Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Peluang Daerah Magelang, Kerajinan Sapu Rayung

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis lainnya - Dukungan pemerintah Daerah Kabupaten Magelang untuk mengembangkan produk-produk karya pelaku UMKM benar-benar membuahkan hasil. Melalui binaan dan pelatihan, sejumlah produk UMKM memperkenalkan produk-produk unggulannya ke berbagai benua seperti Asia, Eropa, Amerika dan Australia. Produk unggulan tersebut antara lain : kerajinan sapu rayung, ukiran tanduk dan kayu, kerajinan kuningan, hingga ukir batu. Apa sih keunikan dan kelebihan produk kerajinan tersebut hingga bisa melanglang buana diberbagai benua? Penasaran? Sama :D Baca terus yakk...

Pada kesempatan ini, terlebih dulu saya akan coba mengulas mengenai kerajian sapu rayung magelang. Industri sapu rayung berpusat di Dusun Keprekan, Desa Bojong, Kecamatan Mungkid, Kabupaten Magelang. Industri sapu rayung telah berkembang sejak lama. Sapu rayung adalah jenis sapu yang memiliki warna kuning kecokelatan dengan pegangan sapu yang terbuat dari bambu.

gambar pengrajin sapu rayung magelang
Pengrajin Sapu Rayung / Sumber gambar : FOTO ANTARA/Anis Efizudin/ed/Spt/11
 
Sapu rayung memiliki kesan etnik karena bentuknya yang menarik, sehingga orang-orang luar negeri banyak yang meminatinya, seperti Amerika, Malaysia, Singapura. 

Di desa Bojong Kecamatan Mungkid, hampir seluruh penduduknya menjadi pengrajin sapu rayung. Dalam satu kepala keluarga terdapat 2-3 orang pekerja dengan kapasitas produksi rata-rata tiap kepala keluarga mampu menghasilkan sedikitnya 50 buah sapu dalam sehari.

Pemasaran sapu rayung dilakukan dengan cara menjualnya ke pengepul atau pengrajin besar ke toko-toko dan juga agen di beberapa kota.
Bahan baku utama sapu rayung didatangkan dari Kabupaten Banjarnegara, sedangkan pegangan sapu yang dibuat dari jenis bambu Gondani didatangkan dari Kabupaten Wonosobo. 

Dalam setahun, Desa Bojong mampu memproduksi kurang lebih 1,4 jutaan buah sapu yang kemudian didistribusikan ke seluruh Indonesia hingga luar negeri.

Harga yang ditawarkan bermacam-macam, contohnya untuk sapu rayung tangan berukuran kecil yang biasa digunakan untuk membersihkan mobil dijual dengan harga Rp. 2.500/pcs, sapu rayung sedang Rp. 5.000/pcs, sapu rayung besar antara Rp. 8.000-Rp. 10.000/pcs. Pembelian dalam jumlah banyak atau minimal satu lusin akan mendapatkan potongan harga hingga 10% dari total pembelian.

Bila anda menginginkan sapu rayung, anda bisa langsung datang ke pengrajin atau bisa pesan via telepon. Sistem pembayaran dilakukan secara tunai dengan biaya pengiriman ditanggung oleh pembeli.

Tag : News
Back To Top
close