Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cara Menghadapi Persaingan Toko Kosmetik

Pastikan kamu ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Ceritanya Ibu Wiwid punya toko kosmetik yang udah lama berdiri di sebuah pasar di pusat kota. Pelanggannya pun sudah banyak. Tapi barang dagangannya terkadang sering kurang lengkap karena keterbatasan modal, sehingga kalau ada yang pesan barang, barangnya sering kosong, biasanya 2-3 hari baru ada barangnya. Pelangganpun memakluminya, dan tetap setia di toko kosmetik Ibu Wiwid.

Namun belakangan ini tiba-tiba satu persatu pelanggan kosmetik di toko Ibu Wiwid berkurang, dan ternyata mereka berpindah ke toko kosmetik sebelah yang baru saja berdiri. Terang saja pelanggan mulai berpindah, sebab di toko sebelah selain tokonya besar, stok barangnya banyak, harganyapun murah. Ibu Wiwid pun panik !!, namun kepanikannya segera sirna karena dia mampu menggaet lagi pelanggannya untuk tetap membeli kosmetik di tokonya itu. Bagaimana cara Ibu Wiwid menggaet lagi pelanggannya? silakan baca sampai selesai.

Strategi Menghadapi Persaingan Toko Kosmetik:

1. Tetap Fokus
Meskipun penjualan kosmetik Anda sedang menurun, Anda harus tetap fokus pada produk kosmetik. Akan sangat lucu jika di dalam toko kosmetik Anda itu juga berjualan sembako. Maka harus tetap fokus pada kosmetik ya. Jika ingin menjual produk lain, pastikan bahwa produk tersebut tidak terlalu jauh dari dunia kecantikan.

Baca juga : Tips Mendapatkan Hati Pelanggan Agar Selalu Membeli di Tempat Kita
2. Menjual dengan Edukasi
Menjual jangan asal menjual, setiap pelanggan yang datang ke toko Anda dan membeli produk kosmetik Anda, mereka harus mendapat penjelasan detail tentang cara pemakaian, serta kegunaan produk tersebut dengan baik. Sehingga pelanggan merasa diperhatikan dan imbasnya, mereka akan loyal terhadap Anda. Berlaku juga pada calon pelanggan, mereka yang belum beli dan baru tanya-tanya, hendaknya Anda menjawabnya dengan ramah, serta penuh edukasi.

3. Penjual yang Menarik
Penjual yang menarik bukan berarti Anda membawa tali untuk menarik pelanggan Anda icon smile Trik Menghadapi Persaingan Toko Kosmetik Karena toko Anda menjual produk kosmetik maka Anda dan semua karyawan harus selalu tampil menarik, dengan memakai make up misalnya. Dengan demikian Anda sudah memberikan contoh dan sekaligus menjadi inspirasi bagi pelanggan Anda agar bisa tampil lebih baik dengan produk kosmetik yang Anda jual.

4. Hadiah yang Menarik
Pelanggan toko kosmetik Anda tentunya para wanita bukan, jadi Anda harus mengerti karakter mereka. Banyak sumber menyebutkan bahwa seringkali motif wanita membeli bukan karena kebutuhannya, tapi lebih cenderung karena dorongan emosi. Jadi Anda harus bisa memancing emosi mereka. Salah satu caranya adalah dengan memberi mereka hadiah yang benar-benar menarik  agar mereka tertarik untuk datang ke toko Anda dan berbelanja.

5. Pelayanan yang Ramah dan Memuaskan
Salah satu kunci sukses bisnis di era ini adalah pendekatan yang lebih personal dan familier kepada para pelanggan Anda. Kalau Anda sudah melakukannya, bisa juga Anda meningkatkan pelayanan yang baik itu, atau kalau tidak Anda harus bisa mempertahankannya.

Dan akhirnya setelah Ibu Wiwid menerapkan strategi di atas secara konsisten dan penuh tanggung jawab, toko kosmetiknya pun tetap ramai pelanggan dan bahkan semakin berkembang. Demikianlah, semoga bisa menjadi inspiras. Salam sukses ;)

Tag : Tips
Back To Top
close