Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Sentra Kerajinan Bambu di Brajan Sendangagung, Minggir Sleman, Yogjakarta

Sleman yang menjadi salah satu bagian dari wilayah propinsi Yogyakarta ini termasuk salah satu kabupaten yang cukup berkembang. Hal ini dapat dilihat dari beberapa industri rumahan yang sudah mulai dilirik oleh pasar internasional. Salah satunya adalah industri rumahan kerajinan bambu. Industri ini memang menjanjikan, seperti yang terjadi di Tangerang, Banten.

Karena prospek dan keuntungannya yang sangat bagus, sentra kerajinan bambu di Sleman ini mendapat perhatian dari berbagai kalangan, salah satunya dari pihak kementerian kehutanan dan perindustrian. Sehingga tak heran jika salah satu pusat industri kerajinan bambu di Sleman ini dijuluki sebagai desa wisata kerajinan bambu.
kerajinan bambu di Brajan / yogyakarta.panduanwisata.id
Desa wisata kerajinan bambu ini terletak di Dusunu Brajan Sendangagung Kecamatan Minggir. Ragam jenis produk kerajinan pun sudah banyak dihasilkan di daerah ini, mulai dari perabot dapur, interior rumah hingga aneka macam suvenir yang memiliki ciri khas dan nilai seni tersendiri.

Selain dipasarkan di dalam negeri, beberapa produk kerajinan bambu ini juga dipasarkan di berbagai belahan dunia seperti Australia, Malaysia, Singapura, Spanyol, Belanda, Belgia dan Jepang. Bahkan ada pembeli dari luar negeri yang sengaja datang langsung ke Brajan untuk belanja kerajinan bambu, terutama kerajinan bambu yang unik dan menarik.

Untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri, para produsen kerajinan bambu harus memperhatikan syarat-syarat kualitas dari produk kerajinan, baik dari segi kandungan kadar air, konsistensi dan keawetan produk.

Macam-macam Produk Kerajinan Bambu di Brajan Sendangagung, Minggir Sleman, Jogja

Beberapa produk yang dihasilkan mulai dari peralatan rumah, suvenir hingga aksesori yang menawarkan karya seni bernilai tinggi. Harganya pun bervariasi, tergantung dari jenis produk, misalnya untuk piring dimulai dari harga Rp. 5rb - Rp. 7rb/pieces, tudung saji dari mulai Rp. 20rb - 30rb/pieces, nampan dari harga Rp. 17rb - 25rb/pieces, tempat air mineral ditawarkan Rp 6rb, tempat buah dari Rp. 20rb - Rp. 30rb dan ceting mulai dari Rp. 5rb - Rp. 15rb.

Sedangkan untuk aksesori rumah tangga seperti lampu gantung Rp. 25rb - Rp. 125rb, lampu dinding Rp. 35rb - Rp. 45rb, lampu duduk dari Rp. 25rb - Rp. 350rb/pieces. Kerai bambu Rp. 40rb per meter, tempat koran Rp. 35rb/pieces, pot bambu ditawarkan dari Rp. 35rb - Rp. 85rb.

Selain itu, ada pula beberapa aksesori seperti dompet dan tas yang ditawarkan dari mulai Rp. 9rb - Rp. 40rb/pieces. Sistem pembayaran biasanya dilakukan dengan cara tunai.

Bahan kerajinan bambu di Brajan Sendangagung

Untuk mendapatkan hasil kerajinan yang bagus dan berkualitas, kebanyakan pengrajin bambu di Sleman ini menggunakan bambu apus, bambu jenis wulung dan juga bambu jenis cendani. Bambu-bambu ini banyak tersedia di Sleman dan sekitarnya. Harga bambu bervariasi dari mulai Rp. 15rb sampai Rp. 20rb per batang.

dikutip dari tabloid peluang usaha edisi 22 th x 11-24 Sept 2015

Back To Top
close