Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kiat Sukses Usaha PPOB

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Usaha PPOB memang untungnya sedikit, tapi ada trik khusus agar keuntungan yang sedikit itu bisa jadi banyak. :) Mau tahu triknya? Ok, kita simak bareng-bareng yuk.

Tapi sebelumnya apa sih PPOB itu? tidak ada salahnya saya beri sedikit ulasannya ya, mungkin ada yang belum tahu artinya meskipun setiap hari selalu melihatnya. PPOB merupakan singkatan dari Payment Point Online Bank, itu lho pembayaran berbagai tagihan dalam satu atap atau tempat, bisa tagihan telepon, listrik, air, kredit motor, tv kabel sampai kartu kredit. 
ilustrasi loket pembayaran PPOB / gambar via pixabay
Nah udah tahu kan :D Udah pernah ke sana juga kan :) Si Bela teman saya yang seorang pengusaha PPOB mengeluhkan tentang tidak banyaknya keuntungan yang ia dapat dari bisnis tersebut. Namun berbanding terbalik dengan Indri yang mempunyai usaha sama, tapi keuntungannya selalu lebih banyak dan besar dari usaha PPOB Bela.

Hal ini membuat saya penasaran dan mencari tahu faktor kegagalan dan kesuksesan dari 2 teman saya itu. Penulusuran saya tersebut saya tuangkan dalam kiat sukses berbisnis PPOB di bawah ini.

Berikut kiat sukses dalam usaha PPOB :

  1. Tempatkan usaha PPOB anda di daerah yang padat penduduk, segmen pasar yang anda bidik adalah kelas menengah ke bawah. "Kenapa kelas menengah atas tidak diikutkan?" Karena kebanyakan orang-orang dari kelas atas berpendidikan tinggi, sehingga mereka mempunyai pola pikir bank minded, yaitu menggunakan fasilitas bank untuk pembayaran tagihan-tagihannya, bisa melalui ATM ataupun kartu kredit.

    Baca Juga : Cara Mendaftar Agen PPOB
  2. Jangan menyasar komplek elit dan perkantoran, karena anda dipastikan jebol, sebab tagihan-tagihan di perkantoran dan komplek elit bisa mencapai puluhan juta rupiah. Inilah salah satu alasan kenapa kelas menengah ke bawah sangat potensial untuk dibidik.
  3. Tingkat pendidikan konsumen pun juga harus diperhatikan. Maksimal tingkat pendidikan yang harus anda bidik adalah SMA, apa sebab? karena ya itu tadi, kebanyakan orang berpendidikan tinggi sudah bank minded.
  4. Bila syarat mutlak pertama di atas terasa berat untuk anda lakukan, anda bisa berimprovisasi dengan menjadi agen PPOB bergerak, seperti jualan pulsa dari HP. Modal yang anda perlukan untuk menjadi agen PPOB bergerak adalah : HP berbasis GPRS, bluetooth, dan aplikasi java.

    Nggak usah mahal-mahal HP nya, Nokia 2323 dengan harga Rp. 500ribuan sudah mumpuni untuk melakukannya. Untuk mencetak struknya anda tak perlu printer yang gede-gede, pakai saja Samsung Bixolon SPP-R200 yang bisa di taruh bersama ikat pinggang karena ukurannya yang kecil. Setelah siap semua berangkatlah ke tempat-tempat ramai, alih-alih sambil jalan-jalan anda bisa sambil berbisnis :)  
Selamat mencoba tips sukses berbisnis PPOB di atas :

Anda punya tips lain seputar kiat sukses di bisnis PPOB ini? Silakan share di kotak komentar. Salam sukses... ;)

Tag : Tips
Back To Top
close