Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Contoh Peluang Usaha Modal Minim Menguntungkan

Peluang bisnis yang menjanjikan tak selalu bermodal besar, terkadang malahan diawali dari rumah, yang sering disebut sebagai bisnis rumahan ibu rumah tangga. Contoh peluang usaha dengan modal kecil (di bawah Rp. 10 juta) bisa sangat bervariasi jenisnya. Salah satunya adalah usaha yang mengandalkan unsur kreatif. Dengan modal minim ditambah ide dan kreativitas, bisa dibuat usaha seperti kaos, tas dengan sablon dengan tulisan atau bergambar ikon-ikon lokal, seperti yang kita lihat di luar negeri dimana banyak turis berburu oleh-oleh khas daerah tersebut.

Indonesia sudah sangat terkenal dengan batik, maka bisa dicari alternatif suvenir baru selain batik yang disukai turis, baik domestik maupun mancanegara. Untuk konsumen yang menyukai patchwork, bisa dibuat tas dengan patchwork Monas misalnya, dengan menggunakan perca batik atau kain yang lain.

contoh patchwork bed cover. Source : www.ekayunita.com
Usaha yang akan dijalankan harus melihat kondisi apa yang belum ada di pasar. Menjadi pioneer awalnya akan sulit, karena kita harus aktif berpromosi sehingga dikenal orang. Namun setelah itu akan lebih mudah karena orang akan berasosiasi dengan produk kita saat follower bermunculan.

Seperti misalnya usaha suvenir khas Jakarta, dengan bentuk agak berbeda seperti magnet kulkas atau miniatur monas dari clay. Bisa juga yang lain seperti bros, kipas, topi bahkan tas. Harus diperhatikan untuk suvenir ini adalah bentuknya jangan terlalu besar, sehingga gampang di bawa oleh turis ketika kembali ke tempatnya.

Trik Meningkatkan Keuntungan Usaha

Supaya kita bisa memperoleh keuntungan maksimal, janganlah segan untuk berpromosi. Media promosi paling murah saat ini adalah melalui sosial media, dan seringkali malah gratis. Perhatikan juga pemilihan bahan baku sehingga diperoleh kualitas bagus namun bisa dijual dengan harga terjangkau, sehingga volume penjualan bisa tinggi.

Supaya tetap bisa eksis, jangan lupa melakukan promosi terus menerus. Sehingga orang tidak lupa dengan produk kita. Desain baru harus selalu ada, paling tidak setiap 6 bulan sekali, dan setiap desain harus langsung dipromosikan, sehingga bisa mengharapkan pembelian ulang dari customer yang sudah pernah membeli sebelumnya. 

Bekerja sama dengan lokasi wisata juga merupakan salah satu cara terbaik untuk tetap eksis, baik dengan sistem konsinyasi maupun menyewa gerai di lokasi wisata atau yang potensial untuk produk tersbut. (Baca juga : Peluang Usaha Perlengkapan Olahraga Lari)

Nah, demikianlah salah satu contoh peluang usaha dengan modal minim. Mungkin anda punya ide bisnis lain dengan modal minim? Silakan share di kotak komentar :)

Tag : Peluang
Back To Top
close