Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Peluang Usaha Perbaikan dan Perawatan Bangunan

Semakin banyak bangunan mewah dan gedung-gedung perkantoran, semakin menigkat pula kebutuhan dalam hal perawatan bangunan ataupun perbaikan di saat bangunan tersebut menemui permasalahan. Hal inilah yang membuat usaha jasa perawatan dan perbaikan bangunan semakin banyak diminati. Untuk memulai usaha ini diperlukan skill khusus dalam menangani perawatan ataupun perbaikan bangunan. Namun dengan modal yang tidak terlalu banyak, usaha ini mampu meraup omset yang cukup menggiurkan, karena memiliki target pasar kalangan middle up. Seperti apa prospek usaha ini?

Dalam melakukan kegiatan perawatan atapun perbaikan pada bagian-bagian sebuah bangunan, memang tidak bisa dilakukan dengan mudah. Untuk mendapatkan hasil maksimal, seseorang yang melakukan pekerjaan tersebut harus mengetahui seluk beluk dan tahapan penyelesaiannya. Maka dari itu, untuk membuka usaha ini, pelaku usaha pun harus paham betul mengenai kegiatan perbaikan bangunan.

Di awal usaha, pelaku tidak harus berbadan hukum terlebih dulu. Yang terpenting adalah memiliki skill dan membidik target pasar yang tidak terlalu besar, seperti misalnya bangunan perumahan di kawasan elit. 

ilustrasi perbaikan dan perawatan gedung. (sumber gambar : gmtproperty.com)

Bila pelaku usaha belum memiliki skill, bisa merekrut SDM yang sudah memiliki kemampuan mengenai penanganan jasa tersebut. Sebaiknya di awal usaha, kita juga ikut serta dalam penanganan permasalahan bangunan milik klien. Hal ini dilakukan agar kita mengetahui bagaimana peminat dan situasi di lapangan. Sehingga kita bisa belajar untuk mengembangkan usaha ini nantinya.

Usaha layanan jasa perbaikan dan perawatan bangunan ini memang terbilang cukup luas, karena tidak hanya menyangkut perawatan ataupun perbaikan pada bagian interior bangunan, tetapi juga meliputi keseluruhan bangunan, mulai dari sanitary (saluran air) hingga atap bangunan.

Selain jasa perbaikan sanitary, perawatan bangunan yang paling diminati adalah perawatan kamar mandi. Kamar mandi itu adalah hal pertama yang harus diperhatikan di setiap bangunan. Karena meskipun sebuah bangunan dikatan mewah, bila kamar mandinya kurang terawat akan memberikan nilai minus pada bangunan tersebut.

Meskipun usaha ini memiliki prospek bagus serta dapat dijalankan dengan modal yang tidak besar, kita tetap membutuhkan strategi khusus agar bisa menembus pasar yang saat ini semakin ketat. Salah satu yang perlu diperhatikan dalah mengembangkan usaha perbaikan dan perawatan bangunan ini adalah target pasar yang akan dibidik, dimana kebanyakan peminat untuk jasa ini adalah kalangan menengah atas yang memiliki rumah mewah yang luas, apartemen mewah, hingga perkantoran.

Kalangan menengah atas tidak terlalu memperhatikan harga dari jasa yang ditawarkan. Namun, yang diperhatikan adalah apakah layanan sesuai dan memuaskan. Maka dari itu, usahakan untuk memakai bahan baku chemical dan peralatan yang berkualitas, aman serta ramah lingkungan. Jadi jangan menggunakan bahan seadanya, yang nantinya berakhir dengan hasil yang kurang memuaskan.

Tak hanya itu, untuk mempertahankan pelanggan yang loyal, pelaku usaha harus memberikan garansi atas jasa yang diberikan. Selain bisa mempertahankan loyalitas pelanggan, hal ini dilakukan agar konsumen percaya pada usaha jasa yang kita jalankan.

Untuk promosi, anda bisa melakukannya lewat internet, dengan memakai blog bisnis, facebook, twitter, dsb. Sedangkan untuk promosi offline, bisa dilakukan dengan door to door, media cetak, radio, dsb.

Tag : Peluang
Back To Top
close