Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Sentra Kerajinan Bambu Tangerang Banten

Pada zaman pemerintahan Hindia Belanda, daerah Tangerang memang sudah dikenal sebagai salah satu pusat kerajinan bambu yang cukup mendunia. Berbagai produk dari bahan bambu pun sudah diekspor ke Amerika dan Eropa (terutama Perancis) melalui pelabuhan Tanjung Priok.

Karena potensi pasar yang terbilang bagus, sentra kerajinan bambu ini terus mengalami perkembangan. Bahkan hingga kini kerajinan bambu di Tangerang sudah menyebar hingga di 6 kecamatan, yakni kecamatan Cikupa, Cisoka, Tigaraksa, Balaraja, Panongan, dan Legok. Dari 6 kecamatan ini setidaknya ada sekitar 2000 lebih pengrajin yang masih aktif membuat produk-produk berbahan bambu.
topi bambu Tangerang / jualtopibambu.blogspot.co.id
Dari sekian banyak produk kerajinan bambu yang dihasilkan di Tangerang, topi bambu menjadi produk yang paling dicari konsumen. Karena desain dan kualitasnya yang sangat baik, topi bambu ini pun sudah merajai pasar hingga ke seluruh nusantara, bahkan produk dari topi bambu sudah diekspor hingga mancanegara.

Macam topi bambunya memiliki kekhasan dan keunikan tersendiri seperti topi wisata, topi coboy, topi country, topi pantai dan laken, serta topi petani. Harganya pun bervariasi, misalnya topi pramuka dijual antara Rp. 70 ribu sampai Rp. 90 ribu per kodi, lalu topi wisata dijual antara Rp. 100 ribu-Rp. 300 ribu per kodi, serta topi petani dijual dengan harga Rp. 30 ribu sampai Rp. 60 ribu per kodi.

Selain topi bambu, ada juga beberapa produk kerajinan bambu lainnya seperti pengki yang dijual Rp. 60 ribu per kodi, tudung saji dijual antara Rp. 15 ribu-Rp. 40 ribu per pieces, tampah dijual antara Rp. 10 ribu sampai Rp. 16 ribu per pieces, bakul dijual Rp. 25 ribu per pieces, asepan Rp. 5 ribu per pieces, tutup asepan Rp. 5 ribu, ayakan Rp. 8 ribu, boboko Rp. 10 ribu, sapu Rp. 5 ribu per pieces dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pemasaran

Sistem pemasaran para pelaku usaha di sentra kerajinan bambu daerah Tangerang ini kebanyakan menggunakan sistem sales yang berkeliling ke berbagai pasar-pasar di seluruh Nusantara. Untuk sales ini kebanyakan masih berasal dari daerah sekitar wilayah Tangerang. Selain menggunakan sales, ada juga dari beberapa pengrajin yang menggunakan teknik pemasaran online.

Pembayaran

Untuk pembayaran, pembeli yang berada di luar Tangerang biasanya dengan sistem DP 50% dan sisanya dilunasi setelah barang siap dikirim. Ongkos kirim pun dibebankan kepada pelanggan. Jika pembelian dalam jumlah besar, maka akan diberikan potongan harga atau diskon antara 10-20%, dan bisa juga berdasarkan negosiasi dengan pelanggan.

Lokasi sentra kerajinan bambu Tangerang Banten

  1. Dani. Kios pasar Legok lantai bawah Legok Tangerang Banten. Telepon : 085946698834
  2. Wahab. Kios pasar Legok lantai bawah Legok Tangerang Banten. Telepon :085920051854
  3. Ukay. Kios pasar Legok lantai bawah Legok Tangerang Banten. Telepon :085694525742
  4.  Topi Bambu Gallery. Jl. Raya Serang KM 15 RT 01/01 No. 170 Desa Cikupa Kec. Cikupa Kab. Tangerang - Banten. Telepon : 081385137473
  5. Bambu Art. Jl. Raya Serang KM 15 Desa Cikupa Kec. Cikupa Kab. Tangerang - Banten. Telepon : 081311327533
Itulah salah satu sentra kerajinan bambu di Indonesia, tepatnya di Tangerang Banten. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. (Dikutip dari Peluang Usaha Edisi 22 Th X 11-24 September 2015)

Back To Top
close