Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cara Memulai Usaha Laundry Kiloan

Usaha laundry kiloan saat ini mulai banyak dilirik oleh calon-calon pengusaha. Bisnis laundry kiloan dianggap sebagai bisnis yang simpel, bisa dikerjakan sebagai usaha sampingan dan mudah dikerjakan di rumah. Tak heran jika banyak ibu rumah tangga yang memilih laundry kiloan sebagai bisnis rumahan yang menjanjikan, meskipun jenis bisnis rumahan yang lain juga banyak. Bagaimana cara memulai bisnis laundry kiloan? Cukup mudah, meskipun banyak sekali penawaran tentang paket usaha laundry kiloan murah, kalau modal belum cukup, kita tak usah memikirkan untuk membeli franchise atau waralaba laundry kiloan dulu. Kita manfaatkan apa yang kita punya saja dulu. Bahkan ada yang nggak punya mesin laundry dan peralatan laundry lainnya, tapi usaha laundrynya tetap bisa jalan dan berkembang pesat.

Bila anda belum punya modal sama sekali, anda bisa memulai usaha laundry dengan menjadi makelar laundry. Pertama cari dulu tempat laundry yang sangat murah, misal rata-rata 3.000/kg, anda harus mencari yang 2.500/kg, syukur-syukur bisa 2.000/kg. 

Setelah ketemu, adakan kerja sama dengan laundry tersebut. Kalau ada pelanggan ingin melaundrykan pakaiannya kepada anda, anda lemparkan saja orderan tersebut ke laundry tadi. Bagaimana cara mendapatkan pelanggan? Kita bisa buat selebaran, lalu tempelkan ke tempat-tempat strategis, dekat kampus, sekolah, kos-kosan misalnya. Tawarkan nilai lebih, misal antar jemput laundry jika wilayahnya terjangkau.

Nah, itulah sekilas gambaran tentang makelar laundry. Bila modal anda sangat minim atau bahkan tak punya modal, anda bisa coba cara di atas. Asalkan tekun dan sungguh-sungguh, InsyaAllah usaha laundry anda bisa berkembang pesat dengan cara makelar laundry.

Jika anda mempunyai modal yang cukup untuk membangun usaha laundry, silakan bikin sesuai kemampuan modal. Terlebih apabila anda bisa membeli franchise atau waralaba laundry, silakan saja, yang penting harus ideal dalam menghitung untung rugi yang didapat dengan modal yang anda punyai.

Ada bebarapa hal penting penting yang perlu anda persiapkan dalam memulai usaha laundry. Atau dengan kata lain, berikut ini adalah tips memulai usaha laundry kiloan :
  1. Pelaku usaha harus tahu cara mencuci yang baik, mencuci pakaian agar bersih dan mengetahui cara mengeringkan jenis kain dengan baik.

  2. Jika terdapat noda, sebaiknya pelaku usaha mengetahui cara untuk menghilangkannya.

  3. Peralatan seperti mesin cuci dan pengering harus disesuaikan dengan skala usaha. Jika usaha laundry kiloan baru dimulai, sebaiknya cukup beberapa pengadaan mesin cuci dan pengering. Persiapan setrika juga diperlukan untuk membuat pakaian rapi ketika diambil oleh konsumen.

  4. Gaji karyawan harus diperhitungkan di awal usaha. Sebaiknya pelaku usaha sudah memiliki stok gaji karyawan dalam 6 bulan ke depan. Jika bisnis laundry berkembang, maka penambahan karyawan harus dilakukan untuk memberikan pelayanan yang tetap baik bagi konsumen.

  5. Peralatan penunjang seperti meja, kursi, rak pakaian dan keranjang pakaian kotor harus disiapkan semenjak awal.

  6. Biaya operasional selain gaji pegawai, listrik, pewangi, detergen dan air harus diperhitungkan dengan cukup baik.

  7. Bisnis laundry membutuhkan pelanggan yang akan sering memanfaatkan usaha jasa ini, maka dari itu pilih lokasi seperti di daerah pemukiman yang banyak dihuni pekerja dari luar kota atau lokasi sekitar rumah kos dan asrama mahasiswa.

  8. Berikan inovasi, karena konsumen laundry sekarang sangat menyukai pelayanan yang fleksibel atau bervariasi. Setelah melakukan survei terhadap pesaing, coba buat semacam penawaran khusus sebagai daya tarik bisnis laundry.

  9. Jangan ragu-ragu dalam mempromosikan bisnis laundry. Selain dengan brosur, anda juga bisa mempromosikannya dengan cara online, misal dengan facebook, twitter, blog.
Nah, itulah beberapa ulasan artikel tentang usaha laundry. Mungkin anda mempunyai pengalaman lain tentang bisnis laundry yang ingin di share? silakan tulis di kotak komentar. Semoga bermanfaat :)

Tag : Tips
Back To Top
close