Kumpulan Ide Bisnis Kreatif

Cara Meningkatkan Omset Toko Pakaian

Bisnis pakaian termasuk salah satu bisnis yang untungnya gede. Sebab orang yang membeli pakaian itu tidak terfokus pada pertimbangan rasional tetapi lebih banyak dipengaruhi emosional. "Maksudnya bagaimana ini?" Begini, misal seseorang itu sudah suka terhadap pakaian tertentu, dan merasa kalau dipakai terlihat cantik/ganteng, gaya, pokoknya lebih bagus dah, maka orang tersebut tidak akan peduli lagi terhadap harga bahan sebenarnya untuk membuat pakaian itu. Maka tak ayal jika keuntungan bisnis pakaian ini bisa mencapai 100%-200%.

Namun perlu diingat, kita juga harus melihat-lihat daerah tempat kita jualan pakaian. Bila di daerah tersebut masyarakatnya kebanyakan dari kelas menengah ke bawah, kita harus menyesuaikan juga margin yang ingin kita dapat, misal 30%-40% saja. Jangan karena di atas saya sebut margin bisa mencapai 100%-200% kita langsung sama ratakan semua daerah dengan margin segitu, tidak bijaklah tentunya. Margin lebih sedikit yang penting barang selalu laku. :D

Salah satu kelemahan dari bisnis pakaian adalah mode atau tren yang selalu berubah-ubah terutama fashion untuk remaja. Maka dari itu bila anda menyasar kalangan remaja, anda harus selalu mengikuti tren yang ada, biar terlihat update dan tentunya pembelipun ketagihan untuk selalu belanja di tempat anda. Lain halnya untuk pakaian bayi, saya rasa tidak terlalu banyak perubahan di pakaian bayi ini, mungkin anda hanya tinggal menyesuaikan dengan tokoh kartun yang sedang in saat ini. Misal dikasih gambar ipin dan upin atau sejenisnya. :D

Baca juga : Kiat Sukses Bisnis Cuci Helm
Cara lain untuk meledakkan omset toko pakaian adalah dengan memilih lokasi toko yang sangat strategis, meskipun banyak juga toko yang berada di tempat tak strategis tetap meledak penjualannya, namun untuk mencapai hal itu tentunya dibutuhkan cara yang lebih ekstra lagi. Maka dari itu lebih baik anda pilih lokasi yang sudah strategis dari awal agar promosi anda lebih ringan. Lokasi yang strategis adalah lokasi yang banyak dilalui pengunjung, perempatan mungkin, pasar, mall dan sebagainya. Selain itu buat juga desain toko yang mencolok dengan permainan warna yang mengundang setiap orang yang lewat tertarik mendatangi toko anda. Selain permainan warna agar terlihat mencolok, anda juga bisa melakukan penataan barang yang unik, meletakkan boneka yang bisa gerak-gerak di depan, memasang lampu yang berkelap kelip, dan memajang pakaian yang sedang populer di depan toko. Misal yang lagi anget-angetnya nih pakaian bola.

Manfaatkan selalu setiap momen yang ada untuk meledakkan omset toko pakaian anda. Misal pada hari lebaran anda buat promosi bertema ketupat, saat valentine tiba anda buat promosi hari kasih sayang, hari guru, hari buruh, hari anak. Pokonya jangan selalu terlewatkan oleh momen-momen penting seperti itu. Buat harga promosi khusus atau berikan voucher di saat momen-momen itu. Tidak juga harus selalu hari besar, misal ada pengunjung yang sedang berulang tahun pada hari itu juga cocok dijadikan momen yang pas untuk meningkatkan omset toko anda.

Promosi tidak harus selalu memberikan diskon harga, anda bisa juga memberikannya dalam bentuk paket. Misal beli 2 dapat 3. Hadiah yang diberikan adalah pakaian yang sudah mulai ketinggalan jaman. Promosi juga bisa dilakukan dengan menyebar-nyebar brosur di rumah-rumah sekitar toko anda, misal pada radius 1-2 km. Selain rumah juga toko-toko sekitar harus menjadi sasaran empuk zona promosi anda. Kalau anda menjual pakaian balita, anda bisa menitipkan brosur di klinik-klinik, rumah sakit atau kalau memungkinkan anda bisa mendatangi rumah-rumah ibu yang mempunyai balita untuk memberikan brosur anda.

Yang terakhir, aktiflah di jejaring sosial internet. Anda bisa membuat grup dan fanspage di facebook, twitter, youtube, website, blog, sehingga kalau ada update produk dari toko anda, pelanggan segera tahu dan segera menyerbu toko anda. Selain grup di dunia maya, tak ada salahnya juga anda melebarkannya di grup di dunia nyata, misal pada kelompok arisan, komunitas tertentu di lingkungan atau di tempat kerja.

Demikianlah beberapa trik yang bisa anda terapkan untuk meningkatkan omset toko pakaian anda, yang terpenting, selalu update dan mengikuti perkembangan mode. Selain itu juga lakukan promosi kalau sedang sepi. Dan jangan lupa buat anda yang punya pengalaman sejenis, jangan ragu untuk membagikannya dikotak komentar ya :) dan semoga toko anda laris manis.
Tag : Kiat Sukses
Back To Top