Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Peluang Usaha Perlengkapan Olahraga Lari

Olahraga lari tengah menjadi bagian lifestyle di kalangan masyarakat. Selain menyehatkan, kegiatan berlari juga bisa dijadikan ajang berkumpul keluarga dan teman. Bahkan dengan meningkatnya peminat olahraga lari, banyak menciptakan komunitas-komunitas lari. Selain itu peralatan olahraga lari tidaklah sebanyak perlengkapan basket, perlengkapan bola, atau perlengkapan untuk olahraga bersepeda yang tentu harganya jauh lebih mahal. Terkadang malah, lari tak perlu alat olahraga apapun, ada juga yang tanpa alas kaki alias nyeker. Peluang inilah yang membuat peluang usaha alat olahraga untuk lari cukup menguntungkan, seperti kaos, celana lari, topi, tas pinggang, sepatu, gantungan nomor lari, dan lainnya. Seperti apa peluang yang bisa diciptakan dari usaha ini?

Olahraga lari dalam beberapa tahun terakhir ini terus menggeliat di kalangan masyarakat. Terlebih di kota-kota besar, seperti Jakarta yang beberapa tahun lalu mencanangkan program "Car Free Day" setipa minggu pagi. Di momen tersebut, banyak masyarakat yang menafaatkann dengan berolahraga. Salah satunya lari kecil atau jogging. Olahraga lari pagi di Car Free Day menjadi favorit, karena selain menyehatkan, bisa dilakukan siapa saja dan tidak membutuhkan biaya.

toko online jual alat-alat perlengkapan olahraga lari
ilustrasi olahraga lari. © www.commons.wikipedia.org

Prospek Usaha Perlengkapan Olahraga Lari

Semakin banyaknya peminat olahraga lari, mampu memberikan keuntungan tersendiri pada beberapa aspek, salah satunya pada industri usaha. Banyak Toko alat-alat olahraga dan perlengkapan lari bermunculan. Rata-rata mereka mampu meraup untung sekitar 40% dengan omset Rp. 30juta perbulannya. 

Persaingan Produk Impor
Kita harus pandai-pandai dalam memilih sepatu lari, seperti halnya memilih alat senam, perlengkapan olahraga lari memiliki persaingan yang sangat kuat dalam penjualan. Persaingan tersebut tidak datang dari para pengusaha lokal, tapi justru datang dari brand-brand luar yang sudah mempunyai nama besar di Indonesia. Sebut saja NIKE dan Adidas yang namanya sudah menggurita di seluruh Indonesia. Sedangkan untuk brand lokal yang memiliki kualitas bagus adalah League. (Baca juga : Cara Mendapatkan Uang Dari Internet)

Persaingan dengan brand-brand besar itulah yang kadang membuat ciut nyali pelaku usaha lokal untuk menjadi produsen perlengkapan olahraga lari. Mereka justru lebih nyaman menjual produk dari brand-brand besar tersebut. Untuk menyiasati hal tersebut, pelaku usaha bisa berinovasi dengan menciptakan produk kebutuhan pelari yang jarang dibuat impor, namun memiliki kualitas terbaik.

Cara lain bisa dengan menyasar konsumen pemula. Pelari baru biasanya jarang yang langsung membeli produk dari brand besar, karena mereka masih dalam tahap mencoba kegiatan tersebut. Dengan menyasar pelari baru, selain dapat memperkenalkan produk lokal, bisa juga menumbuhkan loyalitas konsumen tersebut. Karena bila sudah nyaman dengan produk yang digunakan, pasti kedepannya akan terus loyal.

Inovasi Produk
Agar bisa memikat hati konsumen, pelaku usaha sebaiknya melakukan inovasi-inovasi produk. Misalnya dengan membuat tas pinggang dan tali sepatu anti lepas dengan harga terjangkau, yang merupakan modifikasi dari produk-produk impor cina dan negara lain.

Inovasi juga bisa dilakukan dengan memberi kenyamanan bagi pelari. Jika dilihat selintas, kegiatan lari merupakan kegiatan yang sederhana. Namun sebenarnya kegiatan ini harus ditunjang dengan produk pelengkap yang nyaman. Seperti kaus, celana dan aksesori lainnya. Misal pada kaus dan celana ada baiknya dibuat dari bahan yang mampu menyerap keringat dan ringan saat digunakan berlari.

Tag : Peluang
0 Komentar untuk "Peluang Usaha Perlengkapan Olahraga Lari"

Silakan bertanya dan berdiskusi tentang artikel di atas pada kotak komentar di bawah ini. Dengan senang hati saya akan menanggapinya semaksimal mungkin.

Back To Top
close