Kumpulan Ide Bisnis Kreatif dan Peluang Usaha Terbaru

Sentra Kerajinan Ukir Batu Magelang

Pastikan anda ngelike Fanspage Kumpulan Ide Bisnis agar tak ketinggalan update terbaru ide-ide bisnis menarik lainnya - Magelang memang eksotik dan unik. Banyak peninggalan bersejarah dan berbagai kerajinan dihasilkan dari kabupaten yang berdiri pada tanggal 11 April 907 Masehi ini. Ada kerajinan sapu rayung yang mendunia, kerajinan ukiran tanduk dan kayu, kerajinan kuningan, dan yang mau saya posting ini tentang kerajinan ukir batu di Dusun Gempol dan Desa Tamanagung, Kabupaten Magelang.

Kerajinan ukir batu menggunakan jenis batu andesit dan batu putih sebagai bahan baku, bahan baku tersebut banyak didapat dari Kabupaten Kulon Progo. Sentra kerajinan ukir batu Magelang berada di Kecamatan Tamanagung. Kecamatan tersebut berada di sepanjang jalan menuju kawasan Borobudur, tepatnya sepanjang Jalan Yogya-Magelang sebelum simpang Borobudur. Di sana terdapat lebih dari 50 pengrajin ukir batu di kanan kiri jalan. Selain di Kecamatan Tamanagung, sentra ukir batu juga bisa ditemui di bagian timur Kecamatan Tamanagung, yaitu Dusun Gempol.

Rata-rata dalam sebulan, para pengrajin ukir batu Magelang dapat menghasilkan hingga 10 jenis produk. Seni ukir batu yang dikembangkan para pengrajin antara lain berupa patung, stupa, hiasan taman, hiasan air mancur dengan ornamen bunga yang penuh relief bunga, ornamen kendi dan masih banyak lagi.

Ukiran Batu (sumber gambar : nantly.mywapblog.com)
Seni ukir batu di Magelang ini sudah ada sejak berabad-abad lalu, namun sempat terhenti beberapa saat ketika terjadi banjir lahar dingin beberapa waktu lalu.

Bisa dibayangkan betapa sulitnya mengukir batu-batu tersebut, mengukir kayu aja sulit, apalagi batu. Tapi karena kreatifitas dan daya inovasi yang tinggi dari para pengrajin, batu yang sangat keras tersebut bisa disulap menjadi sebuah karya seni yang indah dan bernilai tinggi.

Baca Juga : Kerajinan Kuningan Asli Magelang

Produk ukiran batu dari Magelang ini jauh lebih murah dibandingkan produk ukiran batu dari kabupaten lain seperti Mojokerto dan Majalengka. Kisaran harga ukiran batu Magelang dipatok dari Rp. 100rb sampai Rp. 15juta.

Anda bisa memesan ukiran batu Magelang dengan desain khusus sesuai selera. Misal ukiran batu berbentuk tubuh anda, atau seseorang yang anda sukai, atau mungkin menginspirasi anda. Kan unik tuh, dan tentunya limited editiion, hanya anda yang punya. Untuk pemesanan desain khusus ini, para pengrajin mematok minimal pemesanan senilai Rp. 10jt untuk satu desain khusus. Harga Rp. 10jt tersebut sudah termasuk biaya pengiriman produk dan pemasangannya.

Produk ukir batu ini tak hanya dikenal di dalam negeri. Pemasarannya sudah menjangkau beberapa negara di benua Eropa, USA, dan Asia. Produk ukir batu tersebut bisa mendunia karena keaktifan dari para pengrajin dalam mengikuti berbagai pameran dan event-event.

Bagi anda yang ingin mendapatkan produk ukir batu Magelang ini, anda bisa langsung mendatangi para pengrajin atau memesan via telepon. Ongkos kirim untuk wilayah Jawa Tengah biasanya tidak terlalu dipermasalahkan, namun untuk luar Jawa Tengah, biaya pengiriman ditentukan sesuai kesepakatan.

Tag : News
Back To Top
close