Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kiat Sukses Usaha Ice Cappuccino

Ice Cappuccino termasuk salah satu minuman favorit saat ini, apalagi jika diminum saat cuaca agak panas. Terlebih di bulan ramadhan ini, berbuka dengan ice cappuccino tentunya akan menambah kesegaran dan nikmat ketika buka puasa.

Usaha ice cappuccino beragam jenis dan merknya. Usaha ini berkembang pesat di berbagai tempat, seperti depan gerbang sekolah, depan alfamart atau indomaret, dan di tempat-tempat strategis lainnya. Pesatnya perkembangan usaha ini disebabkan karena jenis usahanya yang simpel.

Dalam artian tidak membutuhkan modal banyak, tidak butuh tempat yang luas, serta pengelolaan yang lebih mudah. Mungkin anda adalah salah satu pemilik usaha cappucino, untuk itu mari kita bahas cara mengembangkan usaha ice cappuccino.

Cara mengembangkan usaha ice cappuccino :

  1. Pastikan dulu bahwa kualitas ice cappuccino anda minimal sesuai standar selera konsumen. Standar di sini adalah syarat minimal bisa diterima pelanggan, seperti rasa cappuccino yang cukup mantap, cukup dingin dan tentu saja disajikan dalam proses yang segar, bersih dan higienis. Untuk mengujinya sangat mudah. Amati setiap pelanggan yang selesai minum dan meninggalkan gelasnya, apakah gelasnya masih terisi minuman atau habis sama sekali. Kalau habis tak tersisa, berarti minuman anda cukup nikmat. Juga amati apakah pelanggan anda ada yang datang berulang kali. Kalau iya, maka kualitas ice cappuccino anda cukup terpenuhi, sehingga perlu dipertahankan dan ditingkatkan lagi kualitasnya jika memungkinkan.

    paket murah usaha ice cappuccino jakarta
    usaha ice cappuccino. source : www.cefycappucino.co.id
  2. Lakukan iklan di sekitar konter. Promosi dilakukan di area sekitar dulu. Pasang spanduk atau papan atau standing banner yang eye catching (mampu mencuri perhatian). Gunakan kata-kata yang memacu keingintahuan orang untuk mencobanya. Ingat, dalam bisnis harus ada sesuatu yang beda yang mendorong orang ingin mencoba. Kalau lokasi anda memungkinkan di keramaian, maka bisa pasang televisi untuk nonton bareng sepak bola misalnya, sambil menjual cappuccino. (Baca juga : Kiat sukses menjalankan usaha jasa perawatan bangunan)
  3. Lakukan promosi penjualan yang menggoda orang untuk membeli lebih banyak. Misal beli 2 gelas dapat 1 gelas ekstra. Atau bisa juga dari segi sisi atau ukuran. Misalnya kemasan isi 5 tegukan harga Rp. 10rb, kemasan isi 10 tegukan harga Rp. 15rb atau yang lainnya. Untuk harga, sesuaikan dengan lokasi konter anda, tentu saja kalau di mall beda dengan harga di sekolah.
  4. Lakukan kerja sama promosi dengan konter atau toko lain. Anda bisa ajak kerja sama dengan toko-toko lain yang ada di sekitar. Ini dilakukan dengan menitipkan voucher ke toko-toko tersebut. Voucher potongan harga atau harga spesial. Misal kerja sama dengan toko fashion. Kalau ada pelanggan belanja di toko tersebut, maka pihak kasir memberikan voucher minum ice cappuccino. Negosiasikan dengan pihak toko mengenai pembayaran atau bagi hasilnya. kalau lokasi konter anda di samping tempat cuci mobil atau motor sangat bagus lagi. Tempat-tempat menunggu sangat ideal membuat orang mampir sembari menunggu.
  5. Lakukan promosi melalui media sosial, misal facebook, twitter, blog, website, instagram path, dan sosial media lainnya.
  6. Sebar voucher diskon ke gedung-gedung perkantoran, tempat dagang atau kos-kosan yang berada pada radius di bawah 2 km dari lokasi ice cappuccino anda.
  7. Kalau ice cappuccino anda sudah cukup laris, lakukan penambahan produk. Misalnya denan roti seperti biskuit, croissant atau sejenisnya untuk menemani orang minum ice cappuccino. Anda juga perlu amati, adakah kebutuhan lain dari pelanggan yang bisa anda penuhi. Kalau rata-rata orang yang minum ingin duduk lama, anda perlu sediakan layanan tambahan seperti wifi gratis. Nah, semakin lama orang berada di konter anda, maka semakin besar peluang anda untuk menawarkan aneka makanan lain yang lebih berat. 
Demikianlah kiat sukses bisnis ice cappuccino. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba :)

Tag : Tips
Back To Top
close