Kumpulan Ide Bisnis Kreatif

Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Tahu

Pemasaran bisnis sangatlah perlu dan harus untuk semua jenis bisnis, tak terkecuali usaha tahu. Jangan melihat tahu sebagai produk usaha industri kecil menengah, jika cara pemasarannya tepat, usaha tahu bisa menjadi peluang bisnis menengah yang sangat menguntungkan. Tahu bisa diolah menjadi macam-macam bisnis kuliner, misalnya : tahu bulat, tahu crispy, tahu jeletot, tahu bakso, tahu petis, tahu gejrot, tahu goreng, tahu isi, tahu kress dan berbagai jenis olahan tahu lainnya. Namun pada artikel usaha ini, saya tidak membahas strategi pemasaran usaha tahu yang sudah diolah, tapi yang akan saya bahas adalah strategi pemasaran usaha pembuatan tahu.


Melihat potensi tahu yang sangat menguntungkan untuk dijadikan peluang bisnis kuliner, membuat banyak orang untuk terjun menggarap kesempatan bisnis ini. Namun jangan khawatir, saya akan berikan beberapa strategi cara memasarkan tahu yang tepat untuk anda.

Strategi Pemasaran Usaha Kuliner Tahu :
  1. Gunakan Bahan Berkualitas & Aman. Supaya usaha pembuatan tahu anda bisa bersaing di pasar, maka anda harus menggunakan bahan-bahan terbaik agar rasa tahu yang dihasilkan juga enak dan bermutu tinggi. Selain itu anda harus memastikan bahwa tahu yang anda produksi tidak mengandung zat-zat berbahaya yang dapat membahayakan konsumen.


  2. Lakukan Pemasaran Edukasi. Anda harus melakukan kegiatan pemasaran produk tahu dengan penekanan bahwa tahu yang anda produksi adalah tahu berkualitas yang aman dikonsumsi. Anda dapat membuat selebaran kecil yang isinya tentang cara memilih tahu yang aman atau tentang cara memilih tahu yang aman atau tentang khasiat tahu bagi kesehatan. Cobalah jelaskan keunggulan tahu anda kepada para customer yang datang ke kios / toko anda. Jika perlu, sediakan kompor dan alat masak agar anda bisa memberikan sampel kepada customer.

    Baca Juga : Tips Memasarkan Usaha Panduan Belajar Komputer
  3. Pengawas Kualitas Produk. Agar customer yang sudah pernah membeli tidak kapok dan mau membeli lagi, maka anda harus menjaga kualitas tahu. Pastikan semua customer puas karena rasa tahu anda yang enak dan sehat.


  4. Jalin Kerja Sama Dengan Rumah Makan. Supaya penjualan tahu anda semakin meningkat, maka anda harus aktif menjalin kerja sama dengan beberapa rumah makan supaya mereka mau berlangganan. Dengan cara ini, anda dapat memperkirakan angka produksi dengan lebih tepat.


  5. Service Excellence. Berikan pelayanan terbaik kepada semua customer yang menjadi langganan anda. Buatlah mereka puas dan mau membeli lagi. Ingat, customer yang puas akan bercerita hal-hal baik kepada orang lain. Dengan demikian customer baru anda akan bertambah dengan sendirinya (gethok tular).
Demikianlah beberapa strategi pemasaran usaha kuliner tahu yang bisa anda praktekkan untuk meningkatkan keuntungan usaha tahu anda. Dan bila anda baru ingin memulai usaha pembuatan tahu, segera dimulai saja, jangan terlalu ribet membuat proposal usaha tahu. Langsung saja action dan terapkan tips cara memasarkan usaha tahu di atas. Salam sukses... :)
Tag : Pemasaran
Back To Top