Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Tips Sukses Usaha Bengkel Mobil dan Motor

Kalau beberapa hari kemarin saya sering membahas tentang peluang bisnis online ibu rumah tangga yang bisa dikerjakan di rumah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang tips dan kiat-kiat sukses bisnis offline. Bisnis offline yang saya bahas kali ini adalah bengkel. Tips ini bisa dipakai untuk bengkel mobil dan juga bengkel motor.

Tips Sukses Usaha Bengkel Mobil / Motor : 
  1. Ikuti perkembangan teknologi otomotif, sehingga bengkel tetap diminati. Salah satu cara yang dapat ditempu yaitu dengan menjalin relasi pihak perusahaan mobil dan mengikuti seminar-seminar otomotif.

  2. Jalin relasi dengan bengkel lain, baik resmi maupun bengkel umum, sehingga saat mereka tidak bisa menyelesaikan satu pekerjaan, dapat dialihkan ke bengkel kita.

  3. Upayakan memiliki layanan seperti bengkel resmi, kalau perlu, apabila terjadi komplain ulang atau kerusakan ulang, berikan jaminan biaya bebas biaya servis selain biaya spare part. (Baca juga : Cara Mudah Memulai Usaha Laundry Tanpa Modal)
  4. Carilah tempat yang strategis dan luas. Jika bengkel mobil berada di tempat strategis, kemungkinan untuk didatangi oleh pelanggan baru sangat besar. Dan juga harus luas untuk menampung mobil-mobil yang akan diservis.

  5. Persiapkan mekanik yang ahli untuk setiap merk mobil. Dalam hal ini kemungkinan seorang mekanik tidak akan mengerti untuk semua merk.

  6. Hubungan baik dengan pelanggan sudah tentu harus dilakukan agar pelanggan tidak berpindah ke bengkel lain. Kenyamanan bengkel harus dikedepankan, agar pelanggan tetap merasa nyaman ketika menunggu mobilnya direparasi. Kecepatan dalam melayani pelanggan juga harus diperhatikan, tidak hanya cepat, tapi juga memuaskan.

  7. Pelaku usaha dapat mempromosikan bengkel pada perusahaan-perusahaan. Tawarkan kerja sama seperti servis bulanan untuk karyawan yang memiliki mobil atau berikan gratis cuci mobil untuk setiap servis mobil dalam jangka waktu seminggu.
Nah itulah beberapa kiat-kiat dan tips sukses dalam menjalankan bisnis bengkel. Kalau anda punya tips lain tentang usaha bengkel, silakan di share di kotak komentar. Semoga bermanfaat dan tercerahkan :)

Tag : Tips
Back To Top
close