Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Untung 77% Dari Budidaya Ikan Betutu

Ikan betutu termasuk salah satu jenis ikan air tawar yang memiliki prestise lebih dibanding ikan air tawar lain. Harga jual yang mahal membuat ikan yang dikenal dengan sebutan ikan malas ini lebih diminati kalangan menengah atas, dan umumnya dijumpai di kalangan resto serta hotel berbintang. (Baca juga : Peluang Usaha Budidaya Ayam Kalkun) Tak heran, kini budidaya ikan betutu mulai banyak peminat. Lalu seperti apa teknik budidaya dan sejauh mana persaingannya?

Jika dulu pamor ikan betutu belum sepopuler lele, mujair, gurami atau jenis ikan tawar lain, kini ikan betutu mulai banyak dilirik untuk dibudidaya. Ikan betutu (Oxyeleotris marmorata) memiliki beberapa sebutan, seperti bakut, bakutut, belosoh, boso, boboso, bodobodo, ikan bodoh, gabus bodoh, ketutuk, ikan malas, ikan hantu. Ikan betutu juga disebut marble goby atau marble sleeper, karena ciri khas pola-pola warna di tubuh ikan yang mirip batu pualam kemerahan.

Ikan betutu umumnya dijumpai di air payau, sungai-sungai yang tak jauh dari muara atau pantai, berarus tenang dan berlumpur, rawa serta danau dengan dasar berlumpur. Ikan dengan ciri berkepala besar ini memiliki panjang tubuh maksimum sekitar 65 cm, namun rata-rata antara 20-40 cm.

Ikan betutu merupakan ikan asli indonesia yang berasal dari pulau kalimantan. Namun ada juga yang berpendapat bahwa ikan betutu asalnya dari Sumatera. Ikan betutu termasuk ikan labirin sehingga dapat menyerap O2 (oksigen) langsung dari udara. Sehingga sangat menguntungkan dalam hal pengiriman ke tempat yang jauh.

Prospek Usaha
Ikan betutu termasuk ikan konsumsi berharga mahal, namun sejauh ini belum banyak pelaku usahanya. Selama ini usaha ikan betutu mengandalkan tangkapan dari alam, sehingga masih terbuka peluang bagi pembudidaya ikan betutu baik pembenihan maupun pembesaran.

Harga ikan betutu cukup mahal hingga Rp. 300rb/kg, karena ikan ini memiliki berbagai macam khasiat dan kandungan gizi yang sangat diminati oleh konsumen dalam maupun luar negeri, terutama kalangan eksekutif.

Tak heran dengan harga yang cukup tinggi, ikan betutu jarang diperjualbelikan di pasar tradisional. Pangsa pasar ikan betutu cukup bergengsi karena dipasok ke restoran-restoran kota besar bahkan menjadi komoditi ekspor.

Di mancanegara seperti Singapura, Taiwan, dan China, ikan betutu menjadi santapan favorit berkelas di restoran-restoran kelas atas dengan harga menu bisa sampai Rp. 400rb per porsi. Di Malaysia, Jepang dan Singapura, kulit ikan betutu diolah menjadi minyak untuk obat bagi pasien selepas operasi.

Khasiat Ikan Betutu
Tingginya harga ikan betutu disebabkan karena cita rasanya yang lezat, dagingnya yang putih dan empuk nyaris tak bertulang. Ikan betutu juga dipercaya mengandung khasiat tertentu bagi pria dan wanita. Bagi kaum wanita, ikan betutu dipercaya dapat membuat awet muda. Sedangkan bagi kaum pria, ikan betutu diyakini dapat meningkatkan vitalitas atau libido serta berlimpah kandungan omega 3. Omega 3 di tubuh berguna untuk mengatasi penyakit pikun, jantung, dan menstabilkan kolesterol.

Di tingkat petani, ikan betutu hargana sekitar Rp. 120rb-200rb per kg. Sedangkan di tingkat konsumen untuk berat 1/2 kg saja harganya sudah Rp. 300rb dalam kondisi siap saji seperti di steam (kukus). Menu masakan yang dibuat dengan betutu misalnya : betutu saus asam manis, sop betutu. Umumnya dibuat steam, karena kandungan nilai gizinya tidak banyak yang rusak.

Kelebihan Ikan Betutu
Selain harganya yang mahal, kelebihan lain ikan betutu adalah mudah dibudidayakan di dalam kolam tanah (tambak), keramba apung, kolam semen, bak fiber, maupun di kolam terpal. Ikan betutu juga bisa dipelihara di akuarium loh, tapi tentu saja jumlahnya terbatas. Untuk budidaya di akuarium bisa diberi pakan cacing rambut.

Dari semua tempat hidup di atas, ikan betutu lebih cenderung suka hidup di kolam tanah, yang penting air kolam harus mengalir dan mengandung sedikit lumpur. Ikan betutu juga bersifat karnivora, sehingga lebih menyukai pakan ikan alami berupa ikan-ikan kecil daripada pakan buatan (pelet). Cara mencari mangsa juga tidak agresif, hanya pasif (malas), menunggu dan memangsa makanan yang lewat di depan mulutnya.

Sentra Budidaya
Sentra budidaya ikan betutu saat ini lebih banyak dijumpai di luar Jawa, terutama di Kalimantan Selatan, Kalimantan Barat, Jambi dan Palembang. Karena sumber benih kebanyakan sumber benih didapat dari daerah tersebut, dengan memanfaatkan benih ikan betutu dari danau atau sungai.

Ikan betutu sebenarnya bisa dibudidayakan di semua daerah dengan kondisi air pH-nya netral dan suhu udara sekitar 27 derajat celcius. Ikan betutu juga tahan serangan hama penyakit, yang terpenting ada aliran air di kolam untuk memperlancar ketersediaan oksigen di air kolam. Jika tidak ada sumber lain, bisa menggunakan pompa air dan filter dipasang di kolam seperti halnya akuarium.

Tag : Peluang
Back To Top
close