Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Tips Mendapatkan Hati Pelanggan

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Apapun bisnis Anda, baik menjual jasa atau barang, pastinya tidak lepas dari yang namanya konsumen, karena dari merekalah sumber penghasilan Anda. Saat mereka puas karena terpenuhi kebutuhannya, mereka akan terus mempercayai Anda. Namun, ketika kita melakukan sedikit kesalahan atau terdapat kekurangan dalam pelayanan kita, konsumen kadang menyampaikan keluhannya. Perlu cara yang tepat dalam menanggulangi keluhan pelanggan, Karena itu Anda harus mengetahui trik bisnis untuk selalu mendapatkan hati pelanggan. Caranya bagaimana? Yaitu melalui seni mendengarkan. :)

Seni mendengarkan keluhan yang dimaksud antara lain :

  1. Berhentilah berbicara saat konsumen Anda berbicara mengenai keluhannya.
  2. Bertanyalah lebih jelas jika ada sesuatu yang belum Anda mengerti secara benar.
  3. Biarkan konsumen Anda mengutarakan maksudnya sampai selesai dan jangan menyela atau menimpali sebelum konsumen Anda selesai.
  4. Konsentrasilah untuk mendengarkan apa yang menjadi keluhannya.
  5. Lihatlah mata atau wajah konsumen Anda saat melayaninya.
  6. Sebagian konsumen kadang tidak bisa mengutarakan maksud dan keluhannya secara lugas, karena itu fahami maksud yang tersirat dari konsumen Anda.

    Baca Juga : Inilah 5 Kesalahan Yang Sering Dilakukan Pengusaha Pemula

  7. Tunjukkan emosi positif seperti empati misalnya, turutlah rasakan apa yang menjadi keluhan konsumen Anda.   
  8. Jangan mendebat pendapat konsumen Anda, jika pun mengharuskan, maka lakukanlah secara pelan sehingga pendapat Anda bisa tersampaikan dengan nyaman di hati konsumen Anda.   
  9. Jangan melompat pada sebuah kesimpulan sebelum konsumen Anda selesai menyampaikan keluhannya. 
  10. Berbicara dan dengarkan dengan tulus, agar solusi yang Anda berikan bisa lebih berkualitas dan membuat hati pelanggan Anda terpuaskan. 
Itulah trik bisnis untuk mendapatkan hati pelanggan yang kesal dengan pelayanan kita. Jadikan seni mendengarkan keluhan ini sebagai rumus wajib dalam trik bisnis Anda

Semoga bermanfaat icon smile Trik Bisnis Untuk Mendapatkan Hati Pelanggan

Tag : Tips
Back To Top
close