Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Strategi Pemasaran Produk Parfum

Usaha parfum sekarang ini sudah sangat menjamur diberbagai sudut. Yang sering terlihat adalah di depan mini market-mini market itu. Tapi apakah kita sudah tidak boleh lagi ikut mengambil keuntungan dari usaha parfum ini? Tentu saja sangat dibolehkan sekali. Tapi dengan catatan, kita harus memberikan warna yang lain dari pada toko parfum yang sudah ada terhadap calon toko parfum kita :) Sebelum melangkah jauh ke trik pemasaran yang ampuh untuk usaha parfum ini, ada baiknya anda mengetahui hal-hal penting apa aja yang harus anda lakukan sebelum membuka usaha parfum ini.

Hal-hal penting yang harus dilakukan sebelum membuka usaha parfum adalah :

1. Survei. Lakukan pengamatan di lapangan, catat berapa banyak kompetitor sejenis yang ada di daerah yang akan anda dirikan usaha parfum tersebut. Cari informasi lengkap mengenai profil toko kompetitor tersebut, penilaian masyarakat sekitar tentang toko itu, model pelayanan customer di toko tersebut, statistik pengunjung toko. Pokoknya semua data kompetitor harus sudah anda ketahui sebelum toko parfum anda buka. Selain itu anda juga harus tahu kelemahan toko kompetitor, sehingga anda bisa memanfaatkan kelemahan itu untuk menjadi kelebihan pada toko anda.

2. Setelah survei lengkap selesai, lakukanlah analisis bisnis. "Analisis bisnis seperti apa yang harus saya lakukan?" Yaitu mengenai pemasukan dan pengeluaran, sehingga anda akan mengetahui perkiraan keuntungan dari bisnis parfum yang akan anda rintis ini. Untuk membuat analisis bisnis yang baik, anda harus memiliki data akurat mulai dari harga sewa toko, harga pokok barang yang akan dijual, gaji karyawan dan segala biaya operasional lainnya. Setelah itu tentukan besarnya profit yang anda inginkan. Mengingat usaha parfum merupakan usaha yang sudah umum dan banyak pemainnya, dalam penentuan profit, anda jangan terlalu mengambil banyak, untung sedikit, asalkan barang banyak terjual.

Pemasaran

Dan berikut ini anda memasuki inti dari artikel ini, yaitu strategi pemasarannya. Untuk membuat strategi pemasaran yang tepat, anda harus tahu dulu target pasar yang anda bidik. Setelah tahu, anda perlu membuat komunikasi terhadap target tersebut. Gunakan komunikasi ATL dan BTL. ATL singkatan dari Above The Line, pengaplikasian dari teori ini adalah dengan memasang iklan di media cetak lokal dan radio yang mampu dijangkau oleh target anda. Sedangkan komunikasi BTL, Below The Line dilakukan dengan cara memasang umbul-umbul di lokasi yang tepat atau membagikan brosur secara langsung ke rumah-rumah calon customer.

Baca juga : Cara Kreatif Memasarkan Usaha Panduan Belajar Komputer

Agar terlihat lebih menarik, pada brosur yang anda sebarkan itu, anda menyertakan diskon voucher atau souvernir gratis. Agar terlihat lebih unik dan ekstrim, anda bisa menempatkan orang berpakaian unik dengan membawa atribut yang memiliki hubungan dengan produk yang anda jual.

Selain menjalankan strategi pemasaran di atas, anda juga harus memberikan pelayanan yang baik kepada semua orang yang datang ke toko anda. Pelayanan yang baik tidak cukup dengan hanya memberikan senyum, tetapi harus didukung dengan standar pelayanan yang jelas, mulai dari cara memberikan salam sampai cara menjelaskan produk anda ke customer. Dengan pelayanan yang baik, customer anda akan mendapatkan kesan positif dan toko anda akan lebih mudah diingat.

Cukup segitu strateginya, laksanakan dengan baik secara konsisten dan semoga sukses :) Kalau anda punya strategi lain tentang pemasaran bisnis parfum, kotak komentar sudah menunggu anda ;)

Tag : Pemasaran
Back To Top
close