Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Pusat Kerajinan Bambu Mandiraja Banjarnegara Jateng

Tidak dipungkiri jika kerajinan bambu di Banjarnegara sampai saat ini masih tetap menjadi tren bisnis yang cukup menggiurkan. Ketersediaan bahan baku yang melimpah serta peluang pasar yang cukup luas menjadikan bisnis kerajinan bambu di Banjarnegara ini tidak pernah surut. 

Bentuknya yang unik dan bernilai seni tinggi, membuat kerajinan bambu ini tak hanya disukai konsumen lokal, tapi juga mancanegara, mulai dari Belanda, Mexico, dan Brazil. Meski hanya mengandalkan pemasaran secara online dan pameran, para pelaku usaha terus merasa kewalahan dalam mencukupi kebutuhan pasar.
alamat kerajinan bambu banjarnegara, sentra kerajinan bambu di jawa tengah, kerajinan bambu mandiraja
kerajinan bambu Mandiraja, Banjarnegara, Jawa Tengah / budparbanjarnegara.com

Produk kerajinan bambu Mandiraja

Produk kerajinan bambu di Banjarnegara ini sangat beragam bentuknya, mulai dari peralatan rumah tangga hingga aksesori rumah yang menawarkan karya seni bernilai tinggi nan unik. Harganya pun bervariasi tergantung dari jenis produk.

Misalnya tudung saji ditawarkan mulai harga Rp. 15rb-Rp 25rb/pieces, nampan dari harga Rp. 14rb-20rb/pieces, piring lidi harga Rp. 5rb, tempat air mineral Rp. 6rb dan ceting mulai dari Rp. 5rb-15rb.

Alamat sentra kerajinan bambu Mandiraja

  1. Rumah Seni Bambu Craft. Jl. Raya Bantar - Mandiraja km 03 Pertigaan Bantar Desa Kertayasa RT 06 RW 02 Kecamatan Mandiraja Banjarnegara. Phone : 085227775900
  2. Darpi Waniti. Desa Samawangi RT 01 RW 02 Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara
  3. KT Class. Desa Samawangi RT 01 RW 02 Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara
  4. Pengrajin bambu. Jl. Raya Bantar - Mandiraja km 03 Pertigaan Bantar Desa Kertayasa RT 06 RW 02 Kecamatan Mandiraja Banjarnegara.
  5. UD. Mekar Jaya

Bahan baku bambu Mandiraja

Untuk mendapatkan hasil kerajinan maksimal, kebanyakan dari pengrajin ini menggunakan bahan baku bambu pilihan. Jenis bambu yang digunakan biasanya dari jenis petung, wulung, dan juga bambu apus yang memiliki usia cukup tua.

Bambu-bambu ini banyak tersedia di daerah Banjarnegara dan sekitarnya. Inovasi dan kreasi produk juga terus dikembangkan dengan melihat berbagai macam tren yang sedang ramai di kalangan masyarakat.

Seperti saat ini, model karya seni berupa aksesori rumah dengan kerajinan bambu masih banyak diburu oleh kebanyakan orang. Aksesori rumah ini bentuknya bermacam-macam, ada lampu hias, jembatan bambu, pagar bambu, meja kursi bambu, dan lain-lain. (Dikutip dari Peluang Usaha Edisi 22 Th X 11-24 September 2015)

Back To Top
close