Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Peralatan dan Perlengkapan Untuk Usaha Perawatan Bangunan

Ketika memulai usaha jasa perawatan bangunan, sudah pasti kita memerlukan peratalan dan perlengkapan pendukungnya, seperti alat-alat standar yang dipakai untuk memperbaiki jaringan saluran air. Berikut ini kami sajikan beberapa peralatan umum dan khusus dalam prosedur perbaikan saluran air.

Kelengkapan standar yang harus dimiliki dalam usaha jasa perbaikan saniraty bangunan dan perawan bangunan adalah :
  • Tang. Berfungsi untuk mengencangkan atau melonggarkan berbagai jenis fitting pipa serta mengamankannya ke dalam posisi yang tepat sesuai alur yang sudah ada. Fitting adalah elemen pipa dengan bentuk yang bermacam-macam. Misalnya pipa berbentuk siku (elbow), pipa yang bercabang (T), pipa yang berbeda ukuran antara ujungnya (reducer).

  • Obeng plus min. Berfungsi untuk mengencangkan atau mengendurkan baut sehingga lebih memudahkan dalam pembongkaran atau pemasangan.

  • Kunci Pipa. Berfungsi untuk menggenggam dan memegang fitting pipa dan sangat berguna untuk melepaskan pipa dari rekatan sebelumnya. Biasanya kunci pipa ini dipakai pada besi besar dan tebal, dan juga pada pipa baja, karena jika digunakan pada pipa kecil dan rapuh, dapat merusak pipa tersebut.

  • Gergaji Besi. Berfungsi untuk memotong pipa atau pipa besi dalam proses pemasangan atau perbaikan.

  • Kunci Inggris. Berfungsi untuk melepaskan atau memasangkan mur atau baut yang dapat disetel menyempit atau melebar sesuai ukuran mur atau baut tersebut.

  • Lem Pipa. Berfungsi untuk merekatkan antara pipa satu dengan pipa yang lain.

  • Seal Tape. Berfungsi untuk mencegah kebocoran pada sambungan kran dan sambungan pipa yang memiliki ulir.
2. Alat Khusus
Alat-alat khusus yang dipakai oleh pelaku usaha jasa perawatan dan perbaikan bangunan antara lain :
  • Spiral Cable Machine. Alat ini masih jarang digunakan karena jika ingin memiliki alat ini harus impor dari luar negeri seperti merk Crisbow yang berasal dari Singapura atau Ridgit yang berasal dari Jerman dengan harga 2 kali lipat dari merk Singapura. Penggunaan alat ini pun sederhana, yaitu spiral berfungsi sebagai pendeteksi kebocoran yang ditembakkan melalui ujung pipa spiral lalu spiral tersebut akan menelusuri ke jaringan pipa untuk menemukan titik kebocoran. Apabila sudah ditemukan, maka pipa spiral tersebut akan mengeluarkan getaran-getaran suara di balik keramik atau marmer, jadi dapat meminimalisir pembongkaran yang berlebihan.

  • Kompresor Pneumatik. Alat ini merupakan peralatan pendukung dari spiral cable machine karena dalam proses penembakan spiral memerlukan kompresor yang sudah dimodifikasi menjadi kompresor pneumatik yang dapat memberikan tekanan yang kuat kepada spiral sehingga spiral dapat terus bekerja mencari titik kebocoran pada jaringan saluran air di dalam pipa.

  • Mesin Submersible. Merupakan mesin pompa yang berfungsi untuk memindahkan suatu cairan dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan menaikkan tekanan cairan. Penaikan tekanan cairan tersebut.
Demikianlah beberapa peralatan dan perlengkapan yang dibutuhkan dalam melancarkan usaha jasa perawatan bangunan. Semoga bermanfaat :)

Back To Top
close