Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Kuningan, Hasil Kerajinan Kecamatan Grabag, Magelang

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Belum puas menorehkan berjuta pesona dengan kerajinan sapu rayung dan ukiran tanduknya, ternyata masih ada kerajinan asli Magelang yang mengagumkan. Adalah Kerajinan kuningan, berbagai jenis produk berbahan kuningan dihasilkan oleh para pengrajin di Kecamatan Grabag, yang terletak di utara Kabupaten Magelang. Lokasinya tak jauh dari Kecamatan Secang yang merupakan daerah pengrajin ukiran tanduk dan kayu. Di Kecamatan Grabag, banyak terdapat pengrajin kuningan dengan hasil karya berupa kaligrafi maupun relief hewan.

Tak mau kalah dengan produk kerajinan Magelang lainnya yang sudah sampai mancanegara, kerajinan kuningan dari Kecamatan Grabag ini juga dipasarkan ke mancanegara. Tiap hari rata-rata para pengrajin mampu memproduksi hingga 50 pcs kerajinan kuningan dengan bantuan 5-15 tenaga kerja.

Harga Kerajinan Kuningan Magelang
Karena tingkat kesulitannya, harga produk kerajinan kuningan khas Magelang ini ditawarkan mulai dari Rp. 750rb-Rp.1,75jt per pcs. Tergantung besarnya ukuran dan tingkat kesulitan pembuatan produk. Kerajinan yang relatif cukup mahal harganya ini lebih banyak diminati konsumen yang berasal dari kalangan menengah atas. Selain membeli dengan model yang sudah ada, para pembeli juga bisa memesan kerajinan kuningan dengan desain dan model sendiri (keinginan sesuai pelanggan), hal inilah yang menjadikan produk kuningan ini unik dan khas.
Proses Pembuatan Kuningan Magelang.
Dalam prosesnya, lembaran kuningan dipahat sesuai model dan kreasi yang diinginkan. Tidak seperti memahat atau mengukir kayu, memahat lempengen kuningan membutuhkan tenaga ekstra sehingga satu orang karyawan hanya mampu menyelesaikan 1-2 produk dalam sehari. Namun bagi pekerja yang telah ahli, mereka bisa menyelesaikan sampai 5 buah produk dalam sehari. 

ilustrasi kerajinan kuningan (sumber gambar : tembagakuningan.com)

Bahan Baku Kerajinan Kuningan Magelang
Bahan baku kuningan biasanya berasal dari Semarang, Surabaya dan Boyolali. Pengrajin kuningan Magelang sengaja memilih bahan baku yang masih baru, hal itu dimaksudkan agar bisa mendapatkan kualitas kuningan yang baik.
Pemasaran Produk
Dalam memasarkan kerajinan kuningannya, para produsen banyak ikut serta dalam berbagai ajang pameran di sejumlah kota seperti ; Jakarta, Bandung, Semarang, Surabaya, Malang, Yogyakarta dan Bali. Selain itu para pengrajin juga aktif memasarkan produknya secara online melalui website maupun berbagai social media. Yang tak kalah menarik adalah keikutsertaan beberapa pengrajin di pameran luar negeri seperti Singapura dan Malaysia.

Cara Pemesanan Kerajinan Kuningan Magelang
Bagi konsumen yang tertarik dengan hasil kerajinan kuningan Magelang ini bisa langsung membeli di galeri para pengrajin di Kecamata Grabag, Magelang-Jawa Tengah. Kalau yang di luar kota bisa via telepon, tentunya dengan biaya kirim ditanggung oleh pembeli. Biaya kirim ini tergantung dengan jarak pengiriman. Dalam pengiriman, para pengrajin sengaja memberikan packaging kayu untuk menjaga kualitas barang tetap baik hingga diterima konsumen.

Tag : News
Back To Top
close