Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Perlengkapan dan Peralatan untuk Memulai Usaha Kreasi Quilting dan Patch Work

Sebagai pemula yang ingin belajar seni kreasi kerajinan quilting dengan berbagai tekniknya, kita perlu mempersiapkan berbagai alat dan perlengkapan yang dibutuhkan. Kita bisa mendapatkan alat-alat tersebut di toko-toko mesin jahit di kota-kota besar Indonesia seperti Jakarta, Surabaya, Bandung, atau bisa juga memperolehnya secara online. Yang terpenting, kita harus tahu dulu nama alat-alat serta kegunaannya.

Perlengkapan quilting

  1. Rotary Cutter

    Benda ini sangat tajam dan dapat memotong hingga 6 lapisan kain katun. Benda ini harap dijauhkan dari anak-anak karena pisau pemotongnya sangat tajam sekali. Biasakan setelah memakai selalu dikunci.
    rotary cutter / quiltcut.com
  2. Rotary Mat

    Alas untuk dipakai saat kita memakai rotary cutter dan tidak akan rusak karena memang disebut sebagai 'self healing mat'. Terbuat dengan berbagai berukuran dan merk serta sudah ada grid untuk akurasi pemotongan. Sebaiknya membeli yang ukuran medium 22x12 inchi merk Olfa atau Omnigrid
    rotary mat / fabric.com
  3. Rotary Ruler

    Penggaris dengan grid di bagian bahwanya lebih baik karena tidak mudah bergeser ketika digunakan pada pemotongan kain. Penggaris bentuk bujur sangkat (square makers) memudahkan saat memotong kain berbentuk bujur sangkar.
    rotary ruler / quiltersreview.com
    Ukurang yang umum adalah 6 x 24". Sebenarnya ada beberapa macam penggaris lagi seperti setengah lingkaran, segitiga dan bentuk lainnya. Biasanya penggaris-penggaris terdiri dari beberapa ukurang yang berbeda.
  4. Mesin Jahit

    Bisa dipakai mesin jahit apa saja, asal bisa dipakai untuk menjahit lurus, bahkan mesin jahit singer yang yang model lawas sekalipun. Bisa menggunakan mesin standar, hanya dengan 18 jenis tusuk sate yang berbeda-beda dan tidak pakai komputer.
    mesin jahit singer / singersewinginfo.co.uk
  5. Benang Jahit

    Pilih benang dengan berat 50-60, 100% katun.

    benang jahit / technicaltextile.net
  6. Jarum Mesin Jahit

    Untuk menyatukan potongan kain, gunakan jarum mesin ukuran 70/10 atau 80/12. Ukuran tersebut yang biasa dipakai di Eropa dan Amerika. Angka besar adalah ukuran yang dipakai di Eropa, angka kecil ukuran di USA.
    jarum mesin jahit / sewalot.com
    Untuk sepatu mesin jahit, gunakan 1/4" foot karena biasanya ukuran sambungan adalah 1/4" sehingga ukuran sambungan jahitan kita sama besarnya.
  7. Jarum Pentul

    Jarum pentul dengan ukuran lebih kecil (silk pins) seperti flower pins lebih bagus dibandingkan yang ukurannya besar.
    jarum pentul / suggestkeyword.com
  8. Setrika

    Untuk menekan / menindas hasil jahitan kita, diperlukan setrika. Dilakukan setiap kali kita selesai menjahit / menyambung.
    setrika / royal-ironing.co.uk
Itulah beberapa perlengkapan yang diperlukan dalam usaha qulting dan patch work. Semoga bermanfaat :)

Back To Top
close