Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kendala dan Solusi Menjalankan Usaha Perlengkapan Olahraga Lari

Dalam setiap usaha, pasti terdapat kesulitannya. Namun di setiap kendala dalam bisnis, pastilah ada solusinya, karena itu sebetulnya hanyalah ujian agar usaha kita naik kelas (lebih maju). Pun begitu dalam menjalankan usaha perlengkapan olahraga lari. Banyak kendala yang ditemui dalam masa-masa perintisan usaha, mulai dari masalah dasar mengenasi modal, sumber daya manusia, harga, pengembangan produk sampai tingkat kompetisi. Kalau anda sekarang ini sedang menjalankan bisnis penjualan peralatan untuk olahraga lari, dan kebetulan sedang menemui kendala dalam menjalankannya, saya sudah menyiapkan solusinya di bawah ini.

ilustrasi kendala dan solusi bisnis. Source : www.lunabs.com

Kendala dan Solusi Menjalankan Bisnis Perlengkapan Olahraga Lari :

  1. Sumber daya manusia. Seorang enterpreneur membutuhkan tim kerja dan spesialisasi untuk mengembangkan perusahaannya. Untuk itu, seorang enterpreneur harus terus berinvestasi pada manusia untuk membesarkan usahanya.

  2. Pengembangan Produk. Banyak pebisnis pemula salah dalam menentukan bisnis yang akan diterjuni. Kebanyakan kegagalan pengusaha adalah membuat produk yang tidak dibutuhkan masyarakat. Saran yang dapat dijalani adalah agar membuat "demand driven", yaitu produk-produk yang dibutuhkan masyarakat.

  3. Memetakan kompetisi. Disarankan agar setiap calon pengusaha untuk melakukan riset atau analisi SWOT (Kekuatan, kelemahan, peluang, dan ancaman) dan terus mengawasi para pesaing. Penyusunan rencana sangat penting bila kompetisi terus terjadi.

  4. Permintaan. Pelanggan adalah raja. Untuk itu, seorang enterpreneur harus bisa menentukan prioritas konsumen terhadap produk yang dijualnya. Penentuan segmentasi ini untuk mengetahui karakteristik pelanggan.

  5. Pricing. Penentuan harga merupakan hal yang paling sulit ditentukan oleh seorang yang baru terjun dalam dunia bisnis. Harga yang telah ditentukan harus dapat berubah menyesuaikan situasi perekonomian, atau berinovasi dengan menciptakan produk baru yang terjangkau.

  6. Siklus penjualan. Seorang pengusaha pemula harus memperhatikan siklus penjualan produknya, apakah tahan lama atau tidak. Enterpreneur juga harus memperhatikan lamanya suatu produk di pasaran dengan terus berinovasi mengeluarkan produk-produk baru.

  7. Perencanaan modal. Seorang yang berjiwa enterpreneur selalu membuat perencanaan modal dan target. Dengan perencanaan modal yang kuat, para pengusaha terus memutarkan modalnya untuk mengembangkan usaha. (Baca juga : Jenis perlengkapan olahraga lari)

  8. Eksekusi. Eksekusi suatu produk merupakan hal tersulit. Seorang wirausaha harus taat pada jadwal yang telah ditentukan. Selain itu, produk yang akan dieksekusi sudah terbukti dibutuhkan dan orang yang menjadi sasaran produknya dapat menggunakannya.
Demikianlah beberapa kendala dan solusi dalam menjalankan bisnis perlengkapan atau peralatan olahraga lari. Mungkin anda mempunyai pengalaman lain di bisnis ini? Silakan share di kotak komentar kalau berkenan :)

Back To Top
close