Kumpulan Ide Bisnis Kreatif

Pusat Kerajinan Bambu di Probolinggo Jawa Timur

Pusat Kerajinan Bambu di Probolinggo Jawa Timur - Seakan tak ingin kalah dengan daerah-daerah lainnya, pelaku UKM Probolinggo juga mengembangkan kerajinan mebel bambu yang memang sangat laris di pasaran. Produk kerajinan bambu yang dibuat di Probolinggo adalah kursi, meja, tempat tidur, patung, hingga pajangan berbentuk bebek dan kuda, serta gazebo. 

Setidaknya ada sekitar 10 orang pengrajin mebel bambu di Probolinggo yang tersebar di beberapa kecamatan seperti Dringu, Krejengan, dan Kecamatan Pajarakan. Produk mebel bambu ini dipasarkan tidak hanya di Probolinggo saja, namun telah merambah ke berbagai wilayah, seperti Jakarta, Gresik, Surabaya, Banyuwangi, Pasuruan, Malang dan Bali
Hasil kerajinan bambu Probolinggo, Kentungan bebek, Pusat Kerajinan Bambu di Probolinggo Jawa Timur
Hasil kerajinan bambu Probolinggo - Kentungan bebek  /
Tabloid Peluang usaha
Pusat Kerajinan Bambu di Probolinggo Jawa Timur, Hasil kerajinan bambu Probolinggo, patung kuda
Hasil kerajinan bambu Probolinggo - patung kuda  /
Tabloid Peluang usaha
gabungan patung kuda dan kentungan bebek, kerajinan bambu Probolinggo Jawa Timur
kerajinan kentungan bebek dan patung kuda /
Tabloid Peluang usaha

Cara pemasaran kerajinan bambu Probolinggo

Sistem pemasaran kerajinan bambu di Probolinggo ini cukup sederhana, hanya dengan mengikuti beberapa pameran yang berada di Jakarta, Surabaya dan Malang dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Probolinggo sebagai fasilitatornya.

Harga produk kerajinan bambu Probolinggo

Untuk pajangan ataupun kentungan bebek dijual seharga  Rp. 50rb per pcs, patung kuda Rp 80rb - Rp 100rb per pcs, kursi standar Rp 150rb per pcs, dan yang paling mahal adalah 1 set gazebo yang harganya mencapai Rp 15 juta.

Bahan baku produksi kerajinan bambu Probolinggo

Bahan baku untuk membuat kerajinan bambu di Probolinggo pun cukup melimpah. Bahan baku ini diperoleh dari beberapa wilayah di Probolinggo seperti di Kecamatan Dringu dan Krejengan.

Cara pemesanan kerajinan bambu Probolinggo

Bagi pembeli yang ingin memesan produk mebel bambu ini, diharuskan membayarkan DP terlebih dulu sebesar 50% dan harus dilunasi saat produk selesai dibuat. Untuk produk yang akan dikirim ke luar kota, biasanya dibuat knockdown atau yang lebih dikenal dengan bongkar pasang, sehingga memudahkan proses pengiriman. Biasanya juga ditambahkan biaya ekstra untuk pengiriman luar kota sebesar 15%.

Demikianlah artikel tentang sentra kerajinan bambu di Kabupaten Probolinggo. Semoga bisa menambah inspirasi usaha anda. (Peluang usaha edisi 22 Th X 11-24 September 2015)
Back To Top