Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Tips Pintar dalam Menghadapi Kecurangan dari Pengepul

Menjual barang ke luar daerah memang begitu rumit dengan harga pasaran yang ada di daerah tersebut. Pembeli tentu mengharapkan bisa mendapatkan harga serendah mungkin dari penjual. Untuk bisa menekan harga, banyak strategi yang bisa dijalankan. Salah satunya dengan menggiring penjual ke informasi yang pembeli berikan.

Dalam negosiasi atau tawar menawar, ada banyak teknik yang digunakan untuk menekan penjual. Salah satunya adalah memberikan informasi yang tidak benar. Oleh karena itu, Anda sebagai produsen harus lebih pintar dari supplier dengan cara Anda harus mengecek kebenaran informasi dari penjual. 

tawar menawar / kompasiana.com
Ini berarti harga yang terjadi di pasar biasanya hampir sama dengan yang dipublikasikan. Anda dapat mengecek informasi melalui internet, surat kabar bisnis, pemberitaan siaran radio yang membahas tentang niaga, atau bertanya langsung dengan orang yang berkecimpung di bisnis tersebut.

Informasi tentang benar tidaknya harga sedang turun atau benar tidaknya pasokan sedang melimpah juga bisa diketahui dari Dinas yang terkait.

Cara termudah dan termurah tentu saja menggunakan internet dengan memakai mesin pencari internet seperti www.google.com. Cobalah Anda ketikan kata-kata kunci seperti “harga ikan laut” di Google atau lebih spesifik lagi misal “harga ikan laut di Jawa”.

Anda akan mendapatkan berbagai informasi tentang harga dan pasokan ikan laut. Kemudian sampaikan kepada pembeli bahwa Anda mempunyai informasi secara akurat sehingga pembeli tidak bisa memainkan harga seenaknya.

Cara kedua adalah melakukan negosiasi dengan pembeli. Anda perlu memperkuat posisi tawar Anda dengan menunjukkan kualitas barang yang bagus dan pasokan yang selalu lancar. Tujuannya supaya pembeli lebih bergantung kepada Anda sehingga takut Anda memutuskan tidak memasok lagi.

Kalau bisa, lakukan kontrak harga di depan berupa perjanjian. Dengan adanya kontrak maka harga Anda sussah dipermainkan

Terakhir yang perlu juga Anda lakukan adalah memperluas pasar. Anda perlu mencari pengepul baru, jadi Anda tidak bergantung pada pengepul atau pembeli saat ini. Kalau kita mempunyai pembeli banyak, maka harga tawar lebih kuat. Kalau satu pembeli menekan harga, Anda bisa menawarkan ke pembeli lain. Selamat mencoba . ..

Back To Top
close