Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kiat Sukses Usaha Ayam Goreng Kaki Lima

Meskipun usaha ayam goreng yang berbau franchise dengan desain yang mewah nan elegan seperti KFC, CFC, Dobbi, Quick Chicken, Rocket Chicken, dsb sudah banyak sekali bertebaran di setiap sudut jalan, namun tak mengurungkan niat para pemula untuk menjajal usaha yang sama, meskipun baru dalam jenjang kaki lima. Nggak masalah !! Aasalkan ada niat, di situ pasti ada jalan.

Kenapa saya berani berkata begitu? karena memang prospek dan peluang usaha ayam goreng seperti itu masih sangat terbuka lebar. Terlebih karakter masyarakat Indonesia yang gemar makan ayam membuat konsumsi ayam di Indonesia terbilang tinggi, sekitar 64% masyarakat Indonesia gemar makan ayam.
Ayam goreng kaki lima

Berikut ini saya paparkan langkah-langkah bagaimana mengembangkan usaha ayam goreng hingga meraih sukses :

1. Tentukan segmentasi pasar (konsumen sasaran)

Segmentasi ini harus disesuaikan dengan konsep usaha yang akan Anda bangun. Jika Anda membuka usaha ayam goreng dengan konsep kaki lima, tentunya sasaran Anda adalah masyarakat kelas menengah bawah, maka buatlah konsep usaha gerobak atau booth sederhana dengan penggorengan ukuran besar. Untuk tempat usaha yang tepat pada konsep ini adalah di jalan raya utama, dekat perumahan menengah ke bawah, pusat perbelanjaan sekelas pasar dan terminal atau stasiun. Lain halnya jika Anda menyasar kelas menengah atas. Anda harus memilih lokasi di mall atau pusat perbelanjaan dengan penggorengan vacuum frying.

2. Perkuat manajemen

Meskipun usaha ayam goreng Anda masih dalam taraf kaki lima, Anda juga harus mulai menciptakan manajemen yang solid. Dengan adanya manajemen pada sebuah usaha, menunjukkan bahwa Anda memang memiliki jiwa entrepreneurship yang tinggi dan membuktikan jika usaha Anda juga memiliki kualitas. Tentu dengan adanya manajemen tersebut, penerapan strategi marketing yang Anda usung akan berjalan sesuai yang diharapkan, karena tak mungkin Anda bekerja sendiri untuk mengembangkan sebuah usaha.

Misalnya saja dalam hal promosi usaha. Jika Anda memiliki manajemen  sudah pasti Anda juga memiliki sebuah tim untuk mempromosikan usaha Anda, dalam hal ini sangat berguna jika Anda sudah menerapkan sistem waralaba (franchise) atau kemitraan pada usaha Anda nantinya. Persaingan yang ketat bukanlah masalah bila Anda mempunyai manajemen yang solid icon smile Kiat Sukses Menjalankan Usaha Ayam Goreng Kaki Lima (bagian pertama)

3. Selalu utamakan kualitas dan citarasa

Hal ini sangat-sangatlah penting ! terlebih usaha Anda di bidang makanan. Meskipun manajemen Anda sudah bagus, tapi kalau citarasa ayam goreng Anda tidak ikut bagus, maka sia-sialah semua. Misalnya saja dalam pengolahan tepung dan bumbu-bumbu juga minyak goreng yang digunakan. Meski cost yang dikeluarkan cukup besar, namun hal tersebut nantinya akan terganti dengan kualitas dan citarasa yang didapat. Sebenarnya masyarakat Indonesia tidak terlalu mempersoalkan harga jika memang kualitas dan citarasa yang ditawarkan sebanding dengan harganya.

Bila pelanggan Anda merasa keberatan dengan harga, Anda bisa menyiasatinya dengan memilih bahan baku ayam yang agak murah, meski konsekuensinya adalah ukuran yang didapat lebih kecil. Namun hal tersebut bukanlah masalah yang berarti jika memang Anda lebih mementingkan kualitas dan citarasa ayam goreng yang ditawarkan, yang nantinya terbayar dengan kepuasan pelanggan dan pastinya pelanggan pun akan loyal terhadap Anda.

Baca juga : "Kiat Sukses Bisnis Cuci Helm"

4. Mewaralabakan Usaha

Bila manajemen yang solid sudah Anda punyai, Anda harus melangkah ke jenjang yang lebih tinggi lagi dalam bisnis ini. Maksudnya mengembangkan bisnis ayam goreng ini  jadi lebih luas, caranya gimana? yaitu dengan mewaralabakan bisnis ayam goreng Anda tersebut. Waralaba berarti Anda menawarkan bisnis Anda tersebut untuk dipunyai orang lain juga. Orang lain membelinya dari Anda dan berhak memakai brand ayam goreng Anda tersebut dalam jangka waktu tertentu, dan tiap bulan orang lain tersebut (mitra Anda) membayar royalti kepada Anda.

Tentunya kerja sama ini sangat menguntungkan bagi Anda, karena bisnis Anda akan mempunyai banyak cabang tanpa perlu modal sendiri, brand Anda lebih dikenal masyarakat  secara luas, dan tentunya rekening Anda pun bertambah gendut icon smile Kiat Sukses Menjalankan Usaha Ayam Goreng Kaki Lima (bagian kedua) Mitra Anda juga sangat diuntungkan dengan adanya kerja sama ini. Mereka tidak perlu merintis usaha dari nol dengan berbagai trial dan eror sebelum mencapai sukses.

Usaha cepat untung karena brand yang diambil juga sudah jelas dan mudah menjalankannya, sebab semua sudah tertulis di SOP (Standar Operasional Prosedur), sehingga kita tinggal mematuhi semua yang tertulis di situ.

Memang mewaralabakan suatu usaha terlihat sangat menguntungkan sekali. Tinggal bikin SOP, serahkan mitra dan tunggu uang mengejar kita. Namun di sisi lain Anda juga harus memiliki kekuatan dalam mensupport mitra Anda nantinya, baik support bahan baku usaha hingga support untuk mensukseskan usaha mitra Anda.

5. Jangan hanya karena untung

Apabila Anda nantinya benar-benar menerapkan sistem waralaba pada usaha ayam goreng Anda tersebut, janganlah Anda menjalankan usaha hanya demi meraup keuntungan semata. Karena tak sedikit usaha yang menitikberatkan  pada hal tersebut berujung pada kegagalan usaha, terutama kegagalan usaha mitra-mitranya.

Tentunya yang akan menjadi korban disamping mitranya juga brand image pada usaha yang Anda jalani. Karenanya prioritaskan perkembangan usaha setiap mitra, atau paling tidak Anda sama-sama berjuang demi meraih kesuksesan bersama mitra-mitra Anda. Dengan begitu dapat dipastikan usaha Anda pun akan semakin banyak dilirik calon pengusaha (calon mitra) dan pelanggan pun akan selalu berdatangan.

Itulah beberap tips sukses bisnis ayam goreng kaki lima. Kalau ada yang mau nambahin, silakan menuju kotak komentar. Salam sukses semua... ;)

Tag : Tips
Back To Top
close