Kumpulan Ide Bisnis Kreatif

Inilah Cara Membuat Rambut Palsu

Sebelumnya telah dijelaskan pada postingan terdahulu mengenai prospek bisnis produk imitasi kecantikan, bahwa bahan baku rambut palsu ada 2, yaitu dari rambut asli dan bahan sintetis. Kebanyakan para UKM kita memakai bahan rambut asli yang diperoleh di salon-salon kecantikan. Kenapa memakai bahan rambut asli? Karena fakto kenyamanannya saat dipakai nanti. Berikut ini adalah cara membuat rambut palsu yang sering dilakukan oleh UKM.

Sebelumnya, bahan baku rambut tersebut diseleksi dulu dengan memisahkan tiap ukuran panjang pendeknya, ukuran panjang standarnya 80 cm, dan yang pendek minimal 20 cm.

Peralatan Untuk Membuat Rambut Palsu :
  1. Pita kapas
  2. Sisir paku
  3. Sisir rambut plastik
  4. Jaring / net kapas
  5. Jaring microfilament
  6. Jarum ventilating
  7. Gunting
Proses Pembuatan Rambut Palsu :
  1. Lakukan pemilihan rambut yang akan digunakan. Sesuaikan warna, jika tidak sesuai maka perlu dilakukan pewarnaan kembali.
  2. Penyasakan (penghalusan rambut) dengan menggunakan alat penyasak yang terbuat dari seng, kayu dan paku khusus.
  3. Proses menjahit rambut dan pengeleman dengan menggunakan mesin jahit biasa dan mesin jahit khusus (samsing).
  4. Bentuk model rambut (pengopenan). Yaitu dengan membasahi rambut yang telah dijahit lalu dibungkus dengan pipa aluminium sesuai ukuran dan dimasukkan ke oven khusus dengan waktu tertentu.
  5. Menjahit manual sesuai dengan bentuk kepala. Harus manual karena kerumitannya dengan menggunakan alat bantu tiruan kepala manusia.
Demikianlah proses pembuatan rambut palsu dengan bahan alami. Baca Juga : Cara membuat kuku hias palsu.
Back To Top