electronic book). Kalau anda seorang penulis buku, novel, cerpen sampai ilmu-ilmu di bidang akademis, tidak ada salahnya untuk membuat karya dan kemudian menjualnya dalam bentuk digital.

    Tidak hanya ebook, produk-produk digital bisa berupa lagu dan video. Para motivator seringkali membundling buku karyanya dengan bonus lagu atau video-video motivasi. Intinya, produk digital itu dinikmati dengan media digital.
  2. Jasa cleaning service panggilan

    Banyak yang menganggap bisnis jasa cleaning service merupakan bisnis kecil, bahkan bisnis kotor! Yaiyalah, tugasnya kan memang membersihkan kotoran (sampah). Namun jangan salah, di tengah kehidupan modern dimana banyak orang sibuk dengan pekerjaan kantornya, bisnis jasa cleaning service ini memiliki peluang untuk membersihkan rumah orang-orang yang sibuk tersebut.

    Tak hanya di rumah, jasa cleaning service panggilan juga bisa membersihkan kantor, apartemen dan berbagai tempat lainnya. Apalagi kalau musim orang hajatan. Jasa cleaning service panggilan bisa menuai untung lebih besar. Tertarik mencoba?
  3. Aplikasi android

    Dalam arti luas, aplikasi android bisa juga berarti game android. Android sekarang ini tengah mendominasi sistem operasi pada smartphone. Kemudahan dalam menggunakan serta banyaknya aplikasi dan game gratis yang bisa didapat, membuat sistem operasi google ini menjadi idola.

    Sebagai orang yang suka mengambil keuntungan, wah kok kurang enak ya nyebutnya :D Oke deh. Sebagai seorang pengusaha, hehe lebih elegan kan nyebutnya? :D kita perlu mengambil manfaat dari banyaknya pengguna aplikasi android tersebut.

    Tentu manfaat dalam arti positif. Dengan memberi benefit kepada para pengguna android melalui aplikasi atau game yang kita buat. Agar lebih lengkap, sebenarnya hal ini perlu pembahasan teknis, tentang cara membuat game dan aplikasi android.

    Tapi karena saya belum paham dan takut menyesatkan anda, silakan untuk hal-hal teknis tersebut dicari sendiri ya. Di sini saya membahas mengenai peluang usahanya saja :D

    Anda bisa mendapatkan penghasilan dengan hitungan dollar melalui aplikasi android yang anda buat. Setelah anda membuat aplikasi atau game, silakan upload di play store google. Lalu bergabunglah dengan periklanan mobile dari google yaitu admob.

    Jika disetujui, selanjutnya pasang iklan dari admob di aplikasi atau game yang anda buat tadi. Tanda jika aplikasi anda telah berhasil bekerja sama dengan admob adalah munculnya iklan pada aplikasi tersebut.

    Jika anda membuka sebuah aplikasi di android, di bawahnya kan suka ada iklan tuh, trus waktu nutup aplikasi juga muncul iklan, nah itulah iklan dari admob. Anda sebagai pemilik aplikasi akan mendapatkan dollar setiap ada iklan yang diklik atau dilihat oleh pengguna aplikasi anda.

    Banyak pemilik aplikasi atau game andorid di Indonesia yang sukses dan rutin berpenghasilan dollar setiap bulannya. Salah satu contohnya yang heboh beberapa waktu lalu, Henry Jufri. Seorang kuli panggul asal Makassar ini sukses menghasilkan $1000 dollar perbulan dari aplikasi android yang ia buat.
  4. Youtuber

    Hampir sama dengan admob, dengan menjadi youtuber, anda juga berpotensi mendapatkan penghasilan dolar. Youtuber adalah orang yang mengupload video di youtube. Untuk bisa menghasilkan dolar dari youtube, anda harus bekerja sama dengan program periklanan adsense.

    Baik youtube maupun adsense, keduanya juga milik google. Indikasi keberhasilan integrasi antara youtube dan adsense adalah adanya iklan di video yang anda upload di youtube. Sebagai youtuber, anda akan mendapatkan penghasilan dolar jika video anda di youtube tersebut dilihat oleh sejumlah orang, dan iklannya diklik juga oleh pengunjung.

    Banyak contoh youtuber Indonesia yang sukses dan rutin berpenghasilan dolar setiap bulannya. Beberapa diantaranya adalah Bayu Skak, Raditya Dika, Eka Gustiwana. Mereka ini sukses menjadi youtuber dengan penghasilan hingga puluhan juta rupiah tiap bulannya.
Itulah beberapa contoh bisnis kecil terbaru yang sangat berpotensi menjadi besar, namun seringkali diremehkan dan dipandang sebelah mata. Ya, karena masyarakat Indonesia kebanyakan lebih suka menjadi PNS atau karyawan daripada menjadi pebisnis, apalagi bisnis kecil terbaru seperti di atas.

Tag : Peluang
0 Komentar untuk "4 Macam Bisnis Kecil Terbaru Yang Menguntungkan"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close