Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cara Mengembangkan Bisnis Konter Pulsa

Bisnis konter pulsa sudah sangat menjamur, karena memang pulsa saat ini merupakan kebutuhan pokok kita semua, sehingga peminatnyapun banyak. Meskipun begitu, peluang bisnis konter pulsa masih terbuka untuk digarap, tentunya dengan beberapa kiat-kiat khusus, dan pastinya kiat sukses bisnis konter pulsa.

Karena kita tahu, permainan harga di persaingan bisnis konter pulsa sangatlah ketat. Banyak yang mengambil untung sedikit sekali, dengan harapan pelanggannya banyak. Hmmm...apakah benar begitu kiatnya? mari kita kaji bersama.
Konter pulsa / foto via Tri Saputro (vivanews)
Kiat Sukses Bisnis Konter Pulsa :
  1. Tetapkan Tujuan

    Jauh-jauh hari sebelum membangun bisnis konter pulsa, anda sudah harus punya tujuan dalam membukanya, jangan cuma ikut-ikutan saja. Mau dianggap sebagai bisnis utama atau cuma sekedar bisnis sampingan. Berapa besar keseriusan anda dalam menggarap bisnis ini. Kelihatannya sepele, tapi kalau tujuan tidak ditetapkan, biasanya kita asal-asalan dalam menggarap bisnisnya.
  2. Tahu Ilmunya

    Tidak harus tahu full seluruhnya dari A-Z, minimal anda tahu gambarannya saja. Anda juga perlu teman atau sahabat yang lebih tahu, hal ini agar kalau ada sesuatu yang anda tak tahu tentang bisnis konter pulsa, anda bisa segera bertanya kepada teman atau sahabat tersebut.
  3. Bangun Kepercayaan

    Ciptakanlah hubungan bisnis yang baik antara anda dengan agen pulsa yang memberi modal pulsa kepada anda. Sekali anda melakukan kecurangan, maka anda tidak akan dipercaya lagi, dan hubungan bisnis yang dibangunpun akan rusak. Sebaliknya apabila anda membangun hubungan bisnis yang baik dan lancar, agen pulsa anda bisa saja memberi modal pulsa tanpa anda harus membayarnya terlebih dulu. 
    Baca juga : Pengusaha Harus Punya Sepeda Motor ! Ini alasannya.
  4. Jual Ke Orang Terdekat

    Bukan berarti pelanggan anda hanya orang terdekat saja, tapi pelanggan pulsa anda sebaiknya dimulai dari orang-orang terdekat dulu, misalnya orang tua, saudara, pacar, teman, sahabat, tetangga. Orang-orang terdekat itu harus menjadi pelanggan setia anda.
  5. Harga

    Telah disinggung di awal kalau harga dalam persaingan bisnis pulsa sudah sangat ketat. Rata-rata konter pulsa mengambil untung Rp. 500,- Sebaiknya anda ikuti saja mengambil untung rata-rata yang telah terbentuk di pasaran, karena kalau anda mengambil lebih kecil lagi dengan harapan mendapat banyak pelanggan, takutnya anda tidak bisa makan sebelum pelanggan anda bertambah. Karena harga bukanlah satu-satunya faktor penentu.
  6. Tempat Usaha

    Dalam memilih tempat usaha bisnis konter pulsa, tentunya kita memilih tempat yang ramai. Misalnya : dekat sekolah, dekat kampus, pabrik, mall. Dengan pemilihan tempat yang strategis akan menghemat kegiatan promosi kita nantinya.
  7. Pelayanan Pelanggan

    Hal ini merupakan salah satu faktor penentu kesuksesan yang sering diabaikan. Kita bisa memulainya dengan memberikan rasa hormat dan sikap santun dalam menjawab permasalahan atau kebutuhan pelanggan. Membangun pelayanan yang baik memang gampang, tapi mempertahankannya kadang tak segampang ketika membangunnya. Karena itu budayakanlah sikap ini kepada karyawan kita nantinya.
  8. Hindari Hutang

    Sudah menjadi hal biasa kalau pulsa sering dihutang. Tapi sebisa mungkin hindari hal ini di perjalanan bisnis pulsa anda. Mengingat untungnya yang relatif kecil, sedangkan perputaran bisnisnya yang sangat cepat, kalau banyak dihutang bisa kewalahan sendiri kita menjalankan bisnis pulsa.
  9. Hindari Pemakaian Pulsa Secara Berlebihan

    Walaupun kini anda sudah menjadi bos pulsa, tapi selalu camkan dalam diri kalau pulsa-pulsa tersebut adalah untuk dijual, bukan dipakai sendiri. Biasanya kita terlena dengan keadaan pulsa yang berlimpah, sehingga kita malah menghambur-hamburkannya untuk keperluan pribadi.
  10. Jual Aksesoris

    Selain menjual pulsa baik voucher dan elektrik, anda juga perlu menjual aksesoris HP. Di penjualan aksesoris HP ini, keuntungannya bisa mencapai 100-150%.
  11. Melayani Service HP

    Ini adalah pelangkap untuk menambah ramai konter pulsa anda. Kalau anda belum bisa menservice sendiri, anda bisa menggunakan jasa teknisi. Seiring berjalannya waktu, anda juga harus bisa menservice HP sendiri dengan mengambil kursus kilat service HP.
  12. Melayani Pembayaran Listrik PPOB

    Meskipun sedikit tidak terkait dengan pulsa, namun dengan membuka PPOB, akan membantu promosi otomatis bisnis konter pulsa anda. Terlebih sekarang ini pendaftaran PPOB semakin gampang.
  13. Selalu Gunakan Yang Terbaik

    Baik dari segi SDM maupun kualitas produk yang kita jual harus dipastikan berkualitas, tidak abal-abal. Dengan begini, kepercayaan konsumen kepada kita akan semakin meningkat.
  14. Update Pengetahuan

    Selalu update pengetahuan anda seputar bisnis konter pulsa. Mengupdate pengetahuan tak harus di sekolah formal, bisa dari teman ataupun internet.
Nah itulah beberapa kiat sukses untuk mengembangkan bisnis konter pulsa. Selamat mencoba !! Atau ada yang mau nambahin? Silakan menuju kotak komentar. Salam sukses... ;)

Tag : Tips
Back To Top
close