Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Prospek Dan Tips Usaha Pakaian Anak

Ngomongin bisnis yang nggak ada matinya, kuliner pasti masuk di urutan terdepan. Namun bukan bisnis kuliner yang akan menjadi pembahasan kali ini, karena saya akan membahas bisnis lain yang nggak ada matinya juga selain kuliner, yaitu pakaian. Pakaian emang banyak sekali segmennya, tapi yang lagi bersinar saat ini adalah kids wear atau biasa disebut pakaian anak.
Kenapa pakaian anak begitu bersinar sekarang? Karena pakaian termasuk salah satu kebutuhan pokok manusia, selain itu orang tua tentu ingin memberi pakaian yang terbaik untuk putra-putrinya. Alasan tersebut saya rasa cukup mewakili tentang prospek bisnis pakaian ini.


Kayaknya ada yang mulai tertarik nih :D, baiklah saya akan memberikan sedikit tips buat anda yang tertarik untuk sukses di bisnis ini. Buat anda yang baru pertama kali terjun di bisnis kids wear, sebaiknya jangan menyasar konsumen kelas menengah bawah, mungkin dalam benak anda konsumen ini yang paling banyak anda jumpai di sekitar, atau mungkin juga harga bisa lebih banyak dijangkau konsumen, tapi saya sarankan untuk jangan menyasar konsumen kelas menengah bawah ini.

"Trus?"
sasarlah konsumen kelas menengah atas, karena di situ persaingannya belum begitu ketat, masih banyak celah yang bisa dimasuki. Untuk kelas menengah bawah, persaingannya saat ini sudah sangat ketat sekali, baik dari produk lokal maupun produk impor cina yang semakin hari kian merajalela di pasaran.

Baca juga : Inilah Tips Sukses Bisnis Mantel Korea

Orang-orang di kelas menengah atas lebih mementingkan kualitas daripada harga. Satu kelebihan lagi dari kelas menengah atas, buat produk dengan kualitas terbaik dan jual dengan harga tinggi, saya yakin tetap laku di kelas ini. Bila anda tidak mahir dalam hal desain pakaian, anda bisa menyewa desainer atau menyerahkan pekerjaan kepada jasa maklon, yang penting selalu ingat untuk menjaga kualitas produk.

Anda tidak harus mengikuti tren pakaian yang ada saat ini, anda bisa membuat desain sesuai insting anda tapi tetap laku. Dengan catatan anda harus mempunyai ciri khas tersendiri dan tidak ada kesan pasaran dalam produk anda, jangan salah kalau produk handmade (buatan tangan) laku keras di pasaran, salah satunya karena mempunyai ciri khas tersendiri. Selain itu untuk meningkatkan penjualan, anda juga bisa membuat produk yang limited edition (produk terbatas), dengan memberlakukan trik ini, produk anda akan terlihat eksklusif, dan konsumen pun akan bangga memakainya.

Bukanlah produk cina yang menjadi saingan anda di kelas ini, tapi produk impor branded lah yang akan menjadi saingan anda di kelas menengah atas ini. Meskipun begitu jangan khawatir, untuk memenangkan persaingan, anda bisa menetapkan harga lebih murah antara 50-70%. Menurut teman saya yang juga berkecimpung di bisnis ini, dari menyasar kelas menengah atas dia bisa menghasilkan profit hingga 67%. Sedangkan kelas menengah bawah hanya berkisar 15-30%.

Kebanyakan kelas menengah atas tidak menerapkan sistem keagenan seperti kelas menengah bawah, pemasaran kelas menengah atas dilakukan melalui pameran, atau dengan membangun butik di kawasan elit (kawasan sasaran).  Tapi buat anda yang tidak mau terlalu repot, anda bisa memasarkannya secara online, bisa facebook, twitter, blog, website dll. Yang terpenting jangan menitipkannya di mall, karena harga bisa jadi mahal banget.

Saya rasa itu beberapa tips dari saya buat anda yang ingin terjun ke bisnis pakaian anak. Jika anda mempunyai tips lain atau pengalaman yang tak jauh beda dengan yang saya utarakan ini, jangan ragu untuk menuangkannya di kotak komentar !!

Tag : Peluang, Tips
Back To Top
close