Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda Dengan 5 Cara Mudah Ini

Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan -  BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) Ketenagakerjaan adalah suatu badan hukum publik yang tugasnya melindungi seluruh pekerja melalui 4 program jaminan sosial ketenagakerjaan.

BPJS Ketenegakerjaan dulunya bernama Jamsostek (Jaminan Sosial Tenaga Kerja). Setelah mengalami berbagai proses, pada tahun 2011 ditetapkan UU No. 24 Tahun 2011 tentang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial. Sesuai amanat undang-undang, tanggal 1 Januari 2014 PT. Jamsostek berubah menjadi badan hukum publik.

PT. Jamsostek yang bertransformasi menjadi BPJS Ketenagakerjaan tetap dipercaya untuk menyelenggarakan program jaminan tenaga kerja, yaitu Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Kematian (JKM), Jaminan Hari Tua (JHT), dan penambahan 1 program, yaitu Jaminan Pensiun (JP) yang dimulai 1 Juli 2015.

Karena antara BPJS Ketenagakerjaan dan Jamsostek adalah sama, maka jika anda sebagai karyawan atau tenaga kerja ingin mengetahui saldo Jamsostek, cara mengeceknya pun sama dengan cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

Kenapa tulisan tentang BPJS Ketenagakerjaan ini ada di website PeluangUsahaTerbaruku.com? Karena BPJS Ketenagakerjaan juga berhubungan dengan para pengusaha, pemilik perusahaan, dimana iuran BPJS Ketenagakerjaan untuk program JHT sebesar 3,7% dibayar perusahaan, dan 2% dibebankan pada tenaga kerja yang dipotong dari gajinya. Sehingga totalnya 5,7% dari gaji.

Iuran BPJS Ketenagakerjaan bisa anda cairkan bila sudah pensiun nanti, atau jika akan berhenti bekerja, dengan syarat sudah bekerja di perusahaan tersebut selama 5 tahun. Nah, jika anda ingin mengetahui saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah anda bayarkan tiap bulan, anda bisa mengeceknya dengan cara berikut.

5 Cara cek saldo BPJS Ketenagakerjaan

  1. Datang ke kantor BPJS Ketenegakerjaan

    kantor bpjs kesehatan
    Kantor BPJS Ketenagakerjaan / gambar via bangka.tribunnews.com
    Anda bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan dengan mendatangi kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat. Temui petugas di sana dan bilanglah kalau anda ingin cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Jangan lupa untuk membawa kartu BPJS Ketenagakerjaan anda, agar memudahkan petugas dalam mengecek nomor bpjs nantinya.
  2. Melalui ATM BNI

    ATM BNI untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan
    ATM BNI / gambar via manado.tribunnews.com
    Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan bisa juga dilakukan via ATM. Saat ini baru ATM BNI yang bisa digunakan untuk hal tersebut. Jadi sebuah keuntungan bagi anda peserta BPJS Ketenagakerjaan sekaligus nasabah BNI. Meski ATM adalah tempat mengambil uang, namun anda hanya bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan di sana, bukan untuk mengambil uang klaim BPJS Ketenagakerjaan.
  3. Melalui SMS

    Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui SMS
    Cek saldo BPJS Ketenagakerjaan via sms
    Kalau 2 cara sebelumnya anda harus keluar rumah, cara berikut ini lebih praktis, karena hanya melalui SMS. Sebelum bisa mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan melalui sms, anda diharuskan registrasi terlebih dulu untuk mendapatkan ID nya.

    Cara registrasinya dengan mengirimkan pesan ke 08111009696. Format pesannya : REG#No.BPJS Ketenagakerjaan#Tanggal Lahir#Nama Ibu Kandung. Setelah berhasil, anda akan mendapatkan ID yang bisa digunakan untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan.

    Untuk format sms cek saldonya adalah Saldo#Nomor ID. Lalu kirim ke 08111009696. Jika berhasil, anda akan mendapatkan balasan mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan yang sudah anda bayarkan semenjak menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan.
  4. Melalui Aplikasi BPJSTKU

    Karena sekarang eranya internet, maka cek saldo BPJS Ketenagakerjaan pun bisa dilakukan secara online, yaitu menggunakan aplikasi di smartphone. BPJSTKU merupakan aplikasi resmi terbaru dari BPJS Ketenagakerjaan sebagai pengganti aplikasi BPJS Ketenagakerjaan Mobile atau disingkat BPJSTK Mobile.
    Tampilan login BPJSTKU. Silakan Buat Akun jika belum memiliki akun.
    Langsung LOGIN dengan akun yang anda miliki jika sudah punya akun / Gambar via Google Play BPJSTKU
    Beberapa fitur BPJSTKU adalah : pendaftaran menggunakan data kependudukan, cek saldo jaminan hari tua secara online cepat dan akurat, simulasi perhitungan jaminan hari tua, informasi program, informasi kantor cabang, informasi pusat layanan dan sosial media, serta pengaduan.

    Bagi pengguna smartphone berbasis android, anda bisa mendapatkan secara gratis aplikasi resmi bpjs tersebut di sini
  5. Melalui Website BPJS Ketenagakerjaan

    Cara terakhir untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan adalah melalui website BPJS Ketenagakerjaan. Di bagian depan webnya ada 3 pilihan menu utama, yaitu bagi tenaga kerja, perusahaan dan mitra.
    3 menut utama website BPJS Ketenagakerjaan / gambar via es.bpjsketenagakerjaan.go.id
    Bagi tenaga kerja, silakan klik di sini untuk cek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Melalui layanan web BPJS Ketenagakerjaan tersebut atau istilahnya eservice, anda bisa mengetahui informasi seputar BPJS Ketenagakerjaan, Cek Saldo JHT serta Proses klaim JHT.

    Seperti biasa, bagi anda yang sudah memiliki akun bisa langsung login dan yang belum memiliki akun harus registrasi dulu. Beberapa hal yang harus diisi ketika registrasi adalah Nomor KPJ (Kartu Peserta Jamsostek) / BPJSTK aktif, nama, tanggal lahir, no e-ktp, nama ibu kandung, nomor Hp dan email.
Demikianlah cara lengkap untuk mengecek saldo BPJS Ketenagakerjaan. Jika anda ingin cek saldo sambil jalan-jalan keluar, anda bisa cek saldo via ATM BNI atau datang langsung ke kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

Namun jika anda ingin mengecek saldo di rumah atau lebih simpel, anda bisa melakukannya via aplikasi di smartphone, via website atau melalui sms. Semoga bermanfaat.

Tag : News
0 Komentar untuk "Cek Saldo BPJS Ketenagakerjaan Anda Dengan 5 Cara Mudah Ini"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close