Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Facebook Akuisisi Whatsapp Senilai $19 Milliar

Berita Akuisisi atau pembelian saham di ranah media sosial kembali terjadi. Setelah beberapa pekan lalu sempat heboh akuisisi Path senilah $25 Juta oleh Bakrie Group, baru-baru ini terjadi akuisisi terbaru dan luar biasa yang dilakukan oleh facebook. Pada tanggal 19 Februari 2014, facebook mengakuisisi whatsapp sebesar $19 Milliar Dollar AS atau sekitar Rp. 224 Triliun. Woww... !!

Akuisisi tersebut secara mendadak membuat super kaya pendirinya, yaitu Brian Acton dan Jan Koum. Dengan akuisisi itu, Koum akan memiliki kekayaan sebesar 6,8 miliar dollar AS (sekitar Rp80 triliun) atas 45% kepemilikan sahamnya,  sedangkan Acton sebesar 3 miliar dollar AS (Rp35,4 triliun) atas 20% kepemilikan sahamnya. 

Kedua pendiri whatsapp itu awalnya pernah melamar untuk bekerja di facebook pada tahun 2009 saat facebook pertama kali booming. Namun ternyata keduanya ditolak. Rupanya, kini untuk mempekerjakan mereka, Mark Zuckerberg (pendiri Facebook) harus mengeluarkan dana gila-gilaan.

Baca Juga : Perusahaan Bakrie Membali Path Senilai $25 Juta.



Koum lahir di Kiev, Ukraina, 37 tahun lalu. Ia adalah anak satu-satunya dari ayah seorang manajer pembangunan rumah sakit dan sekolah di negara pecahan Uni Soviet itu. Meski menjabat manajer, kehidupan keluarga ini terbilang sederhana. Saat usianya 16 tahun mereka pindah ke Mountain View, AS. Di negara baru ini hidupnya pun sulit. Koum bahkan harus membantu keuangan orangtuanya sebagai pengepel lantai toko.

Di sekolah, Koum sering jadi biang keonaran. Namun sikapnya itu berubah saat menemukan keasyikan mempelajari jaringan komputer dari buku manual bekas yang ia beli di toko buku. Ia kemudian kuliah di San Jose State University dan setelah lulus bekerja di Ernst & Young. Lalu bekerja di Yahoo! beberapa tahun kemudian.

Sedangkan Brian Acton adalah lulusan ilmu komputer di Stanford University. Ia sempat bekerja di Apple dan Adobe. Sejak 1996 bekerja untuk Yahoo!. Di sinilah Acton dan Koum bertemu. Mereka bersahabat dan bahkan keluar dari Yahoo! pun sama-sama tahun 2007. Sekeluarnya dari Yahoo! mereka mulai mengembangkan Whatsapp di tahun 2009.

Popularitas WhatsApp terus meningkat per 10 November 2013, jumlah pengguna aktifnya sebanyak 190 juta. Jumlah pengguna di  Bulan Desember mengalami peningkatan yaitu sebanyak 400 juta. Jumlah peningkatan itulah yang menggiurkan Facebook hingga rela merogoh dana untuk akuisisi sebesar Rp. 224 T.

Tag : News
Back To Top
close