Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Pria Indonesia ini Sukses Jualan Sate di Amerika Dengan Modal Rp. 1 Juta

Memiliki bisnis kuliner merupakan cita-cita sebagian besar orang, termasuk Martin Setiantoko. Adalah seorang Indonesia yang memutuskan untuk hijrah ke Amerika demi mewujudkan mimpinya di bisnis kuliner, yaitu memiliki restoran sendiri. Namun, jangan dibayangkan Martin membawa banyak modal untuk mewujudkan cita-citanya itu. Di Amerika, ia tinggal di New York dengan uang saku yang hanya tinggal Rp. 1 juta.

Untuk bertahan hidup dan mewujudkan mimpinya, pria 24 tahun itu harus rela bekerja sebagai tukang cucui piring di sebuah restoran. Pekerjaan itu dijalaninya selama 5 tahun.
Sate Truck Martin Setiantoko / © Satetruck
Setelah dirasa uang tabungannya mencukupi, lulusan sebuah sekolah kuliner di Malang, Jatim ini pun membuka restoran sendiri di Virginia. Namun, selama 6 bulan pertama, restorannya tak mendapatkan keuntungan yang berarti. Usaha pertamanya itu bangkrut. Dan karena terlalu diforsir untuk bekerja, Martin pun jatuh sakit.

Kebangkitan Usaha

Martin mulai merasakan keuntungan ketika restorannya sudah berjalan 3 tahun. Dari keuntungan tersebut, dia mulai mengembangkan bisnis kulinernya. Bukannya membuka restoran baru, Martin justru membeli 2 buah truk dan memodifikasinya menjadi food truck. Food truck Martin banyak mangkal di Washington. Keputusannya membeli dan memodif food truck itu membuahkan hasil. Karena kebanyakan pembeli malah berasal dari food truck.

Berbeda dengan food truck yang biasa beredar, dimana kebanyakan makanan yang dijual adalah burger, hot dog, pizza, dan berbagai makanan khas Amerika lainnya, Martin justru menawarkan kuliner khas Indonesia seperti sate, kari ayam, mie ayam, hingga rendang. Food truck Martin ini diberi nama Sate Truck.

Semua menu kuliner Indonesia dalam Sate Truck Martin itu dibanderol dengan harga USD 9 atau Rp 117.000 (jika 1 USD = Rp 13.000). Sedangkan rendang lebih mahal 1 dollar, yakni $10 atau Rp 130.000

Usaha kuliner Martin Setiantoko kini telah berkembang pesat. Saat ini dia memiliki 1 restoran dan 2 food truck yang berada di lokasi berbeda. Baca : Usaha kuliner yang cocok untuk pemula

Tag : Kisah Sukses
Back To Top
close