Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Jenis Perlengkapan Komunitas Lari yang Dibutuhkan

Sebagaimana terpapar di postingan kemarin, kegiatan lari saat ini sudah menjadi salah satu life style masyarakat, baik di kota maupun daerah. Bahkan ada sebagian komunitas yang sudah menjadwalkan kegiatan lari secara rutin. Meningkatnya peminat olahraga lari ini mempengaruhi berbagai aspek, salah satunya di bidang usaha penyedia perlengkapan olahraga lari. Apa saja perlengkapan lari yang ramai dibisniskan? Simak di bawah ini.

Perlengkapan merupakan hal yang penting dalam olahraga lari, karena performa lari juga dipengaruhi oleh perlengkapan yang dipakai, terutama sepatu dan pakaian.
ilustrasi lari. source : www.dunialari.com

Macam-macam Perlengkapan Lari :

  1. Sepatu. Merupakan perlengkapan lari yang paling berpengaruh terhadap kenyamanan saat melakukan aktivitas lari. (Baca juga : Hal-hal Yang Perlu Diperhatikan Dalam Memilih Sepatu Lari)
  2. Pakaian lari. Pakaian lari sebenarnya memiliki efek mengurangi performa lari, mulai dari beratnya, hingga gesekan udara yang dihasilkan. Maka, pemilihan pakaian juga harus dilakukan secara serius. Terdapat beberapa kriteria untuk memilih pakaian yang sesuai agar nyaman digunakan saat lari.

    Pertama, kemampuan ventilasi pakaian. Pakaian harus mudah meneruskan udara ke dalam tubuh, tidak membuat pelari terlalu panas hingga keringat berlebihan, namun juga tidak terlalu dingin yang membuat metabolisme menjadi kurang maksimal. Kedua, pakaian sebaiknya mudah kering agar keringat cepat menguap dan tidak mengganggu tubuh, Ketiga, tidak terlalu berat, agar berat keseluruhan tubuh berkurang..

    Pakaian lari yang cocok untuk iklim di Indonesia adalah pakaian lari berbentuk vest, yaitu baju tanpa lengan yang memudahkan aliran udara. Walau terasa dingin, saat lari suhu tubuh akan meningkat luar baisa, sehingga perlu adanya ventilasi yang cukup pada pakaian, untuk membuang suhu tubuh dengan cepat. Bahan pakaian yang cocok untuk hal itu adalah poliester.
  3. Aksesori. Kacamata merupakan aksesori yang paling umum dijumpai dalam berbagai olahraga. Kacamata berfungsi untuk menghalau debu ke mata dan melindungi mata dari sinar UV. Namun kembali pada piliah pribadi untuk menggunakan kacamata, karena tidak terlalu vital. Kenali tempat lingkungan berlari dan tentukan pilihan yang tepat.

    Aksesori lain adalah topi yang berguna saat berlari ketika cuaca terik. Selain membuat mata teduh, dengan memakai topi, kita dapat mencegah kanker rambut. Namun perlu dipertimbangkan juga, karena topi membuat kepala panas dan berkeringat lebih banyak. Sehingga topi juga harus memiliki sistem ventilasi yang baik.

    Satu lagi aksesori lain yang populer adalah mp3 player. Bagi sebagian orang, MP3 player membantu terutama dalam hal motivasi dan semangat. Pada kegiatan berlari, juga terdapat aksesori lain untuk meletakkan modul player, biasanya berupa tas pinggang kecil atau kantong yang diikat di lengan. Penggunaan MP3 player ini juga tak wajib, tergantung pada pribadi masing-masing pelari.

Back To Top
close