Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Pentingnya Inovasi Dalam Bisnis

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Inovasi dalam suatu bisnis merupakan kewajiban yang tidak boleh ditinggalkan. Apalagi di tengah serangan produk impor cina setelah bergulirnya perdagangan bebas ASEAN-Cina seperti saat ini. Produk yang inovatif akan mampu bertahan dari gempuran produk impor karena memiliki daya saing tinggi. Bahkan mampu melesatkan omset hingga ratusan juta rupiah dalam beberapa bulan saja, meskipun itu usaha baru. Ide brilian untuk menciptakan produk inovatif bisa datang dari mana saja, dengan melihat pasar dan minat konsumen. Di akhir postingan ini, saya akan paparkan 3 tips sukses untuk melahirkan inovasi, so, don't miss it ;)

Ada 3 tahapan dalam inovasi :

1. Inovasi untuk bertahan hidup dalam bisnis (survival). Kebanyakan dari pelaku usaha saat ini, khususnya pengusaha UKM, masih berada pada tahap inovasi survival, dengan ciri-ciri tidak terlalu memikirkan apakah produknya akan ditiru orang lain atau tidak.

2. Inovasi untuk meningkatkan daya kompetisi. Pelaku usaha yang melakukan inovasi dengan niatan untuk meningkatkan daya kompetisi sudah selangkah lebih maju pemikirannya. Sehingga ia berfikir agar inovasi tersebut memiliki visi yang didukung lingkungannya. Misalnya di Kabupaten Rembang ada inovasi agar produk pindang ikan tidak cepat busuk. Sehingga dibuatkan inovasi kemasan vaccum supaya tidak cepat busuk dan hal ini mendapat dukungan dari Pemda setempat, BPPT (Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi), serta berada di sebuah sentra pindang ikan di Rembang.


Baca juga : Tips Sukses Bisnis Camilan


3. Inovasi sebagai aset nasional. Pada tahap ini sebaiknya inovasi sudah dipatenkan. Siklus pertumbuhan sebuah produk biasanya akan menurun setelah pasarnya stagnan, namun dengan adanya inovasi, sebuah produk akan bangkit dan bertumbuh terus. Yang tak kalah penting, inovasi sangat bermanfaat untuk memenangkan persaingan. Pelaku usaha yang melahirkan inovasi ibarat mencuri start di saat belum banyak pelaku usaha lain yang melakukannya.

Lihat saja Joyfresh International yang menghadirkan inovasi spirtus berbentuk pasta yang lebih hemat, lebih aman, dan ramah lingkungan. Berkat inovasinya itu, dalam waktu 4 bulan saja, sudah bisa meraup omset Rp. 4 juta perbulan.

Selain fokus mengembangkan bisnis dengan inovasi-inovasi yang kreatif, seorang pengusaha sejati juga harus peduli terhadap lingkungan sekitarnya. Bantulah orang-orang di lingkungan sekitar yang masih menganggur, untuk bekerja di perusahaan kita. Dengan semakin banyaknya orang yang dibantu, maka semakin banyak pula doa yang terperanjat, dan hal itulah sebenarnya yang ikut menunjang kunci sukses sebuah usaha.
Dan yang terakhir sesuai janji saya di awal paragraf, bagaiaman cara mudah melahirkan inovasi.

Berikut 3 tips sukses melahirkan inovasi :

1. Buka mata dan telinga anda baik-baik, lihatlah lingkungan sekitar. Buka jaringan yang luas untuk mencari berbagai sumber informasi. Banyak kisah sukses lahir dari sampah yang sudah tak dimanfaatkan dan berhasil disulap jadi uang.

2. Melihat segala sesuatu bukan dari masalahnya, tetapi membuat inovasi apa yang bisa diciptakan dari masalah tersebut. Misalnya dari kondisi kemacetan lahirlah inovasi usaha bengkel, cuci mobil, kafe, laundry panggilan.

3. Trial dan eror (uji coba) serta terus belajar dan pantang menyerah.

Betapa pentingnya sebuah inovasi dalam bisnis, ayo apa inovasi kamu? jangan mau kalah ya? salam sukses :)

Tag : Tips
Back To Top
close