Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Trik Sukses Bisnis di Bidang Fashion

Usaha fashion dengan modal pas-pasan banyak jenisnya, seperti produksi jilbab atau kerudung, karena kerudung perputaran penjualannya cukup cepat dan minimal ada warna-warna basic, seperti coklat, abu-abu, putih, gold. Selain itu bisa membuat sesuatu yang beda, seperti desain kerudung siap pakai, dan diberi aksesori atau bros yang beda dengan produk lain. Jika laku, bisa produksi lebih banyak lagi. Modalnya untuk 2 meter kain bisa jadi dua buah kerudung.

Selain kerudung, juga bisa produksi sepatu, tapi resikonya pada ukuran atau size yang tidak terjual, karena semua size harus lengkap, dari 35 sampai 39 atau 40. Begitupun dengan pakaian, sebaiknya membuat model all size jika modal usaha pas-pasan.
gambar toko fashion. Source : www.eramuslim.com
Lain halnya dengan tas, sebaiknya warna-warna harus ada warna basic yang pasti sudah laku dan bisa diperbanyak dengan warna-warna yang lagi tren seperti warna fancy atau multiwarna, karena jika mengikuti tren, perputaran penualannya juga cepat, sehingga tidak menumpuk stok.

Tren untuk item produk fashion sebenarnya mengacu pada tren internasional yang tergantung pada 4 musim ; semi, panas, gugur, dingin. Misalnya saat musim semi bisa menggunakan warna seperti pastel, saat summer bisa mengeluarkan warna lebih terang, begitupun saat winter bisa menggunakan warna gelap untuk acara ke pesta, disesuaikan dengan kulit orang Indonesia. 

Jika ingin membuat produk fashion, pelaku usaha harus tahu tren produk tersebut, karena jika tidak mengikuti tren, bisa ditolak oleh pasar. (Baca juga : Inilah Cara Mudah Menemukan Usaha yang Cocok Untuk Anda)

Tren ke depan model fashion yang diminati adalah model minimalis. Misalnya cutting atau potongan pola yang biasanya banyak kerut sekarang lebih simpel, tidak terlalu banyak cutting. Banyak pilihan yang ditawarkan, seperti gaya romantic juga masih tren. 

Aksen drapery (lilitan kain yang jatuh menjuntai) agak minimalis juga akan tren. Modal minimalis bisa pula dari aksesori yang tidak bling-bling. Strategi untuk menghasilkan keuntungan lumayan besar dalam usaha fashion ini harus jeli dengan membuat produk terjangkau, dan jangan terlalu mahal.

Tag : Tips
Back To Top
close