Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Cara Membuat Sepatu Desain Kreatif

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Dalam membuat sepatu desain kreatif sebaiknya benar-benar memperhatikan desainnya. Jangan sampai membuat desain seperti yang sudah beredar di pasaran. Selain itu pilihalah bahan-bahan yang akan digunakan, karena kenyamanan menjadi prioritas utama. Bahan untuk membuat sepatu kreatif yang saat ini lagi tren yaitu ; bahan kanvas, cordury dan denim. Bahan-bahan tersebut mudah dibentuk, tebal, lemas dan kuat.


Tahapan Membuat Sepatu Kreatif :
  1. Pilihlah bahan terbaik yang akan digunakan, perhatikan kenyamanan, tekstur dan daya tahan bahan.

  2. Buat pola sesuai dengan keinginan, buatlah pola sekreatif mungkin. Setelah pola terbentuk, letakkan bahan di atas pola untuk diukur dan lakukan pemotongan.

  3. Setelah bahan dipotong dan berbentuk sesuai pola, kita bisa masuk ke tahap berikutnya yaitu tahap menjahit bahan menggunakan mesin jahit sepatu. Hindari menggunakan mesin jahit pakaian karena dari segi power kurang memiliki kekuatan untuk menjahit bahan tebal seperti denim.


    Baca Juga : Sepatu Desain Kreatif Berpeluang di Pasar Ekspor

  4. Masuk ke tahap yang paling sulit, yaitu tahap dimana bahan akan ditarik. Timpa bahan ke shoelast (cetakan sepatu berbentuk kaki), lalu tarik dengan kuat sampai bahan benar-benar pas dan lurus sama rata. Di tahap ini dibutuhkan karyawan yang memiliki skill tinggi, karena jika salah bahan, sepatu akan terlihat miring, kendur dan sangat tidak nyaman digunakan maupun dipandang.

  5. Selesai tahap penarikan, selanjutnya satukan bahan dengan sol sepatu dengan cara dijahit, sol dan di lem dengan kuat. Agar bahan lebih kuat merekat pada sol, kita akan masuk ke tahap berikutnya yaitu tahap pengepresan menggunakan mesin pres. Penggunaan mesin pres sepatu dianjurkan karena akan membuat jahitan sepatu menjadi lebih kuat merekat, tahan lama dan jahitan tidak mudah jebol.

  6. Jika semua tahap tersebut selesai dikerjakan, tahap selanjutnya adalah memasukkan busa dan insole ke alas sepatu yang bersentuhan dengan kaki, caranya dengan menggukan lem.

  7. Terakhir adalah tahap finishing. Cek ulang kembali kondisi sepatu, bersihkan dari benang yang masih menjulur, berikan aksesori tambahan jika perlu. Setelah itu masukkan ke dalam packaging dan sepatu siap dipasarkan.

Back To Top
close